Sosialisasi Membuat Musang Makin Diburu?


Mungkin judul “sosialisasi musang membuat musang makin punah” di atas agak sedikit intimidatif bagi anda yang sering ikut sosialisasi musang. Mohon baca dulu keseluruhan artikel ini baik-baik agar anda bisa menangkap maksud dari sosialisasi yang saya maksudkan di atas. Oh ya, artikel ini ada kaitannya dengan artikel kenapa saya tidak setuju sosialisasi musang.

Sosialisasi Membuat Musang Makin Diburu?
  1. Benarkah sosialisasi musang bisa membuat musang semakin cepat punah?
  2. Tergantung sosialisasi yang seperti apa. Apakah acara sosialisasi itu hanya jadi ajang “pamer hewan”, ataukah sosialisasi yang dimaksudkan untuk mengedukasi masyarakat agar tidak memburu musang? Seperti yang kita tahu, keberadaan musang di alam bebas sangat penting terutama untuk keseimbangan ekosistem. Nah, poin inilah yang harus kita edukasikan di dalam acara sosialisasi musang kepada masyarakat, bukan sekedar pamer hewan. Dan dibutuhkan edukasi ke masyarakat bahwa memelihara musang adalah komitmen: dibutuhkan keseriusan, waktu belajar yang kadang butuh waktu panjang, perlengkapan, dan resiko yang besar. Hal itu semua harus diedukasian kepada masyarakat agar masyarakat peduli setiap hal mengenai musang sebelum memutuskan memeliharanya, sehingga tidak ada lagi musang yang tersia-sia nantinya.

  3. Namun, benarkah masih ada komunitas musang yang menekankan faktor edukasi masyarakat dalam kegiatan sosialisasinya?
  4. Untuk pertanyaan ini, saya memiliki jawaban yang sangat canggih: saya tidak tahu. Mungkin bagi anda yang menjadi anggota komunitas musang atau mungkin salahsatu pengurus komunitas musang, anda bisa mulai membicarakan mengenai edukasi musang ini ke anggota komunitas yang lain.

  5. Acara sosialisasi musang yang cuma jadi ajang pamer hewan akan membuat musang makin diburu.
  6. Inilah poin dari judul artikel saya di atas. Ya, sosialisasi musang yang cuma jadi ajang pamer hewan hanya akan membuat orang tertarik memelihara musang tanpa mau berkomitmen dan bertanggung jawab.

Demikian adalah artikel sosialisasi musang membuat musang makin diburu. Semoga artikel ini bisa membuka wawasan anda mengenai musang. Ada yang mau dipertanyakan? Silakan ajukan di kolom komentar. Terima kasih.



Baca Juga :  Memelihara Ikan Arapaima Gigas |