Cara Membuat Sarung Hp dari Kain Flanel yang Mudah


Mungkin, sebagian kawan-kawan bertanya-tanya, kira-kira bagaimana sih cara membuat sarung hp dari kain flanel itu? Tentunya, hal tersebut cukup menarik untuk dibahas mengingat tanpa perlu kita membelinya di toko aksesoris hp dengan harga yang beragam, kita pun bisa membuatnya dari bahan dasar kain flanel. Bahkan, sarung hp dari kain flanel yang kita buat sendiri ini pun juga nantinya akan memberikan hasil yang tak mengecewakan. Selain itu, cara membuat sarung hp dari kain flanel yang akan kita ulas kali ini pun terbilang cukup mudah untuk diterapkan sendiri di rumah. Tak hanya itu saja, kerajinan tangan yang satu ini pun juga bisa dijadikan sebagai salah satu ide bisnis yang cukup menjanjikan. Sehingga, bagi sobat yang gemar membuat kreasi kerajinan tangan maka ide membuat sebuah sarung hp dari kain flanel pun bisa menjadi pilihan. Pastinya, sobat sudah tak sabar ingin tahu cara membuat sarung hp dari kain flanel bukan?

cara membuat sarung hp dari kain flanel
Cara Membuat Sarung Hp dari Kain Flanel
Secara garis besar, cara membuat sarung hp dari kain flanel itu dirasa cukup mudah. Sebab, hanya memerlukan beberapa bahan dan alat sederhana saja dengan tutorial pembuatan sarung hp yang cukup simple dan tak terlalu rumit. Di sisi lain, beberapa langkah yang akan kita tempuh untuk membuat kerajinan tangan yang berupa sarung hp ini pun juga memiliki ragam model yang unik dan lucu. Bahkan, bisa juga dibuat sesuai dengan selera atau keinginan masing-masing. Tentu saja, hal tersebut merupakan salah satu kelebihan dari tutorial cara membuat sarung hp dari kain flanel yang akan kita bahas kali ini. Tak hanya itu saja, model kerajinan yang memanfaatkan kain flanel sebagai bahan dasarnya ini pun juga ternyata tak kalah menariknya dengan beberapa casing hp yang dijual di toko aksesoris hp. Oke, tak perlu berlama-lama, yuk kita simak bersama ulasan lengkapnya mengenai cara membuat sarung hp dari kain flanel pada segmen-segmen yang tersaji di bawah ini!

1. Cara Membuat Sarung Hp Model Pertama

Bukan sulit, namun cara membuat sarung hp dari kain flanel model pertama kali ini memang membutuhkan kesabaran. Pasalnya, tak sedikit kita harus memperhatikan setiap detil pola maupun konsep sebelum kita menjahitnya. Akan tetapi, tampaknya ketelitian dan kesabaran di sini pun jika sobat terapkan dengan benar maka akan menghasilkan sarung hp yang lucu dan unik. Untuk alat dan bahan serta pembuatannya, silahkan simak tahapannya di bawah ini :

cara membuat sarung hp berbentuk kamera
Cara Membuat Sarung Hp Berbentuk Kamera

Alat dan Bahan Membuat Sarung Hp Berbentuk Kamera

Siapkan 2 lembar kain flanel yang memiliki warna abu-abu dengan ukuran 14 cm x 7 cm. Dalam hal ini, ukuran bisa disesuaikan dengan model hp sobat. Selain itu, perlu diingat juga bahwa kain flanel yang digunakan usahakan ujungnya tumpul.

Jika sudah, siapkan juga kain flanel berwarna putih dan hitam masing-masing satu lembar saja. Kain ini nantinya digunakan untuk menghias pernak pernik.

Jangan lupa, sediakan kancing berwarna hitam agar seimbang dengan warna dasar.

Jarum jahit dan benang jahit yang berwarna putih, abu-abu, dan hitam

Gunting atau cutter.

Pensil dan penggaris.

Lem tembak atau glue gun. Dalam pemilihan lem, kawan-kawan bisa memilih lem yang penting memiliki daya rekat yang kuat.

Cara membuat sarung hp berbentuk kamera

Pertama, siapkan sebuah pola pernak pernik sebagai hiasan. Dalam hal ini, Cara Craft menggunakan pernak pernik model kamera dengan kombinasi kain flanel berwarna hitam dan putih. Ingat, kain flanel yang digunakan di sini merupakan kain flanel kombinasi sebagai hiasan, bukan kain flanel yang sudah diukur tadi mengingat nantinya sebagai sarung hp. (Lebih jelasnya, lihat polanya pada gambar di atas).

Jika sudah maka rangkai seluruh pernak pernik yang dipersiapkan tadi. Tempelkan pada setiap sisi di kain flanel sisi depan sehingga membentuk seperti pola kamera. Untuk cara menempelkannya, kawan-kawan bisa menjahit sekeliling pernak pernik tersebut atau menempelkannya dengan lem. Jika menggunakan lem maka sobat harus berhati-hati mengingat lem cepat sekali kering. Bahkan, lem jika tidak teratur mengoleskannya justru bisa melebar ke luar ketika akan menempelkannya. Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut maka disarankan lem digunakan hanya pada ujung kain pernik tak perlu sampai seluruh bagian.

Baca Juga :  4 Cara Membuat Lampu Hias Gantung Minimalis

Jika pola pada bagian depan jadi, tempelkan bagian belakang dengan menggunakan jarum. Langkah yang satu ini nantinya akan membuat kain tidak bergeser saat teman-teman akan menjahit ujungnya. Selain itu, untuk menambah keserasian maka sangat disarankan menggunakan benang warna abu-abu untuk menjahit ujung flat case atau sarungnya.

Setelah itu, rapikan setiap sudut dan buang benang bekas jahita agar tak mengganggun penampilan. Cukup mudah kan kawan?

2. Cara Membuat Sarung Hp Model Ke Dua

Selain itu, ada langkah lain lagi terkait dengan cara membuat sarung hp model ke dua ini, yaitu kita akan membentuk sarung hp unik berbentuk bunga. Di mana, pada model ke dua ini bentuknya hampir menyerupai dompet dengan pola berbentuk bunga yang cantik. Mau tahu caranya? Simak saja langkah-langkahnya di bawah ini!

cara membuat sarung hp bermotif bunga
Cara Membuat Sarung Hp Bermotif Bunga

Alat dan Bahan Membuat Sarung Hp Bermotif Bunga

Persiapkan 2 lembar kain flanel yang berwarna abu-abu tua dengan ukuran 14 cm x 7 cm. Untuk ukurannya bisa disesuaikan dengan ukuran hp sobat.

Siapkan juga selembar kain flanel warna ungu yang berukuran sama dengan kain di tas sebagai hiasan pola.

Jarum jahit dan benang jahit berwarna abu-abu tua.

Gunting atau cutter.

Pensil dan penggaris (opsional).

Cara Membuat Sarung Hp Bermotif Bunga

Tak berbeda jauh dengan langkah pembuatan model pertama, sobat harus membuat polanya terlebih dahulu. Dalam hal ini, kita akan buat pola bunga pada kain abu-abu tua pada bagian depan. Agar mempermudah pembuatan pola, kawan-kawan bisa merancang polanya di sebuah kertas putih terlebih dahulu lalu digambar pada kain abu-abu tua.

Jika pola sudah dibuat pada kain flanel berwarna abu-abu tua tersebut maka potong pola dengan menggunakan cutter. Perlu untuk dicatat bahwa dalam pemotongan pola tersebut cutter harus tajam supaya tak meninggalkan serat dari bekas sayatan.

Apabila pola sudah terbentuk, gabungkan kain flanel berwarna abu-abu dengan kain flanel yang berwarna ungu sebagai pelapis pada sisi depan. Sementara itu, untuk bagian belakang, gabungkan kain flanel abu-abut tua dengan cara dijahit pada setiap bagian tepi kain termasuk dengan kain yang berwarna ungu tadi.

3. Cara Membuat Sarung Hp Model Ke Tiga

Pada model ke tiga ini, kerajinan tangan sarung hp dari kain flanel pun bisa dibuat dengan pola hati yang cantik. Cocok sebagai hadiah buat pasangan sobat. Bahkan, cara membuatnya pun cukup mudah dan patut untuk dicoba.

cara membuat sarung hp bermotif hati
Cara Membuat Sarung Hp Bermotif Hati

Alat dan Bahan Membuat Sarung Hp Bermotif Hati

Tak berbeda jauh dari model pertama dan ke dua, sobat perlu menyiapkan 2 kain flanel yang berukuran 14 cm x 7 cm. Namun, kali ini kita akan menggunakan warna mocha dengan sudut tumpul.

Siapkan pula selembar kain flanel warna merah dengan ukuran yang sama, yaitu 14 cm x 7 cm.

Gunting, jarum jahit, dan benang jahit yang berwarna krem atau merah.

Cutter dan pensil.

Kertas HVS untuk menggambar pola (opsional).

Cara Membuat Sarung Hp Bermotif Hati

Untuk langkah pembuatan, pertama mulailah membentuk pola hati. Sobat bisa menggambarnya terlebih dahulu di kertas HVS kemudian ditempel dan digambar pada kain flanel berwarna mocha pada bagian depan.

Kemudian, potong pola tersebut sesuai garis pola menggunakan cutter. Lakukan dengan hati-jhati agar tidak menimbulkan serat.

Lalu, jahitlah mengelilingi pola hati dengan menggunakan benang merah.

Jika sudah maka langkah selanjutnya kawan-kawan harus menempelkan bagian depan (kain flanel mocha) dengan kain flanel berwarna merah agar menyatu. Kemudian, tempelkan juga kain flanel berwarna mocha yang satunya pada sisi bagian belakang. Jahit ketiga kain tersebut pada setiap sisinya.

Baca Juga :  26+ Kerajinan dari Botol Plastik Bekas yang Mudah Sederhana

Jangan lupa, rapikan setiap sisi dari benag-benang bekas jahitan agar terlihat lebih bersih dan menarik.

4. Cara Membuat Sarung Hp Model Ke Empat

Jika sobat suka dengan motif yang unik dan lucu, maka cara membuat sarung hp pada model ke tiga ini kita akan buat bentuk baby owl ini bisa dicoba. Sekilas memang tampak sulit jika melihat setiap detailnya. Namun, apa salahnya jika dicoba. Nah, untuk alat dan bahan serta pembuatannya bisa disimak pada tahapan-tahapan di bawah ini!

cara membuat sarung hp berbentuk baby owl
Cara Membuat Sarung Hp Berbentuk Baby Owl

Alat dan Bahan Membuat Sarung Hp Berbentuk Baby Owl yang Lucu dan Imut

Sediakan 2 lembar kain flanel yang berwana abu-abu. Untuk ukuran bisa disesuaikan dengan ukuran hp yang kawan miliki. Namun, dalam hal ini Cara Craft menggunakan ukuran 14 cm x 7 cm.

Siapkan juga kain flanel berwarna putih, hitam, dan kuning. Masing-masing satu lembar saja dengan ukuran bebas.

Benang jahit berwarna hitam dan abu-abu.

Gunting, jarum jahit, dan spidol hitam.

Jika perlu, siapkan mesin jahit agar hasil jahitan lebih maksimal. (Opsional).

Cara Membuat Sarung Hp Berbentuk Baby Owl

Untuk memulai tahapan pembuatannya, buatlah setiap ujung kain flanel yang berwarna abu-abu menjadi tumpul.

Jika sudah, fokuslah pada pembuatan pernak perniknya. Pertama, kita buat matanya terlebih dahulu pada kain flanel yang berwarna putih, yaitu dengan membuat dua buah lingkaran berdiameter 3 cm atau bisa disesuaikan dengan lebar kain abu-abu tadi. Kemudian, buatlah 2 lingkaran lagi dengan ukuran yang lebih kecil, yaitu 2 cm saja pada kain berwarna hitam. Lalu, rancanglah 2 lingkaran diameter 1 cm pada kain flanel putih. Kedua, kita akan membuat sayapnya dengan menggunakan sisa kain flanel warna abu-abu. Pertama, potonglah pola 3 gelombang (lihat gambar). Ketiga, untuk membuat pola hidung, teman-teman bisa memotong kecil pada flanel yang berwarna kuning untuk membentuk hidung seperti gambar. Langkah yang satu ini opsional saja. Jika dirasa sulit, sobat bisa menggunakan spidol kuning untuk menggambar hidungnya. Keempat yaitu pola dada. Caranya, potonglah kain flanel yang berwarna putih menjadi bentuk kotak dengan ukuran 6 cm saja. Jika sudah, lalu potong salah satu sisi menjadi setengah lingkaran.

Nah, apabila seluruh pernak pernik di atas, antara lain seperti mata, hidung, dan dadanya yang sudah disiapkan maka sobat tinggal menempelkannya pada kain flanel berwarna abu-abu untuk bagian depan dengan susunan seperti baby owl. Tempelkan dengan cara dijahit pada setiap sisi dengan warna benang yang sesuai warna latar kain depan.

Untuk pemasangan sayap, rekatkan pada sisi bawah sarung hp yang akan jadi ini dengan menjahitnya secara manual. Namun, perlu diingat bahwa jahitlah pada sisi yang bergelombang saja.

Selain itu, untuk membuat tampilannya kian menarik dan lucu maka kawan-kawan bisa menambahkan efek bulu-bulu pada bagian dada di kain flanel yang berwarna putih menggunakan spidol hitam.

Nah, langkah terakhir, jahit sisi sarung menggunakan mesin jahit atau juga bisa dilakukan secara manual. Jangan lupa, rapikan setia sisi dari serat-serat atau bekas benang.

Tak terlalu sulit kan sob? Nah, dari beberapa langkah mengenai cara membuat sarung hp dari kain flanel di atas, tentu sobat bisa memilih salah satu dari keempat tutorial di atas. Atau mungkin bagi sobat yang ingin menjadikannya sebagai peluang bisnis maka keempat langkah di atas bisa diterapkan. Di samping itu, beberapa ide kreasi kerajinan tangan dari kain flanel di atas pun juga bisa sobat kembangkan lagi menjadi sebuah barang yang menarik dan pastinya bernilai jual. Sehingga, bisa menjadi produk usaha yang cukup menguntungkan. Nah, sampai di sini dulu perjumpaan kita ya kawan. Semoga ulasan tutorial mengenai cara membuat sarung hp dari kain flanel di atas bisa sobat terapkan dengan mudah di rumah. Sekian dan sampai jumpa.