Cara Menghias Kamar Sendiri dari Bahan Sederhana


Tak perlu mewah dan mahal, bagi kawan-kawan yang ingin memiliki kamar tidur yang nyaman tentu bisa menerapkan cara menghias kamar sendiri. Bahkan, dengan memanfaatkan bahan sederhana pun, kamar sobat bisa menjadi istana pribadi nan megah dan nyaman untuk ditempati. Maka dari itu, kali ini Cara Craft ingin berbagi tips kepada sahabat semua tentang bagaimana cara menghias kamar sendiri. Tentunya, dengan menggunakan bahan seadanya yang masih bisa didaur ulang untuk membuat hiasan kamar tidur. Selain itu, dalam topik yang akan kita bahas bersama-sama ini, kawan-kawan juga tak perlu bingung. Pasalnya, cara mendekorasi kamar dengan bahan sederhana yang akan kita ulas kali ini terbilang cukup mudah untuk diterapkan namun sanggup memberikan hasil hiasan kamar yang memuaskan. Pasti, sobat semua sudah semakin penasaran kan? Kira-kira langkah apa saja sih yang perlu dilakukan untuk menerapkan cara menghias kamar sendiri itu?
menghias kamar tidur dari bahan sederhana
Menghias Kamar Tidur dari Bahan Sederhana

Sebenarnya, cara menghias kamar sendiri itu bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Umumnya, hiasan pada kamar tidur diterapkan pada dinding, bagaimana mendekorasi meja belajar, kasur maupun lampu tidur. Di sisi lain, dalam menghias kamar tidur pun juga perlu memperhatikan beberapa aspek, seperti bentuk kamar, luas kamar, dan beberapa barang yang ada di dalam kamar. Sehingga, nantinya penerapan cara menghias kamar sendiri pun bisa disesuaikan dan tampak lebih seimbang. Untuk menyingkat waktu, langsung saja yuk kita simak bersama-sama beberapa ide kreatif untuk menghias kamar tidur sendiri agar tampak lebih menarik dan nyaman ditempati.

Gunakan CD Bekas untuk Hiasan Dinding dan Tirai

Pertama, cara menghias kamar bisa dengan menggunakan CD bekas untuk ditempel pada dinding kamar. Jika sobat memiliki banyak CD bekas maka manfaatkan saja untuk menghias kamar tidur. Untuk menerapkan cara ini, kawan-kawan hanya perlu membuat sebuah pola yang bisa disesuaikan dengan konsep desain yang kawan inginkan. Misalnya, untuk membuat efek lampu disco maka susunlah CD bekas tersebut dengan menggantungnya di dekat lampu kamar. Atau, bisa juga dengan menempelkan CD bekas dengan bagian yang berkelip di luar pada dinding kamar tidur sobat dengan menggunakan lem alteco agar tertempel dengan kuat.

cd bekas untuk hiasan dinding kamar tidur
CD Bekas untuk Hiasan Dinding Kamar Tidur

Hiasan dinding kamar buatan sendiri dengan memanfaatkan CD bekas ini ditujukan untuk memunculkan efek gradiasi warna yang dipantulkan dari CD tersebut ketika terkena pancaran sinar lampu. Sehingga, kamar tidur pun akan penuh dengan gemerlap cahaya dan memberikan nuansa yang berbeda.

Selain itu, CD bekas pun bisa digunakan sebagai tirai pada jendela sobat. Caranya pun juga terbilang mudah, yaitu hanya dengan menyusunya menggunakan benang nilon. Lalu, buat beberapa roncean yang ukurannya sama panjang untuk tirai kamar atau jendela. Di samping itu, sobat bisa juga membuat variasi panjang roncean yang berbeda. Kemudian, pasang pada kusen pintu dan jendela.

Baca juga : Kreasi Kerajinan Tangan dari CD Bekas dan Cara Membuatnya

Baca Juga :  30+ Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang Mudah Sederhana

Menghias Kamar Tidur dari Kertas Karton

Untuk memberikan nuansa kamar tidur yang lebih menarik, sobat bisa memanfaatkan kertas karton untuk menghias dinding kamar. Selain itu, penerapan langkah ini merupakan salah satu cara menghias kamar sendiri yang cukup mudah untuk dilakukan. Bahkan, dengan cara ini maka nuansa 3D (3 dimensi) pun akan sobat nikmati untuk menemani waktu tidur.

hiasan dinding 3d dari kertas karton
Hiasan Dinding 3D dari Kertas Karton

Nah, untuk membuat hiasan dinding model 3D ini, teman-teman bisa membuat sebuah pola dari kertas karton untuk dibentuk sesuai keinginan lalu warnai dengan warna menarik. Misalnya saja, kali ini Cara Craft akan mencontohkan pola kupu-kupu dari kertas karton. Selain itu, sobat juga bisa membuat pola berbentuk bunga-bunga cantik yang mekar. Namun, yang perlu untuk diingat bahwa untuk menampilkan kesan 3D buatlah pila dua sisi lalu tempelkan pada dinding kamar sobat dengan lem yang kuat agar tak mudah lepas. Cukup mudah bukan?

Lampu Hias dari Barang Bekas untuk Memberikan Penerangan yang Indah

Selain dinding, cara menghias kamar pun juga bisa diterapkan dengan membuat lampu tidur unik dari barang bekas. Kreasi pembuatan lampu hias untuk kamar tidur ini pun cukup mampu membuat nuansa kamar menjadi lebih indah. Pasalnya, tanpa perlu membeli lampu hias tidur, teman-teman sudah bisa mendapatkan penerangan yang indah dari pancaran sinar lampu hias buatan sendiri.

lampu hias kamar dari barang bekas
Lampu Hias Kamar dari Barang Bekas

Terkait dengan penerapan membuat lampu hias untuk menghias kamar sendiri, teman-teman bisa menggunakan kaleng susu bekas yang sudah dicat dengan warna menarik serta dilubangi membentuk pola tertentu. Lalu, sobat bisa memasukkan lampu pada kaleng bekas tersebut. Sehingga, cahaya yang dipancarkan dari lampu dalam kaleng bekas tersebut akan memancarkan cahaya yang mengikuti lubang kecil dari kaleng bekas tersebut. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan toples bekas dengan melubanginya membentuk pola teratur agar arah keluar cahaya lampu dari dalam toples mengikuti pola lubang yang dibuat. Sehingga, akan memberikan kesan pencahayaan kamar yang sangat indah.

Baca juga : Cara Membuat Lampu Tidur Unik dari Barang Bekas

Manfaatkan Sprei yang Tak Terpakai untuk Wallpaper Dinding Kamar

Punya sprei yang sudah tak terpakai? Gunakan saja untuk menghias dinding kamar. Cara menghias kamar dengan sprei ini pun cukup unik dan mudah diterapkan. Bahkan, bisa menjadi salah satu hiasan dinding yang akan membuat kamar tidur sobat terasa lebih ramai dan elegan. Pasalnya, tanpa melukis atau menggambar dinding, dengan menggunakan sprei yang berpola atau bergambar, maka dinding kamar pun akan tampak lebih indah. Cukup menarik bukan?

Baca Juga :  Cara Membuat Miniatur Mobil dari Kardus dan Kaleng Bekas
dinding kamar tidur dari sprei
Dinding Kamar Tidur dari Sprei

Untuk caranya, pertama sobat perlu menyetrika sprei lama hingga bekas lipatannya tak terlihat. Lalu, oleskan lem dinding dengan menggunakan kuas pada bagian belakang sprei. Usahakan pengolesan lem ini diawali dari bagian paling atas terlebih dulu. Nah, selanjutnya secara pelan-pelan tempelkan ujung sprei pada dinding bagian atas. Jika merasa kesulitan, maka disarankan untuk meminta bantuan seseorang untuk menempelkan ujung sprei sisi lain supaya nanti lebih rapi. Jika bagian atas sudah tertempel maka oleskan lem dinding secara menyeluruh pada bagian belakang sprei kemudian tempelkan secara menyeluruh dan rapi sehingga tidak terlihat ada gelembung udara terjebak di dalamnya.

Hiasi Dinding Kamar dengan Wallpaper dari Kertas Kado

Nah, salah satu cara menghias kamar bisa juga dengan memanfaatkan kertas kado sebagai wallpaper dinding kamar. Tips ini dinilai cukup menarik mengingat tanpa perlu membuat pola pada dinding, sobat bisa memanfaatkan pola pada kertas kado sebagai hiasan dinding. Sehingga, kamar pun menjadi terkesan lebih indah.

wallpaper dinding kamar dari kertas kado
Wallpaper Dinding Kamar dari Kertas Kado

Caranya juga tak terlalu rumit. Pertama, ukurlah panjang dan lebar dinding yang nanti akan ditempeli kertas kado. Kemudian, siapkan kertas kado dengan corak atau pola warna sesuai selera sobat, sesuaikan jumlah kertas kado dengan ukuran dinding. Lalu, jangan lupa siapkan selotip maupun lem kertas. Jika semuanya sudah siap maka oleskan selotip atau lem kertas pada bagian belakang kertas kado. Jika sudah, tempelkan kertas kado yang sudah diolesi selotip atau lem tadi dimulai dari bagian atas dinding kemudian disusul pada bagian lain sampai dinding tertutup dengan kertas kado. Terapkan penempelan kertas kado dengan hati-hati. Tak terlalu sulit kan?

Bagaimana kawan? Beberapa cara menghias kamar sendiri dengan aneka bahan sederhana yang diulas di atas bisa sobat coba sendiri di rumah. Selain itu, dari sekian langkah-langkah di atas, bahan-bahan sederhana yang akan kawan terapkan pun bisa dipilih salah satu dari beberapa pilihan di atas yang disesuaikan dengan selera masing-masing. Tentunya, dengan menerapkan beberapa cara mudah dalam menghias kamar tidur di atas, dipastikan bakal memberikan kesan ruang kamar yang lebih menarik. Sampai di sini dulu ya kawan tutorial mengenai cara menghias kamar sendiri. Semoga bisa sobat terapkan dengan mudah di rumah.