Ide Kerajinan dari Bambu yang Mudah Dibuat dan Patut Dicoba


Bagi sobat yang suka bereksplorasi mengembangkan ide kreasi unik, tampaknya jenis kerajinan dari bambu patut untuk dicoba. Pasalnya, ide kreasi yang satu ini terbilang cukup menarik dan mudah untuk diterapkan. Bahkan, kerajinan tangan yang berbahan bambu ini pun juga bisa dibilang bisa mendatangkan keuntungan dalam segi material. Maka, tak heran jika saat ini tak sedikit para pengrajin yang mengembangkan kerajinan dari bambu sebagai peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Di sisi lain, banyaknya bambu yang tumbuh di Indonesia, apalagi di lingkungan pedesaan, tentu menjadi faktor penunjang ide kerajinan ini untuk dimanfaatkan menjadi barang yang berguna dan bermanfaat. Selain itu, pohon yang banyak tumbuh di lingkungan kita ini pun juga sangatlah mudah untuk diolah menjadi berbagai macam bentuk barang, termasuk kerajinan tangan dari bambu.

kerajinan tangan dari bambu
Kerajinan Tangan dari Bambu
Di samping itu, seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa pengolahan kerajinan dari bambu memang terbilang cukup berkembang pesat. Bukan tanpa alasan mengingat tingginya minat dari masyarakat akan karya seni yang berbahan bambu ini tentunya menjadikannya sebagai lahan bisnis yang cukup menjanjikan. Sebut saja seperti kursi, meja, rak, tempat tidur, dan beberapa barang unik lainnya yang berbahan bambu membuat kerajinan tangan dari bambu ini memiliki daya tarik tersendiri. Nah, oleh sebab itu maka tak salah jika sobat mulai mencoba untuk mengembangkan kreasi atau ide kreatif yang berupa kerajinan dari bambu. Berkaitan dengan itu, kali ini Cara Craft akan berbagi info mengenai beberapa jenis kerajinan unik dari bambu yang mudah dan tak terlalu sulit untuk sobat coba sendiri. Mari, kita simak bersama ulasan lengkapnya.

Kerajinan Tangan dari Bambu

1. Kerajinan Tangan dari Bambu Berupa Miniatur Kapal

Tahukah sobat bahwa ternyata bambu pun bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat miniatur kapal. Siapa sangka, kerajinan dari bambu yang berbentuk minatur perahu ini memiliki daya tarik tersendiri dan bahkan memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Jika kawan-kawan mau mencobanya, simak beberapa langkah pembuatannya di bawah ini.

miniatur kapal dari bambu
Miniatur Kapal dari Bambu

Alat dan Bahan Membuat Miniatur Kapal dari Bambu

Persiapkan satu buah bambu wulung dengan panjang 1 meter saja.

Siapkan juga pisau, amplas, dan gergaji sebagai alat untuk proses pembuatannya.

Jangan lupa untuk menyediakan lem kuat seperti Alteco dan tali pramuka.

Pilox untuk pewarnaan.

Cara Membuat Miniatur Kapal dari Bambu

Pada langkah pertama ini, siapkan bambu wulungnya terlebih dahulu dan bersihkan bambu tersebut dari kotoran atau lugut yang menempel dengan menggunakan amplas.

Jika sudah maka potonglah pada tiap-tiap ruas dari bambu tersebut menggunakan gergaji.

Belahlah bambu menjadi dua bagian. Kali ini, Cara Craft akan membelahnya dengan ukuran panjang 30 cm. Kemudian, haluskan belahan tadi menggunakan amplas sampai bambu tampak mengkilap.

Buatlah dudukan dengan cara memotong bagian bambu lain dan belah menjadi dua dengan ukuran yang sesuai panjang dan lebar perahu yang akan kita buat.

Selanjutnya, satukan dudukan tersebut pada bodinya (bambu sepanjang 30 cm) dengan menggunakan lem alteco. Diamkan sampai benar-benar mengering dan merekat kuat.

Berikutnya, kita akan membuat dek kapan dan bagian depannya. Caranya, siapkan bambu lain dan belah menjadi dua bagian berketebalan 0.5 cm. Pasang pada posisi di tengah badan kapal.

Menginjak pada tahapan selanjutnya kita akan membuat rangka tiang sebagai layarnya, siapkan 3 potong bambu dengan ukuran panjang yang berbeda lalu dibelah dan diamplas sampai halus.

Apabila sudah, susun menjadi tiang kapal berbentuk palang. Setiap sisi pada palang diberi dua bambu kecil dengan panjang yang sama sebagai tempat untuk menempelkan layarnya. (Dalam hal ini, layar yang digunakan menggunakan bambu yang telah dipotong 6 bagian untuk dipasang untuk diusun menjadi 3 bagian pada setiap sisinya).

Selanjutnya, pasanglah tali dari kepala kapal sampai pada tiang kapal hingga ke bagian belakang.

Miniatur kapal dari bambu pun sudah jadi. Jika masih bingung urutannya, lihat gambar di bawah ini!

miniatur kapal 1
Miniatur Kapal 1
miniatur kapal 2
Miniatur Kapal 2
miniatur kapal 3
Miniatur Kapal 3
miniatur kapal 4
Miniatur Kapal 4
miniatur kapal 5
Miniatur Kapal 5
miniatur kapal 6
Miniatur Kapal 6
miniatur kapal 7
Miniatur Kapal 7
miniatur kapal 8
Miniatur Kapal 8
miniatur kapal 9
Miniatur Kapal 9
miniatur kapal 10
Miniatur Kapal 10

2. Kerajinan Tangan dari Bambu Berupa Lampu Hias

Berikutnya, kita akan bersama-sama menyimak beberapa langkah pembuatan lampu hias dari bambu yang begitu unik dan menawan. Caranya pun cukup mudah dan bisa sobat coba sendiri di rumah. Berikut langkah-langkah pembuatannya beserta alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan.

Baca Juga :  Cara Membuat Miniatur Mobil dari Kardus dan Kaleng Bekas
lampu hias dari bambu
Lampu Hias dari Bambu

Alat dan Bahan Membuat Lampu Hias dari Bambu

Siapkan satu potong bambu dengan diameter kira-kira 10 cm dengan panjang 3 meter.

Siapkan juga lampu plentong 5 watt dan kabel beserta colokannya dan bor untuk membuat lubang sebagai jalan lewat kabel.

Amplas untuk membersihkan bambu.

Untuk pewarnaannya, sediakan cat dengan warna motif kayu. Namun, kali ini Cara Craft menggunakan pelitur dan Cat Poxy Clear.

Nah, jangan lupa sediakan semen eceran 2 kg saja.

Cara Membuat Kerajinan Lampu Hias dari Bambu

Bersihkan bambu yang sudah dipersiapkan tadi dengan menggunakan amplas untuk menghilangkan lugut yang menempel. Bersihkan sampai tampak mengkilat.

Potonglah bambu yang dipersiapkan tersebut dengan panjang 1.5 meter.

Nah, jika sudah terpotong, amplas kembali permukaan bambu sampai benar-benar halus dan bersih.

Untuk memberikan kesan bersih dan mengkilap, oleskan cat atau pelitur secara merata. Diamkan sampai cat atau pelitur kering. Usahakan hindari pengeringan di bawah sinar matahari langsung agar warna cat tak memudar.

Kemudian, langkan berikutnya yaitu memilih salah satu ruas yang nantinya akan dijadikan sebagai dudukan lampu hiasnya. Yang perlu diingat, ruas dudukan ini tetap utuh sementara di sisi lain, pada ruas lainnya digergaji sebagian saja.

Nah, apabila ruas pada bagian atas bambu sudah dipotong atau digergaji, berikutnya amplasi pada bagian potongan ruas tersebut supaya tampak lebih rapi dan serbuk bambunya hilang.

Jangan lupa untuk membuat lubang pad bagian tengah. Lubang ini nantinya digunakan sebagai media masuknya kabel.

Beranjak pada langkah berikutnya, buatlah dudukan dengan cara mencetak semen menggunakan ember kecil setebal 7 – 10 cm.

Tak sampai di situ saja, untuk memberikan kesan yang lebih ekspresif dan berasa seni tinggi, kawan-kawan bisa menambahkan ukiran pada bambu sesuai selera masing-masing. Jika sudah maka at ulang untuk membuat bambu tampak lebih mengkilap menggunakan cat poxy clear.

Berikutnya, aplikasikan kabel dan lampu pada bambu tersebut.

Akhirnya, lampu hias dari bambu pun sudah jadi dan siap digunakan.

3. Kerajinan Tangan dari Bambu Berupa Kipas

Sudah tak asing lagi bahwa bambu bisa dijadikan sebagai salah satu bahan untuk membuat kipas. Banyak dan sering kita jumpai kipas yang terbuat dari bambu ini. Mungkin, kawan-kawan bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Berikut beberapa tahapan pembuatan kipas dari bambu yang bisa sobat coba.

kipas dari bambu
Kipas dari Bambu

Alat dan Bahan Membuat Kipas dari Bambu

Satu potong bambu dengan ukuran panjang 30 cm saja.

Siapkan amplas untuk membersihkan bambu dari lugut.

Sediakan juga pisau, pensil, lem, dan gunting.

Selain itu, sobat juga perlu mempersiapkan gergaji, kawat, tang, dan alat bor.

Jangan lupa siapkan pula kain perca atau kain apapun yang cocok digunakan sebagai kipas.

Cara Membuat Kipas dari Bambu

Langkah pertama dalam tahapan membuat kipas dari bambu yang harus kawan lakukan yaitu memotong bambu dengan ukuran yang bisa disesuaikan menurut keinginan sobat. Potonglah menggunakan gergaji yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Kemudian, belahlah bambu menggunakan pisau secara tipis-tipis menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang sama. Namun, kali ini Cara Craft akan membagi belahan bambu secara tipis-tipis tersebut sebanyak 10 potong.

Bersihkan potongan bambu yang sudah dibelah tipis-tipis tersebut dengan menggunakan amplas.

Nah, untuk tahapan selanjutnya, susun bambu menjadi satu susunan. Lalu, lubangi bagian ujung dengan menggunakan alat bor. Perlu diketahui bahwa lubang ini nantinya digunakan sebagai media untuk menyatukan belahan bambu agar menjadi satu.

Jika sudah maka masukan kawat ke dalam lubang yang telah dibuat tadi. Agar hasilnya tampak lebih rapi, gunakan tang.

Apabila bambu sudah menyatu maka rentangkan di lantai dengan posisi seperti penggaris sudut.

Selanjutnya, potonglah kain yang sudah disiapkan tadi dan sesuaikan dengan ukuran bambu yang direntangkan. Kemudian, tempelkan kain pada bambu yang sudah direntangkan tersebut menggunakan lem.

Diamkan beberapa menit agar lem merekat kuat dan mengering. Akhirnya, kipas dari bambu suda jadi dan siap digunakan.

4. Kerajinan dari Bambu Berupa Bingkai Foto

Baca Juga :  Cara Menghias Kamar Sendiri dari Bahan Sederhana

Koleksi foto yang kawan miliki tampaknya akan terlihat lebih menarik dengan bingkai foto dari bambu. Bukan tanpa alasan mengingat ide kerajinan berupa bingkai foto yang terbuat dari bambu ini pun bahkan menjadi salah satu kreasi kerajinan tangan yang begitu banyak diminati oleh masyarakat, termasuk turis. Sehingga, wajar jika ide kerajinan ini bisa dijadikan bisnis yang mampu meraup banyak keuntungan.

bingkai foto dari bambu
Bingkai Foto dari Bambu

Alat dan Bahan Membuat Bingkai Foto dari Bambu

Bambu berukuran kecil.

Kertas karton. Teman-teman juga bisa menggunakan kardus.

Kertas mika berwarna transparan atau bening.

Siapkan hiasan sesuai selera, seperti kancing, bunga plastik, manik-manik, dan sebagainya.

Jangan lupa siapkan juga pisau, penggaris, gunting, amplas, dan lem.

Cara Membuat Bingkai Foto dari Bambu

Bersihkan bambu yang sudah dipersiapkan tadi menggunakan amplasi sampai lugutnya hilang.

Lalu, potonglah bambu kecil tersebut dengan ukuran panjang yang sama.

Haluskan kembali beberapa bambu tersebut menggunakan amplas, terutama pada bagian bekas potongan agar tampak lebih rapi dan tak melukai.

Selanjutnya, potonglah kardus atau kertas karton menjadi persegi dengan ukuran yang sesuai selera sobat.

Letakan karton atau kardus bekas tadi di lantai lalu susun bambu yang sudah dipotong-potong tersebut di bagian pinggir kertas karton menggunakan lem.

Menginjak pada tahapan berikutnya, hiaslah bagian atas bambu dengan beberapa hiasan yang sudah kawan siapkan tadi, misalnya menggunakan manik-manil atau kancing baju maupun bunga-bunga cantik yang terbuat dari kertas atau hiasan lain sesuai keinginan sobat.

Beranjak pada proses pembuatan bingkai foto dari bambu yang terakhir, buatlah bagian penyangga bingkai. Kawan-kawan bisa membuat penyangga bingkai ini dengan menggunakan sisa potongan kertas karton atau kardus tadi. Kemudian, tempelkan mika di bagian depannya.

Kini, bingkai foto dari bambu pun sudah jadi.

5. Kerajinan dari Bambu Berupa Vas Bunga yang Cantik

Bagi kawan-kawan yang suka memelihara atau menanam bunga, tampaknya kreasi kerajinan dari bambu ini bisa dijadikan sebagai ide unik yang berupa vas bunga. Dengan begitu, bunga nan cantik pun bisa menghias rumah sobat yang berpadu dengan vas bunga dari bambu yang bakal semakin tampak lebih menarik.

vas bunga dari bambu
Vas Bunga dari Bambu

Alat dan Bahan Membuat Vas Bunga dari Bambu

Persiapkan bambu yang sudah kering dengan ukuran yang sesuai selera.

Gunting, selotip bening , dan silet. Sobat juga bisa menggunakan pisau.

Sediakan juga selalu amplas secukupnya.

Untuk pewarnaan, gunakan piloks dengan warna yang sesuai keinginan.

Cara Membuat Vas Bunga dari Bambu

Pertama, bersihkan dulu bambunya dengan memakai amplas agar kotoran dan lugutnya hilang. Kali ini, kita akan gunakan bambu berukuran panjang 40 cm.

Lalu, potonglah bambu tersebut dengan arah potongan miring pada bagian atasnya.

Gosok kembali bambu yang sudah dipotong tersebut menggunakan amplas. Gosok sampai bambu benar-benar mengkilap dan halus.

Jika sudah maka balutlah bambu yang sudah dibersihkan atau digosok tersebut menggunakan selotip bening yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Balutlah secara keseluruhan sampai bambu tertutupi.

Setelah itu, buatlah sebuah motif atau corak yang sobat inginkan pada bambu yang sudah dibalut selotip tadi.

Kemudian, ukir motif yang telah digambar tadi menggunakan silet atau pisau kecil nan tajam. Langkah ini dilakukan agar bagian yang ingin kita warnai atau cat nantinya bisa terlepas dari bambu.

Apabila motif telah terukir dan rapi maka langkah selanjutnya sobat hanya perlu menyemprotkan piloks pada ukiran di bambu tersebut secara merata. Ingat, pada poses ini, selotip masih membungkus bambu. Fiamkan beberapa saat sampai cat piloks menjadi kering.

Jika dirasa piloksnya sudah kering maka lepaskan selotip yang masih tersisa menempel pada bambunya.

Jadilah vas bunga cantik dari bambu.

Bagaimana kawan? Pastinya kawan-kawan sudah memiliki gambaran sendiri dari beberapa kreasi ide kerajinan dari bambu yang telah dijelaskan di atas dengan proses pembuatan yang mudah. Selain beberapa ide kerajinan tangan dari bambu di atas, kawan-kawan juga bisa mencoba beberapa ide lain yang mungkin bisa dikembangkan sendiri. Itulah tadi beberapa langkah-langkah pembuatan beserta alat dan bahan dalam membuat ide kerajinan dari bambu yang mudah untuk kawan terapkan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat berkreasi.