4 Cara Membuat Lampu Hias Gantung Minimalis


Salah satu ide kerajinan unik yang bisa sobat coba yaitu cara membuat lampu hias gantung yang akan Cara Craft bahas pada pertemuan kali ini. Kenapa bisa unik? Sebab, lampu hias gantung buatan sendiri ini hanya memerlukan beberapa bahan sederhana yang sudah tak terpakai namun masih bisa didaur ulang atau dimanfaatkan kembali. Bahkan, lampu hias gantung buatan sendiri ini pun juga bisa digunakan sebagai pelengkap dekorasi rumah, seperti ruang tamu atau ruang santai sehingga tanpa perlu membeli pun sobat bisa menikmati gemerlapnya lampu hias gantung ini. Selain itu, mudahnya menerapkan cara membuat lampu hias gantung ini pun juga tak lepas dari konsep pembuatan yang cukup minimalis sehingga tak terlalu rumit dalam proses pembuatannya. Maka dari itu, tak salah jika kawan-kawan mencoba berkreasi membuat lampu hias ini dengan pengembangan ide yang sobat miliki. Namun, jika masih bingung, kali ini Cara Craft akan memberikan solusi terkait dengan bagaimana cara membuat lampu hias gantung yang mudah dan minimalis.

cara membuat lampu hias gantung
Cara Membuat Lampu Hias Gantung
Sebagaimana yang sudah Cara Craft cuplik di atas, cara membuat lampu hias gantung ini cukup simple dan mudah untuk diterapkan. Akan tetapi, meskipun tak terlalu rumit, mungkin bagi sebagian dari kawan-kawan masih bingung bagaimana konsep lampu hias gantung yang akan dibuat. Oleh sebab itu, untuk membantu sobat menemukan atau mengembangkan ide kreasi kerajinan tangan yang satu ini, kali ini Cara Craft akan berbagi tutorial mengenai langkah-langkah pembuatan lampu hias untuk ruang tamu dari beberapa bahan sederhana, sebut saja seperti botol aqua, botol kaca, kayu, atau bahan lain yang sekiranya masih layak untuk didaur ulang. Nah, sampai di sini tentunya teman-teman sudah pada pensaran kan? Oke, tak perlu menunggu lama, yuk kita simak saja tutorial cara membuat lampu gantung hias yang akan Cara Craft bahas pada beberapa sesi di bawah ini!


Tutorial Cara Membuat Lampu Gantung

Di bawah ini Cara Craft akan menjelaskan beberapa tutorial cara membuat lampu gantung dari beberapa bahan sederhana. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Lampu Hias Gantung dari Toples Kaca

Apabila teman-teman memiliki toples kaca yang sudah tak terpakai, jangan dibuang dulu. Manfaatkan sebagai bahan untuk membuat lampu hias gantung yang bisa dipasang di ruang santai. Berikut beberapa alat dan bahan beserta cara pembuatannya.

lampu hias gantung dari toples kaca
Lampu Hias Gantung dari Toples Kaca

Alat dan Bahan Membuat Lampu Hias Gantung dari Toples Kaca

a. Pertama, persiapkan terlebih dahulu toples kaca bekas yang masih lengkap dengan tutupnya. Usahakan kondisi tutup toples bekas ini masih normal agar nanti lampu gantung tak mudah jatuh.

b. Siapkan juga bahan lain, yaitu 1 set lampu yang berupa lampu, fitting, kabel, dan colokannya.

c. Untuk alat yang dibutuhkan yaitu palu, paku, dan isolasi serta lem.

d. Nah, untuk memberikan pewarnaan, gunakan pilox atau cat semprot sesuai keinginan. Namun, dalam hal ini Cara Craft menyarankan menggunakan warna pilox yang sesuai dengan warna tutup toplesnya.

Cara Membuat Lampu Hias Gantung dari Toples Kaca

a. Langkah pertama, yang harus kawan lakukan yaitu bersihkan toples kaca sampai benar-benar bersih dan bening, kemudian keringkan. Langkah ini dilakukan supaya cahaya yang dipancarkan dari lampu menjadi lebih terang.

b. Jika sudah, buatlah sebuah lubang kecil seukuran fitting yang sudah dipersiapkan tadi. Untuk membuat lubangnya, kali ini kita menggunakan paku dan palu.

c. Apabila lubang tersebut sudah jadi maka tahapan pembuatan lampu gantung dari toples kaca ini yaitu dengan memasang fitting pada tutup toples. Teliti kembali pada setiap lubangnya dan rapatkan dengan menggunakan isolasi jika ada sela atau celah pada lubang fitting tersebut. Jika diyakini sudah rapat, rekatkan menggunakan lem kuat.

d. Menginjak pada langkah berikutnya yaitu pewarnaan. Semprotkan cat atau pilox pada bagian fitting yang telah terpasang pada penutupnya tadi. Diamkan sebentar dan pastikan cat atau pilox mengering agar tak menempel pada bagian lain.

e. Kemudian, pasanglah lampu pada fitting yang sudah terpasang di tutup toples tadi.

f. Nah, untuk membuat lubang talinya, teman-teman bisa melubangi dengan ukuran lubang kecil pada bagian penutupnya. Namun, untuk menggantungkannya di ruang tamu, teman-teman bisa menggunakan kabel lampu yang terpasang pada bagian fitting seperti pada gambar di atas.

g. Kini, lampu hias gantung dari toples kaca pun sudah jadi dan siap dipasang di ruang tamu atau ruang santai.

2. Lampu Hias Gantung dari Stik Es Krim

Pernahkah sobat terpikirkan untuk membuat lampu gantung dari stik es krim? Nah, ide kerajinan tangan dari stik es krim yang satu ini juga terbilang cukup unik dan menarik untuk dicoba. Berikut di bawah ini cara pembuatannya.

Baca Juga :  Macam Macam Kerajinan Tangan yang Menghasilkan Uang
lampu hias gantung dari stik es krim
Lampu Hias Gantung dari Stik Es Krim

Alat dan Bahan Membuat Lampu Hias Gantung dari Stik Es Krim

a. Yang perlu kawan persiapkan, pertama yaitu 3 buah hula hoop dengan ukuran diameter yang berbeda masing-masing 2 buah.

b. Siapkan stik es krim dengan jumlah yang banyak. Paling tidak 60 lebih stik es krim.

c. Lem aibon atau lem alteco. Bisa juga dengan lem kaca, yang penting nantinya bisa merekat kuat.

d. Kawat atau tali kuat.

e. Cat kayu atau pelitur untuk mewarnai stik es krim. (Opsional).

f. Lampu LED atau bohlam, kabel, fitting dan colokannya.

g. Terakhir yaitu jepitan jemuran secukupnya saja.

Cara Membuat Lampu Hias Gantung dari Stik Es Krim

a. Untuk memulai cara membuat lampu hias gantung dari stik esk krim ini, pertama siapkan satu buah stik es krim dulu. Lalu, posisikan stik es krim berada di tengah diameter dari hula hoop tersebut. Ingat, gunakan 2 buah lingkaran hula hoop dengan ukuran yang sama agar nantinya stik es krim lebih mudah ditempelkan pada pola lingkaran dari hula hoop tersebut.

b. Oleskan pada kedua ujung dari stik es krim tersebut menggunakan lem yang sudah disiapkan sebelumnya. Tempelkan pada hula hoop secara vertikal. Untuk mempermudah penempelan, sobat bisa menggunakan penjepit jemuran.

c. Jika stik es krim pertama tadi sudah tertempel, teruslah menempel stik es krim yang lain dengan posisi berjajar mengelilingi sisa holla hoop yang belum terisi dengan stik es krim dengan rapat. Yang perlu diperhatikan yaitu bahwa pada penempelan stik es krim ini, pastikan posisi stik es krim selalu sejajar secara vertikal supaya tertempel dengan rapi.

d. Apabila hula hoop pertama ini sudah ditempeli dengan stik es krim semua, diamkan sesaat sampai lem mengering dan merekat kuat.

e. Sambil menunggu lem kering pada hula hoop pertama tadi, lakukanlah hal yang sama pada hula hoop ke dua dan ke tiga.

f. Jika sudah, diamkan sejenak sampai lem benar-benar mengering dan merekat. Usahakan pola atau posisi stik es krim selalu sejajar dan tidak bergerak maupun berubah dari posisi waktu pengeleman tadi. Ini cukup sulit mengingat lem belum kering dan merekat namun sobat bisa mengatasinya dengan penjepit jemuran.

g. Menginjak tahapan dalam cara membuat lampu hias gantung ini, siapkan 4 buah stik es krim. Lalu, tempelkan pada bagian dalam diameter dari lingkaran hula hoop tersebut di bagian bawah. Pada tahapan ini, penempelan stik es krim disusun dengan pola menyerupai jembatan antar sisi dari lingkaran hula hoop.

h. Begitu juga dengan dua lingkaran hula hoop lainnya, lakukan hal yang sama pada sisa rangkaian dari lingkaran hula hoop lainnya dengan pola jembatan yang sama. Jangan lupa bahwa pastikan juga posisi stik es krim tersebut telah menempel dengan kuat mengingat rangkaian jembatan tersebut nantinya akan digunakan sebagai rangka penghubung ketiga rangkaian hula hoop yang telah dibuat sebelumnya. Tunggu sampai lem kering.

i. Selanjutnya, tempelkan tiga rangkaian lingkaran hula hoop tadi dengan cara menempelkannya menggunakan lem pada rangka jembatan yang telah dibuat sebelumnya. Sesuaikan posisi penyusunannya agar pas pada batang es krim yang tertempel di bagian dalam diameter hula hoop tadi supaya bisa merekat.

j. Nah, jika lem dipastikan sudah mengering, sobat bisa mewarnainya dengan cat kayu atau pelitur untuk memperindah tampilan. Namun, langkah ini opsional saja.

k. Berikutnya, jangan lupa untuk menambahkan tali pengikat pada bagian paling atas dari rangkaian stik es krim hula hoop tadi. Langkah ini dilakukan bertujuan supaya pada bagian tudung lampu hias tersebut dapat dikaitkan atau dipasangkan pada lampu gantung.

l. Lalu, pasang fitting yang sudah terpasangi lampu dan tersambung dengan kabel pada bagian atas.

m. Kini, lampu hias gantung dari stik es krim sudah jadi dan sudah bisa digunakan sebagai penerangan.

3. Lampu Hias Gantung Berbentuk Sekelompok Kupu-Kupu Terbang

Selain itu, salah satu ide unik kerajinan tangan lampu hias gantung yang bisa sobat buat yaitu berbentuk sekelompok kupu-kupu terbang. Kreasi yang satu ini merupakan salah satu ide yang cukup mudah dibuat. Nah, untuk lebih jelasnya, simak saja langkah-langkahnya di bawah ini.

lampu hias gantung berbentuk sekelompok kupu
Lampu Hias Gantung Berbentuk Sekelompok Kupu

Alat dan Bahan Membuat Lampu Hias Gantung Sekelompok Kupu-Kupu

a. Hal yang perlu dipersiapkan yaitu dua buah lingkaran hula hoop.

b. Lampu LED, fitting, kabel, dan colokan.

Baca Juga :  Cara Membuat Tas dari Kain Perca dengan Mudah Tanpa Mesin Jahit

c. Senar bening atau tali sejenis senar yang cukup kuat.

d. Siapkan juga plastik mika transparan atau bening.

e. Pensil atau spidol, penggaris, gunting atau pisau.

f. Lem dan pita (opsional).

g. Jangan lupa sediakan pula jarum yang agak besar atau paku.

Cara Membuat Lampu Hias Gantung Berbentuk Sekelompok Kupu-Kupu

a. Langkah pertama yang harus kawan persiapkan dalam menerapkan cara membuat lampu hias gantung yang satu ini yaitu dengan menggambar pola berbentuk kupu-kupu kecil (sesuai keinginan) pada plastik mika bening dengan menggunakan spidol atau pensil. Buatlah pola kupu dengan jumlah yang banyak.

b. Apabila sudah maka potonglah pola kupu-kupu yang tergambar pada mika tersebut dengan gunting.

c. Selanjutnya, siapkan senar atau tali sejenis yang bening untuk dipotong. Dalam hal ini, pastikan bahwa ukuran panjang tali atau senar tersebut ukurannya sesuai atau mencukupi ketika nanti dikaitkan pada lingkaran hula hoop. Pastikan juga bahwa tali tersebut cukup kuat untuk membawa beberapa lembar pola kupu pada mika yang sudah dipotong sebelumnya.

d. Menginjak pada tahapan berikutnya, mulailah untuk meronce kupu-kupu yang sudah dipotong tadi pada setiap tali yang sebelumnya sudah dipotong tadi.

e. Nah, apabila semua pola kupu-kupu tadi sudah terpasang dengan pas dan rapi maka ikatlah salah satu ujung dari tali roncean tersebut sampai menutup badan lingkaran hula hoop.

f. Sobat juga bisa merapikan ikatan supaya terlihat lebih rapi dengan menutupnya menggunakan lem. Selain itu, kawan-kawan juga bisa merapikan ikatan tersebut dengan pita untuk melapisi badan lingkaran hula hoop.

g. Di sisi lain, siapkan tali penggantung yang kuat supaya lampu gantung yang sobat buat bisa digantungkan.

h. Pastikan juga bahwa lampu beserta fitting menggantung di atas bagian tengah dan terhubung dengan sisi hola hoop. 

4. Lampu Hias Gantung dari Kardus

Bahan kardus merupakan material yang cukup mudah kita dapatkan. Daripada dibuang, jadikan saja kardus bekasmu menjadi lampu gantung hias yang cukup unik sebagai penerangan untuk kamar atau ruang santai. Di bawah ini beberapa alat dan bahan serta cara pembuatannya.

lampu hias gantung dari kardus
Lampu Hias Gantung dari Kardus

Alat dan Bahan Membuat Lampu Hias Gantung dari Kardus

a. Kardus bekas dengan ukuran sedang.

b. Lampu, fitting, kabel beserta colokannya.

c. Lem tembak atau lem dengan daya rekat tinggi.

d. Penggaris dan pensi.

e. Sebagai pewarnaannya, siapkan car semprot atau pilox dengan warna putih (wajib) dan warna lain sesuai selera.

Cara Membuat Lampu Hias Gantung dari Kardus

a. Langkah pertama yang harus sobat lakukan yaitu memotong kardus dengan ukuran 60 cm x 21 cm. Usahakan kardus jangan sampai terlipat.

b. Kemudian, berikan pewarnaan pada kardus yang sudah dipotong tadi menggunakan cat berwarna putih pada permukaan kardus saja. Pewarnaan atau pengecatan warna putih pada permukaan ini hanya satu sisi saja pada bagian dalam. Langkah ini dilakukan supaya cahaya yang dipancarkan lampu bisa memantul dan lebih terang.

c. Jika sudah, lipatlah kardus menjadi segi lima sama sisi dengan posisi kardus yang diwarnai putih tadi berada di dalam sedangkan yang belum diwarnai di bagian luar.

d. Selanjutnya, potonglah kardus dengan membentangkan lagi kardus tersebut kemudian dipotong. Setelah dipotong, lipat kembali kardus yang sudah dipotong tersebut menjadi bentuk segilima. Gunakan lem pada penempelan agar lipatan kardus tidak kembali lagi.

e. Menginjak pada tahapan berikutnya, susunlah potongan kardus segi lima tersebut dengan posisi yang berlawanan antara satu kardus dengan kardus lain. Sobat bisa menggunakan lem untuk merekatkan antar kardus agar bisa tertempel dengan kuat.

f. Berikutny, buatlah lembaran kardus berbentuk segilima sebagai peletakan untuk lampu. Jangan lupa, lembaran kardus tersebut dibuat sebuah lubang pada bagian tengahnya seukuran fitting lampu. Pasang lampu beserta fitting dan kabelnya. Agar lebih kuat, tempelkan fitting lampu tersebut menggunakan lem dan rekatkan pada lembaran kardus.

g. Beralih ke tahapan selanjutnya, gabungkan lembaran kardus yang berbentuk segilima dengan potongan kardus yang disusun sebelumnya.

h. Nah, akhirnya lampu hias gantung dari kardus pun sudah selesai. Kawan-kawan bisa menggunakannya sebagai penerangan untuk ruang santai atau ruang tamu.

Dari beberapa cara membuat lampu hias gantung di atas, sobat bisa memilih di antara keempat ide kreasi di atas. Bahkan, kawan-kawan pun bisa melakukan pengembangan kreasi sendiri dari beberapa langkah yang telah Cara Craft jelaskan di atas. Nah, tampaknya penjelasan kali ini sampai di sini dulu ya kawan. Semoga, tutorial mengenai cara membuat lampu hias gantung yang telah diuraikan di atas bisa bermanfaat. Sekian dan selamat mencoba.