Cara Sortir Ikan Lele Ternak


Ikan lele yang sedang diternak harus dilakukan sorting (pemilihan) atau sortasi. Tujuan sortir lele adalah agar ikan lele yang lebih besar tidak memakan ikan lele yang lebih kecil. Nah, bagaimana cara sorting ikan lele?

Berikut adalah cara melakukan pemilihan pada ikan lele:
Persiapan:

  • Sebelum dilakukan sortase pada ikan lele ternak, siapkan dulu 2 atau 3 bak sorting untuk menampung 2 atau 3 jenis ikan lele hasil sorting. Isi dengan air dengan PH yang sesuai dengan ph yang dibutuhkan untuk ikan lele, yaitu antara 7 hingga 9.
  • lakukan sorting sebelum ikan diberi makan (perut ikan dalam keadaan kosong). Sorting dalam keadaan perut ikan penuh akan menyebabkan luka pada perut ikan, yang biasanya menyebabkan kematian.
  • berapa kali sorting lele selama ternak? Anda bisa melakukan sorting minimal sekali hingga panen. Idealnya, sortase lele dilakukan sebulan sekali hingga panen.
  • kapan waktu pemilihan lele? anda bisa melakukannya pagi hari. Sore hari juga bisa, namun lebih umum dilakukan pada pagi hari.

Memulai sorting ikan lele:

  1. kurangi debit air pada kolam lele hingga 50%, kemudian serok ikan lele dengan saringan besar yang berbahan lembut.
  2. mulai proses sortase ikan lele dengan memilih ikan berdasarkan ukurannya. Anda bisa membuat 2 klasifikasi ukuran ikan (besar, kecil) atau bisa juga membuat 3 jenis klasifikasi (besar, sedang, kecil). Lakukan hingga semua ikan lele tersorting semuanya.
  3. Setelah proses sorting selesai, pindahkan ikan hasil sorting ke kolam pemeliharaan, dan lanjutkan proses pemeliharaan ikan lele.

Demikian adalah cara sorting ikan lele ternak. Semoga artikel ini bisa membantu anda. Ada yang mau ditanyakan? Silakan ajukan di bawah ini.



Baca Juga :  Biaya Earcrop Anjing |