Cara Membuat Miniatur Rumah dari Stik Es Krim


Siapa sangka, ternyata cara membuat miniatur rumah dari stik es krim merupakan salah satu kerajinan tangan yang sangat menarik untuk diterapkan. Sebab, selain memiliki daya tarik dari segi seni, prakarya berupa miniatur rumah ini juga bisa dijadikan lahan bisnis yang terbilang cukup menguntungkan, apalagi bahan yang digunakan memanfaatkan stik es krim yang notabene mudah didapatkan. Tak hanya itu saja, miniatur rumah yang terbuat dari stik es krim bekas ini pun juga bisa dijadikan sebagai perangkat untuk menghias rumah atau sekedar sebagai mainan untuk anak. Di sisi lain, memang jika melihat beberapa kreasi miniatur rumah-rumahan yang pernah kita lihat tampak rumit dan terkesan cukup sulit dengan tingkat detail yang begitu tinggi. Namun, kali ini Cara Craft akan berbagai rahasia bagaimana cara membuat miniatur rumah dari stik es krim dengan langkah-langkah yang mudah dan sederhana namun tetap memiliki kesan seni yang tinggi.
miniatur rumah minimalis dari stik es krim
Miniatur Rumah Minimalis dari Stik Es Krim

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa mencoba cara membuat miniatur rumah dari stik es krim ini sangat layak untuk sobat coba. Hanya saja dalam proses pembuatannya meski terbilang mudah namun dibutuhkan keseriusan maupun ketlatenan. Namun, jika setiap proses dilewati dengan benar dan hati-hati maka secara tak langsung sobat akan terbiasa dan cara membuat miniatur rumah dari stik es krim pun terasa mudah. Di samping itu, kerajinan tangan dari stik es krim ini pun menjadi lebih mudah dikembangkan jika sobat sudah terbiasa menerapkannya. Tentu saja hal itu menjadi nilai positif bagi teman-teman yang masih pemula. Nah, tak perlu berlama-lama, berikut beberapa langkah mengenai cara membuat miniatur rumah dari stik es krim yang akan Cara Craft sajikan di bawah ini!


Tutorial Membuat Miniatur Rumah dari Stik Es Krim

Berikut di bawah ini Cara Craft sajikan tutorial membuat miniatur rumah dari stik es krim dengan mudah. Antara lain yaitu :

Alat dan Bahan yang perlu dipersiapkan antara lain :

a. Siapkan stik es krim bekas atau bisa juga dengan membelinya di toserba (toko serba ada) sebanyak 100 buah. Jumlah stik es krim ini bisa menyesuaikan kebutuhan.

b. Lem tembak atau lem kayu.

c. Gunting atau cutter.

d. Terakhir, persiapkan juga selembar kertas karton yang agak tebal sebagai alasnya. (Opsional).

Baca Juga :  4 Cara Membuat Lampu Hias Gantung Minimalis

a. Membuat Dinding Miniatur Rumah dari Stik Es Krim

Siapkan kertas karton sebagai alas dalam proses cara membuat miniatur rumah dari stik es krim.

Jika sudah, di atas kertas karton tersebut, bentuklah pola segi empat sama sisi dengan menggunakan stik es krim. Kemudian, satukan setiap ujung stik es krim dengan cara mengolesi lem pada setiap sudut atau ujung dari stik es krim tersebut agar lapisannya kuat. Lakukan langkah pembuatan segi empat sama sisi ini menjadi 4 buah.

Menginjak pada tahapan cara membuat miniatur rumah dari stik es krim berikutnya, rekatkanlah dengan menggunakan lem tembak atau lem kayu beberapa stik es krim yang lain secara sejajar dan rapat pada bingkai segi empat yang telah dibuat tadi hingga semua bingkainya menjadi tertutupi.

b. Membuat Atap Miniatur Rumah dari Stik Es Krim

Pada langkah dari cara membuat miniatur rumah dari stik es krim selanjutnya, kita akan membuat atapnya. Yaitu yang pertama, dengan cara membuat bingkai atap terlebih dahulu.

Untuk membuat bingkai atapnya, kita akan membuatnya sejumlah dua buah. Caranya, siapkan 3 batang stik es krim lalu bentuklah menjadi sebuah pola yang berbentuk segitiga dengan cara menumpuknya pada ujung dari setiap stik di atas satu sama lain. Kemudian rekatkan setiap sudutnya dengan menggunakan lem tembak. Lakukan proses yang sama ini untuk membuat segitiga yang satunya.

Beranjak ke cara membuat miniatur rumah berikutnya, olesi lem pada setiap ujung dari stik es krim yang sudah ditata secara sejajar tadi. Rekatkan kedua segitiga secara vertikal tegak lurus di atas sisi atap pertama. Lakukan proses ini sampai semua sisi segitiga tertutupi. Rekatkan stik dengan rapat dan diamkan sampai lem merekat kuat.

Beranjak pada langkah berikutnya, letakkan beberapa stik es krim secara horizontal sebagai langkah dalam pembuatan atap yang pertama. Dalam hal ini, olesilah lem pada setiap ujung stik. Tempelkan kedua segitiga secara tegak lurus di atas sisi atap pertama. Kemudian, lakukan tahapan ini hingga seluruh bagian dari sisi segitiga tertutupi. Bila perlu, disarankan untuk memegangi setiap stik pada tempatnya beberapa detik agar olesan lem tadi merekat kuat.

Baca Juga :  6 Ide Kerajinan Tangan dari Kain Flanel yang Unik dan Cara Membuatnya

Berikutnya, letakkan set atap yang ke dua. Di mana, pada tahapan cara membuat miniatur rumah dari stik es krim ini, dilakukan sebagaimana pada proses pembuatan atap yang pertama tadi.

Apabila sudah maka tutup bagian atap yang tadinya masih terbuka.

c. Proses Merakit Miniatur Rumah dari Stik Es Krim

Nah, menginjak cara membuat miniatur rumah dari stik es krim berikutnya, buatlah sebuah jendela. Caranya, potonglah satu atau dua buah jendela pada bagian dinding. Ambil pisau cutter dan buatlah sebuah pola segi empat dengan ukuran 2,5 x 2,5 cm pada satu dinding atau lebih.

Jika sudah maka buatlah pintunya dengan ukuran yang lebih tinggi dengan lebar setidaknya 1/3 dari ukuran lebar rumah. Untuk proses pembuatan pintunya, sobat perlu memotongnya dengan menggunakan cutter.

Proses pembuatan miniatur rumah dari stik es krim berikutnya, rekatkan seluruh bagian dindingnya. Caranya, kawan-kawan cukup mengambil dua dinding lalu dirikan stiknya berada dalam posisi vertikal. Olesilah lem secara segaris pada sepanjang ujung dalam stik. Rekatkan dinding ke bagian tersebut dengan menekannya secara lembut sampai lem benar-benar merekat.

Beranjak pada langkah berikutnya, pasang bagian atap atas dengan cara mengolesi lem di bagian atas dindingnya, tepatnya pada sektor ujung setiap stik. Rekatkan atap ke dinding dan tekanlah secara perlahan sampai lem benar-benar merekat dengan kuat. 

Nah, menginjak pada langkah terakhir dari tutorial cara membuat miniatur rumah dari stik es krim ini dengan mendekorasinya sesuai selera. Seperti, dengan memberikan pewarnaan dengan cat semprot.


Untuk lebih jelasnya, simak saja video tutorial terkait proses cara membuat miniatur rumah dari stik es krim yang Cara Craft kutip dari Wikihow.

Dari ketiga tahapan pada cara membuat miniatur rumah dari stik es krim di atas, tentu saja hampir dipastikan bahwa setiap segmen atau langkah pembuatannya harus diperhatikan secara teliti. Dengan begitu maka bisa dipastikan bahwa miniatur rumah minimalis buatan sobat dari stik es krim ini akan berhasil dibuat dengan bentuk yang memuaskan. Nah, sampai di sini dulu kawan perjumpaan kita mengenai pembahasan cara membuat miniatur rumah dari stik es krim. Sekian dan selamat mencoba.

Share this