Cara Membuat Lampu Tidur Unik dari Barang Bekas


Buat kawan-kawan yang ingin tahu cara membuat lampu tidur, jangan bingung. Sebab, pada pertemuan kali ini, sobat Craft akan kami ajak untuk mengulas bagaimana langkah-langkah merancang lampu hias untuk kamar tidur yang unik dari barang bekas buatan sendiri. Tentu saja, hanya dengan memanfaatkan barang bekas yang sudah tak terpakai, sobat bisa memiliki lampu tidur yang cantik dan tak kalah menarik dari lampu hias yang dijual di toko. Bahkan, kawan-kawan pun juga tak perlu memerlukan banyak biaya, hanya sedikit kreativitas saja, lampu hias untuk kamar tidur buatan kawan sendiri pun bakal siap menemani waktu istirahat sobat. Semakin penasaran kan sob?
lampu tidur dari barang bekas
Lampu Tidur dari Barang Bekas
Nah, terkait dengan topik mengenai cara membuat lampu hias untuk kamar tidur yang akan kita ulas kali ini, ada beberapa kreasi yang bisa dijadikan referensi buat kawan-kawan semua. Bahkan, beberapa kreasi lampu tidur yang terbuat dari barang bekas ini pun siap memberikan pencahayaan kamar agar tidur pun menjadi lebih nyenyak dan nyaman. Adapun cara membuat lampu tidur yang akan diulas kali ini terdiri dari berbagai macam kreasi yang bisa sobat tiru. Untuk lebih jelasnya, simak saja kreasinya di bawah ini!

1.     Lampu Tidur dari Kaleng Susu Bekas

Jika sobat memiliki banyak kaleng susu bekas, jangan dibuang dulu ya. Sebab, barang bekas yang satu ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat lampu hias untuk kamar tidur. Berikut langkah-langkahnya :

lampu tidur dari kaleng bekas
Lampu Tidur dari Kaleng Bekas

a. Bahan-bahan :

Pertama, siapkan sebuah kaleng susu bekas.

Siapkan juga rangkaian lampu LED.

Bor atau solder yang nantinya digunakan untuk melubangi kaleng bekas.

Siapkan pula cat pilok atau cat semprot untuk pewarnaan sesuai selera.

b. Langkah-langkah pembuatan :

Pertama-tama, bersihkan dulu kaleng susu bekas yang sudah dipersiapkan tadi lalu keringkan.

Jika dirasa sudah kering maka selanjutnya lubangi kaleng bekas tadi dengan menggunakan bor kecil atau solder pada setiap sisi dari kaleng dari bagian luarnya. Buatlah lubang yang teratur atau sesuai dengan selera masing-masing.

Jangan lupa juga buka penutup kaleng jika kaleng ada penutupnya.

Nah, untuk langkah berikutnya menginjak pada tahapan pewarnaan. Beri warna pada sisi kaleng bagian luar dengan cat semprot atau pilok yang sudah dipersiapkan tadi. Tunggu sampai cat benar-benar kering.

Menginjak pada langkah berikutnya, masukan rangkaian lampu LED ke dalam kaleng. Sobat bisa memasukkannya melalui lubang-lubang tadi. Atau, bisa juga kabel lampu LED ini dimasukkan dari atas kaleng. Yang perlu diingat yaitu colokannya di luar supaya bisa menyambung dengan stop kontak.

2. Lampu Tidur dari Sendok Plastik Berbentuk Nanas

Selain kaleng bekas, kawan-kawan juga bisa mengembangkan kreasinya dengan memanfaatkan sendok plastik sebagai bahan untuk membuat lampu hias berbentuk nanas. Berikut tutorialnya yang bisa sobat terapkan sendiri :

lampu tidur dari sendok plastik bekas
Lampu Tidur dari Sendok Plastik Bekas

a. Bahan-bahan :

Siapkan botol plastik bekas sebesar 1500 ml.

Persiapkan juga beberapa sendok plastik. Lebih banyak lebih baik.

Selain itu, tak ketinggalan juga persiapkan lampu kecil atau lampu LED yang sanggup memberikan pencahayaan yang maksimal.

Colokan listrik beserta kabel

Fitting lampu

Lem tembak/lem pipa.

b. Cara membuatnya :

Jika alat-alat sudah dipersiapkan, pertama potong-potonglah sendok plastik sehingga hanya tertinggal bagian sendok paling pangkal.

Baca Juga :  Kreasi Tempat Pensil Buatan Sendiri dari Barang Bekas yang Unik

Nah, menginjak langkah berikutnya, tempel pangkal sendok dengan posisi tengkurap pada setiap sisi dari botol plastik dengan menggunakan lem tembak atau lem pipa. Atur dan tata penempelan agar terlihat lebih rapi.

Apabila pangkal sendok ini sudah tertempel semua, diamkan dulu sekitar 10 menit sampai lem benar-benar kering dan merekat kuat supaya nanti tak mudah lepas.

Selanjutnya, buatlah lubang pada ujung botol dan sesuaikan lubang tersebut dengan ukuran fitting. Pastikan fitting lampu bisa masuk dan terpasang pas. Bila perlu, perkuat fitting dengan lem tembak agar tak mudah terlepas atau kendor. Diamkan sampai lem kering. Jangan lupa, fitting harus sudah tersambung dengan kabel dan colokannya.

Lampu tidur berbentuk nanas pun sudah jadi dan siap menemani istirahat malam sobat.

3.      Lampu Tidur dari Toples Bekas

Adapun teman-teman yang memiliki wadah atau toples bekas, jangan dibuang. Sebab, barang bekas yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat lampu tidur. Berikut langkah-langkahnya :

lampu tidur dari toples bekas
Lampu Tidur dari Toples Bekas

a. Bahan-bahan dan alatnya :

Pertama, siapkan lampu, kabel beserta soket. Dalam hal ini, disarankan menggunakan lampu LED agar cahaya yang dipancarkan lebih terang namun tak membuat mata silau.

Kemudian, siapkan juga toples bekas. Bentuk toples bekas bisa bermacam-macam namun kali ini Cara Craft menggunakan toples berbentuk kubus atau kotak persegi panjang.

Jangan lupa untuk mempersiapkan kertas kado, bisa yang polos atau bermotif sesuai selera sobat.

Dan yang terakhir, siapkan silet, lem dan gunting.

b. Langkah-langkah pembuatan :

Di awal proses, buatlah motif bintang pada kertas kado. Bisa juga dengan motif lain sesuai keinginan sobat. Ingat, ukuran kertas kado harus disesuaikan dengan ukuran dari toplesnya.

Kemudian, lubangi motif bintang pada kertas kado tersebut menggunakan silet atau gunting.

Nah, jika semua motif sudah terlubangi maka tempelkan kertas kado tersebut ke toples dengan menggunakan lem. Pastikan semua bagian tertutup rapat.

Menginjak pada tahapan selanjutnya, jangan lupa untuk melubangi bagian tutup toples sebagai jalan masuk kabel dan lampu yang sudah tersambung dengan fitting maupun kabel dan colokannya. Sesuaikan ukuran lubang tersebut dengan ukuran fitting.

Jika sudah, tutup toples yang sudah dihiasi tersebut dan lampu tidur dari toples bekas pun sudah jadi.

4. Lampu Tidur dari Kertas Mangkuk Kue Bekas

Untuk cara membuat lampu tidur selanjutnya yaitu dengan menggunakan kertas mangkuk kue bekas. Untuk langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut :

lampu tidur dari mangkuk kue kertas
Lampu Tidur dari Mangkuk Kue Kertas

a. Bahan-Bahan yang Diperlukan :

Pertama, sediakan kertas mangkuk kue bekas warna warni.

Siapkan juga gunting, alat pencunkil, paku dan palu.

Jangan lupa, sebagai sumber cahayanya siapkan rangkaian lampu LED.

b. Cara membuatnya :

Langkah awal dalam menerapkan cara membuat lampu tidur dari mangkuk kue bekas ini yaitu dengan menyusun konsep konstruksinya dulu di dinding kamar sobat. Sobat bisa menggunakan paku untuk membuatnya dengan menggunakan kabel lampu LED atau benang.

Jika sudah, buat kreasi pada kertas mangkuk kue dengan cara melipat atau menyusun sebuah bentuk yang sobat inginkan. Dalam hal ini, kawan-kawan bisa membuat bentuk bintang, bunga, snowflake, atau bentuk lain yang sesuai dengan keinginan sobat.

Jangan lupa, setelah hasil modifikasi kertas mangkuk kue tersebut selesai, buatlah sebuah lubang kecil sebagai jalan untuk memasukkan kabel dan lampu LED.

Baca Juga :  3 Peluang Usaha Bagi Anda yang Hobi Memasak

Kemudian, tata dan susun rangkaian lampu yang sudah sobat modifikasi atau susun sesuai keinginan. Lampu tidur dari kertas mangkuk kue bekas pun sudah jadi.

5. Lampu Tidur dari Kardus Bekas

Kardus bekas yang sudah tak terpakai jangan langsung dibuang. Pasalnya, barang bekas berupa kardus ini pun juga bisa digunakan untuk membuat lampu hias untuk kamar tidur. Berikut di bawah ini langkah-langkah membuatnya :

lampu tidur dari kardus bekas
Lampu Tidur dari Kardus Bekas

a. Bahan-bahan dan alat :

Kardus bekas ukuran apa saja.

Cat semprot atau pilox

Lem tembak.

Lampu, kabel, beserta fitting

Siapkan juga penggaris, pensil, dan cutter.

b. Langkah-langkah pembuatannya :

Siapkan kardus bekas tadi dan potonglah dengan ukuran 60 cm x 20 cm.

Kemudian, berikan warna pada salah satu sisi dari karduse yang sudah dipotong tadi menggunakan cat semprot atau pilox. Sobat bisa menggunakan warna apa saja sesuai selera. Yang penting, jika pewarnaan sudah merata, diamkan sampai kering.

Jika sudah, buatlah tanda pada sisi panjang kardus yang tak dicat tadi menjadi 5 bagian sehingga membentuk segi lima. Lalu, garis dengan menggunakan cutter pada bagian yang sudah ditandai tadi, namun ingat jangan sampai kardusnya terpotong. Hal ini dilakukan agar nantinya kardus bisa dilipat menjadi segi lima sama sisi.

Menginjak pada tahapan berikutnya, potong kardus tersebut seacara memanjang menjadi 7 bagian. Tiap bagian dibuat dengan ukuran panjang 60 cm dan lebarnya 3 cm.

Nah, tahapan berikutnya buatlah potongan-potongan kardus tadi menjadi segi lima dan setiap sisi yang sudah dicat tadi berada di dalam. Bagian yang dicat warna tadi sebagai frame lampu untuk menghasilkan cahaya sesuai dengan warna catnya.

Lalu, susunlah tujuh kardus tersebut dan tempel dengan menggunakan lem.

Melangkah pada tahapan selanjutnya, kini saatnya membuat bagian atas dari kap lampu tersebut. Caranya, yang pertama potong lah kardus hingga membentuk segi lima sama sisi di mana panjang dari setiap sisinya dibuat dengan ukuran 12 cm. Sobat juga bisa menyesuaikannya dengan potongan pada frame yang sudah dibuat tadi. Nah, agar lebih mudah, kawan-kawan bisa membuatnya dengan menjiplak ukuran frame segi lima sama sisi yang sudah dibuat dengan menaruhnya di atas kardus lalu potong dengan cutter.

Lalu, buat lubang fitting pada bagian atas dari kap lampu tersebut dengan posisi center atau berada di tengah-tengah. Rekatkan fitting dengan lem agar tak lepas.

Tahapan terakhir, susun dan gabungkan frame 7 susun tadi dengan bagian atas kap lampu. Sobat bisa menggunakan lem untuk merekatkannya.

Setelah kelima cara membuat lampu tidur dari barang bekas di atas sobat pahami, tentu bisa dipilih salah satu sesuai selera. Di sisi lain, dengan mengetahui beberapa langkah unik membuat lampu tidur di atas, kawan-kawan juga bisa mengembangkan kreasi dari kelima cara di atas sesuai ide dan kreativitas yang sobat miliki. Tentu saja, dengan menerapkan beberapa langkah dari cara-cara pembuatan lampu hias untuk kamar tidur di atas bisa dijadikan sebagai acuan buat teman-teman semua untuk berekspresi merancang lampu hias sendiri. Demikian tips yang Cara Craft bagikan dan semoga tutorial mengenai cara membuat lampu tidur dari barang bekas di atas bisa memberikan inspirasi bagi teman-teman. Sampai jumpa.