Mengobati Sugar Glider Suka Garuk-Garuk


Penyebab kenapa sugar glider sering garuk-garuk badannya memang sudah sering kali ditanyakan kepada saya melalui blog ini. Sebab sugar glider menggaruk badannya bisa dikatakan bukan hal serius, meskipun tidak pula bisa dianggap sepele jika terjadi begitu sering.

Mengobati Sugar Glider Suka Garuk-Garuk

Artikel kali ini akan membahas kenapa sugar glider suka garuk badannya. Oh ya, artikel ini ada kaitannya dengan artikel saya, cara memelihara sugar glider. Anda mau ternak sugar glider? Ada juga artikel biaya ternak sugar glider.

  • Secara alami, sugar glider sering menggaruk dan menjilati bulunya agar bulunya tetap bersih. Sama halnya seperti kucing.
  • Perilaku tersebut disebut grooming. Makin kotor kondisi kandang dan tubuh sugar glider, maka makin sering melakukan grooming.

  • Jika sugar glider sering menggaruk tubuhnya disertai dengan adanya bulu yang rontok dan munculnya bintik-bintik di kulitnya, maka bisa dipastikan sugar glider tersebut sakit. Bisa karena kutu atau jamur.
  • Segera pindahkan sugar glider tersebut ke kandang sendiri (jangan dicampur dengan sg lain), kemudian obati dengan cara rutin memberikan anti tick spray (semprotan anti kudu) 1x sehari, dan memandikannya dengan air hangat dan sampo kucing anti jamur tiap 3 hari sekali.

  • Jika sugar glider sering garuk-garuk tapi tidak ada bulu sugar glider yang rontok, tidak ada bagian tubuh sugar glider yang bulunya tipis, tidak ada bagian kulit sugar glider yang berbintik-bintik, saya kira anda cukup membersihkan kandangnya saja. Bersihkan kandang sugar glider lebih sering lagi. Jika perlu, ganti kandang sugar glider sekali seminggu.
  • Gunakan dua kandang yang dipakai secara bergantian setiap minggunya.

Demikian tips singkat cara mengobati sugar glider garuk-garuk. Semoga artikel singkat ini bisa menjadi acuan bagi anda. Masih ada yang mau ditanyakan? Silakan ajukan di kolom komentar. Terima kasih. (FS)



Baca Juga :  Biaya Earcrop Anjing |