Garangan Susah Jinak, Ini Penyebabnya


“Dok, garangan peliharaan saya kok sulit jinak ya?” demikian pertanyaan yang dilontarkan kepada saya sore ini. Penyebab yang menjadi biang kerok kenapa garangan sulit jinak memang sering sekali ditanyakan kepada saya. Inilah beberapa sebab kenapa garangan susah jinak. Oh ya, artikel ini ada kaitannya dengan artikel saya, cara menjinakkan garangan.

Ini dia sebab kenapa garangan susah jinak:

Garangan Susah Jinak, Ini Penyebabnya
  • Penyebab pertama kenapa garangan susah jinak adalah garangan dipelihara saat usianya sudah tua.
  • Garangan yang dipelihara sejak usia anakan atau bayi memang masih sangat rentan sakit atau mati, namun garangan usia anakan dan bayi lebih mudah jinak dibandingkan garangan yang dipelihara sejak usia tua. Yang jadi tantangan bagi anda adalah: apakah anda sanggup memelihara bayi garangan atau anakan garangan sebaik-baiknya hingga dia dewasa? Karena, seperti yang saya katakan tadi, bayi garangan dan anakan garangan sangat gampang sakit atau bahkan mati. Bagi anda yang mau memelihara garangan, anda bisa membaca artikel cara memelihara garangan.

  • Penyebab kedua sebab garangan sulit jinak adalah mindset.
  • Memelihara hewan apapun erat kaitannya dengan mindset dan cara menghadapi hewan yang buas. Anda harus ekstra sabar serta memiliki mindset yang positif bahwa semua hewan bisa jinak untuk menjinakkan hewan, termasuk garangan. Jangan ada secuil pikiran pun yang mengatakan bahwa anda akan susah menjinakkan hewan yang sedang anda jinakkan ini. Dengan kata lain, positive thinking terhadap hewan. Saya sudah mengatakan hal ini berkali-kali di blog ini, bahwa hewan sebenarnya lebih cerdas dari apa yang kita kira selama ini, termasuk hewan garangan. Mereka bisa membaca pikiran kita, entah kita sadar atau tidak. Kuda, misalnya, bisa membaca pikiran manusia lewat sentuhan tangan. Kuda pacu bahkan bisa merasa emosi penunggangnya dan bahkan bisa merasakan detak jantung penunggangnya. Reptil lain lagi. Hewan bangsa reptil bisa merasakan emosi tuannya lewat sentuhan di tubuhnya. Beberapa jenis hewan lain bisa merasa perasaan manusia hanya lewat tatapan mata.

  • Penyebab terakhir kenapa garangan susah jinak adalah kurang sabar.
  • Kesabaran adalah kunci menjinakkan hewan selain juga mindset. Artinya, jika mindset anda positif dalam menjinakkan garangan namun anda kurang sabar, maka anda akan tetap gagal dalam menjinakkan garangan. Sepengalaman saya, dibutuhkan waktu minimal 2 bulan untuk menjinakkan garangan, kurang atau lebih. Sekali lagi, faktor pertama dan kedua menjadi kunci penting dalam menjinakkan garangan selain juga kesabaran.

Demikian adalah sebab kenapa garangan susah jinak. Semoga artikel kali ini bisa membantu anda dalam menjinakkan garangan galak. Ada komentar? Silakan ajukan di bawah ini. Terima kasih. (FS)



Baca Juga :  Biaya Earcrop Anjing |