6 Ide Kerajinan Tangan dari Kain Flanel yang Unik dan Cara Membuatnya


Hai kawan! Kali ini, Cara Craft akan berbagi informasi menarik seputar ide kerajinan tangan dari kain flanel. Topik ini dipilih mengingat kain flanel merupakan bahan yang sederhana namun efisien dan luwes untuk membuat kerajinan tangan yang menarik. Hal itu tak lepas dari karakteristik kain flanel itu sendiri yang memiliki tekstur lembut dengan ragam warna unik serta mudah untuk dibentuk pola. Maka dari itu, dengan memanfaatkan kain flanel tentunya sobat pun bisa menerapkan ide kreasi untuk membuat barang-barang kerajinan bagus yang memiliki nilai jual. Cukup menarik bukan? Tak hanya itu saja, beberapa ide kreatif kerajinan tangan berbahan kain flanel yang akan kita bahas kali ini pun juga terbilang cukup mudah dilakukan sehingga kawan-kawan bisa mencobanya sendiri di rumah. Dengan demikian, tak heran jika saat ini kreasi kerajinan tangan dari kain flanel sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak bahan yang paling sering digunakan ketika ingin membuat suatu kerajinan tangan. Lantas, kira-kira apa saja sih ide kerajinan tangan dari kain flanel itu?
kerajinan dari kain flanel
Kerajinan dari Kain Flanel
Dipilihnya topik tentang berbagai ide kreatif kerajinan tangan dari kain flanel yang akan kita ulas kali ini, tampaknya juga tak lepas dari hasil kerajinan yang lebih beragam. Beberapa di antaranya seperti tas selempang, dompet, boneka, gantungan kunci, bros, tempat pensil, sepatu lucu untuk anak, dan masih banyak lagi. Selain itu, kain flanel ini pun juga sangat mudah didapatkan mengingat kawan-kawan bisa membelinya di toko-toko kain terdekat dengan harga yang cukup terjangkau. Sehingga, wajar jika banyak sekali para pengrajin yang menggunakan kain flanel ini sebagai bahan pembuat kreasi kerajinan tangan. Nah, bagi kawan-kawan yang sudah tak sabar, yuk kita simak saja ulasan tentang ragam ide kreatif kerajinan tangan dari kain flanel yang tersaji pada beberapa segmen di bawah ini.

1. Tas Wanita dari Kain Flanel

Kain flanel pun bisa dibuat menjadi sebuah tas unik dan lucu. Bahkan, tas buatan sendiri berbahan kain flanel ini pun juga tak kalah menariknya dengan tas bermerk yang dijual di mall. Sehingga, dengan berbekal kreativitas dan imajinasi tinggi, kain flanel pun bisa dibuat menjadi sebuah tas wanita yang cukup unik.

kerajinan tas wanita dari kain flanel
Kerajinan Tas Wanita dari Kain Flanel

Di sisi lain, berikut alat dan bahan yang perlu dipersiapkan serta cara membuatnya. Pertama, kita persiapkan dulu alat dan bahannya :

Dua lembar kain flanel dengan warna yang sesuai keinginan atau selera

Benang

Dua buah tali sabuk sebagai tali untuk strap tas

Lem tembak

Gunting atau Rotary Cutter, jarum, penggaris dan pensil

Jika sudah maka kita lanjut pada langkah membuat tas dari kain flanel :

Di langkah awal ini, siapkan pola tas dengan pensil menggunakan kertas sesuai selera. Nah, dalam hal ini, buatlah 4 bagian pola, yaitu untu sisi samping, depan, dan belakang.

Jika pola sudah jadi maka selanjutnya guntinglah pola awal yang dibuat tadi. Kemudian, bentuk pola tersebut sehingga menjadi sebuah sample tas contoh. Dari situ, sobat memiliki gambaran bagaimana nantinya bentuk tas yang akan dibuat. Nah, beranjak pada langkah berikutnya, buatlah kembali pola tadi pada kain flanel dengan ukuran tinggi 18 inci. Perlu diingat bahwa untuk membuatnya, sobat harus menyesuaikan panjang kedua sisi, bagian depan dan belakang tasnya. Di mana, pada bagian sisi tegaknya, potong kain flanel dengan ukuran 18 inci. Akan tetapi, perlu diingat bahwa pada sisi depan dan belakangnya, tambahkan ukurannya 5 inci di bagian bawah yang nantinya digunakan untuk menyatukan bagian alas dari tas.

Apabila pola sudah terbentuk maka potonglah kain flanel tersebut sesuai bentuk pola dengan hati-hati. Jangan sampai merubah ukuran pola ya. Maka dari itu, akan sangat lebih baik jika dipotong dengan menggunakan rotary cutter supaya hasil potongannya rapi.

Setelah pola desain pada kain flanel sudah terpotong maka langkah berikutnya yaitu mempersiapkan strap tas dengan dua buah sabuk yang buah sabuk yang sudah dipersiapkan tadi. Nah, untuk caranya potong bagian locking atau pengait sabuknya.

Selanjutnya, jika pengait sabuk atau locking sibuknya sudah terpotong maka buatlah kantung dan strap pada tas kain flanel yang akan kita buat dengan dijahit. Untuk bentuk dari kantung tas kain flanel, kali ini kita akan menggunakan bentuk melingkar yang tidak memiliki sudut. Untuk membentuk sudut tumpul yang melingkar, sobat bisa menggunakan media selotip yang berbentuk lingkaran.

Peru diketahui bahwa pada setiap sisi sabuk yang memiliki titik, kita menjahitnya di bagian agak kebawah dari satu sisi yang sebelumnya, dan di arah berlawanan dari yang sebelumnya. kemudian, jahitlah potongan dari kantung tersebut pada bagian depan tas kain flanel dengan posisi sedikit menjorok ke atas. Lalu jahitlah satu sisi dari sabuk tersebut di bagian atas tas.

Pada bagian sabuk yang telah dibuat titik tai, jahitlah bagian bawah dari satu sisi yang sebelumnya dengan arah jahitan secara berlawanan dari yang sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk membentuk pola strap tas dengan satu bagian dijahit secara berlawanan dari arah lain di mana poisisina sedikit berada ke bawah dari letak jahitan pada strap yang pertama.

Berikutnya, jahit beberapa baris untuk menyatukan antara sabuk dengan tas kain flanel yang akan dibuat.

Jika sudah, jahit cover starp tas kain flanel dengan cara membuat dua buah potongan kain flanel kecil untuk digunakan sebagai penutup dari jahitan sebelumnya. Di mana, untuk posisinya pada satu bagian untuk sisi strap yang ada di bawah, sebagian lainnya digunakan untuk jahitan bagian atas pada tas kain flanel.

Menginjak pada langkah berikutnya, kita akan membentuk dan memperkuat bagian alas dengan jahitan. Caranya, lipat kain flanel yang telah ditandai sampai kedua sisinya bertemu, lipat secara hati-hati lalu jahitlah pada bagian kecil di samping dari bagian yang bertemu tersebut. Apabila memang dirasa perlu maka sobat bisa melebihkannya sedikit pada bagian pertemuan 1 inch alasnya. 

Baca Juga :  Cara Membuat Tas dari Kain Perca dengan Mudah Tanpa Mesin Jahit

Lalu, jangan lupa untuk mempersiapkan 2 sheet kain flanel dengan ukuran yang tepat dan sesuai dengan alas dari tas yang telah dibuat, kemudian jahit dan rapikan setiap sisi pinggir yang tersisa.

Jika sebagian alas dari tas kain flanel sudah berhasil dijahit dan diperkuat maka untuk menginjak pada langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melanjutkannya ke sisi yang kedua, yaitu dengan cara menjahitnya juga.

Beranjak ke langkah berikutnya, yaitu menggunakan kancing klik untuk menyatukan kedua sisinya. Namun, yang perlu dicatat bahwa untuk ukuran jarak antara kancing-nya, kita memberikan jarak sejauh 2 inch per kancing, jadi total kancing yang akan digunakan yaitu 9 kancing. Nah, kini tas dari kain flanel buatanmu pun sudah jadi dan siap untuk digunakan.

2. Sepatu Bayi dari Kain Flanel

Selain sebagai tas, kain flanel pun juga bisa digunakan untuk membuat kerajinan berupa sepatu bayi yang unik dan lucu. Bahkan, hasil dari kreasi sepatu bayi buatan sendiri ini pun juga tak kalah menarik dengan beberapa sepatu yang dijual di toko-toko. Berikut langkah-langkah pembuatan beserta ala dan bahannya.

kerajinan sepatu bayi dari kain flanel
Kerajinan Sepatu Bayi dari Kain Flanel

Alat dan bahan untuk membuat sepatu bayi dari kain flanel, antara lain :

Siapkan kain flanel berukuran 25 atau 30 cm dengan variasi warna sesuai keinginan.

Sediakan juga benang sulam warna merah sebanyak 3 roll.

Karet elastis, jarum pentul, dan jarum jahit serta jarum pentul.

Sertakan juga lem, gunting, dan cutter.

Cara membuat sepatu bayi dari kain flanel :

Pertama, buatlah pola langsung pada kain flanel. Untuk bentuk atau desain pola yang akan kita huta kali ini yaitu pola untuk anak usia 3 bulan. Di mana, untuk ukurannya memiliki panjang 4 inci. Buatlah pola untuk alas dan untuk penutupnya. Selain itu, berikan titik pada bagian tengah sebagai tanda.

Selanjutnya, gunting pola yang sudah dipersiapkan tadi beserta karet elastis sepanjang 1 inci dengan jumlah 2 potong saja.

Kemudian, satukan kain flanel untu alas dan penutupnya dengan menggunakan jarum pentul pada tanda titik yang sudah dibuat sebelumnya. Jangan lupa posisikan bagian alasnya di bawah sementara untuk bagian penutupnya berada di atas. Lakukan hal serupa pada sepatu pasangannya.

Jika suda, lipatlah bagian penutupnya dengan secara menyilang sampai alas dan penutupnya presisi. Kunci dengan jarum pentul agar tidak bergerak. Ingat, jarum pentul di sini digunakan sebagai perekat atau kunci sementara.

Menginjak tahapan selanjutnya, siapkan jarum dan benang kurang lebih sepanjang 46 inchi. Jahit antara bagian alas dan bagian penutup dengan menggunakan tusuk feston. Perlu diingat dan dipahami bahwa untuk area jahatnya usahakan pas dengan ukuran sekitar ¼ inci saja.

Lakukan penjahitan hingga setiap sisinya menyatu kemudian gunting benangnya dan rapikan.

Apabila sudah, langkah berikutnya yaitu masukan karet elastis pada bagian dalam sepatu dan jahit dengan tusuk silang kanan kiri di bagian penutup. Lakukan hal serupa ini pada sisi sepatu di bagian lainnya. Cukup mudah kan?

3. Bros Cantik dan Unik dari Kain Flanel

Untuk membuat tampilan bagi para kaum hawa yang mengenakan hijab, tampaknya bros buatan sendiri dari kain flanel ini bisa menjadi opsi menarik. Pasalnya, tanpa perlu membelinya pun kawan-kawan bisa menggunakan kain flanel untuk membuat bros. Nah, kali ini Cara Craft akan berbagi tips tutorial mengenai cara membuat bros dari kain flanel berbentuk pita.

bros pita dari kain flanel
Bros Pita dari Kain Flanel

Alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain :

Persiapkan kain flanel dengan warna sesuai selera. Namun, di sini kita akan menggunakan kain flanel berwarna biru yang dijadikan sebagai bahan utama dalam membuat bros pita.

Kemudian, siapkan kain flanel dengan warna kuning yang nantinya akan memberikan variasi warna bros

Jangan lupa juga sediakan benang jahit biru muda yang nantinya digunakan untuk menjahit ayau merangkai kain flanel.

Peniti 1 buah saja

Media pembakar lem atau glue gun dan lem bakarnya

Gunting dan satu buah penggaris serta pensil.

Cara membuat bros dari kain flanel :

Di langkah pertama, buatlah pila pada kertas atau bisa juga langsung pada kain flanel berwarna biru yang berukuran 5 x 3 cm. Kemudian, buatlah pola bentuk lagi dengan ukuran 3 x 1 cm. Jika sudah, gunting kedua pola tersebut mengikuti alur agar tak merubah ukuran.

Lanjut, buatlah pola lagi pada kain flanel yang berwarna kuning dengan ukuran 4 x 2 cm. Guntinglah pola tersebut.

Jika semua pola sudah digunting maka berikutnya kita tinggal merangkai beberapa pola tersebut untuk nantinya dibuat menjadi bros.

Untuk membuat bros, susun kain dengan susunan kain warna kuning di atas dan kain warna birunya berada di bawah lalu lipatlah bagian belakang kain sehingga membentuk sebuah pita.

Nah, pada tahapan selanjutnya, yang harus dilakukan yaitu kunci bagian yang baru saja dilipat tersebut dengan menggunakan benang biru. Jahitlah.

Kemudian, guna menutup bagian bros yang tampak masih acak-acakan dari bekas jahitan maka sobat bisa menggunakan pola dari kain flanel warna biru. Caranya yaitu dengan melilitkan pola tersebut. Sobat bisa menggunakan lem bakar untuk merekatkannya.

Menginjak pada langkah terakhir, rapikan setiap ujung bros.

4. Sarung Handphone dari Kain Flanel

Di sisi lain, salah satu ide kerajinan tangan dari kain flanel yang bisa sobat coba yaitu sarung handphone. Ide kreatif ini memang cukup unik untuk dicoba mengingat akan sangat berguna sebagai kantong untuk menyimpan handphone. Tak hanya itu saja, sarung handphone ini pun bisa dijadikan sebagai bisnis yang memiliki nilai jual. Berikut beberapa alat, bahan serta cara membuatnya.

Baca Juga :  26+ Kerajinan dari Botol Plastik Bekas yang Mudah Sederhana
sarung handphone dari kain flanel
Sarung Handphone dari Kain Flanel

Alat beserta bahan membuat sarung handphone :

3 lembar kain flanel dengan warna berbeda. Di sini, kita akan menggunakan warna hitam, biru muda, dan biru tua.

Benang satu roll.

Kertas karton satu lembar dan lem. Gunakan lem aibon.

Jangan lupa siapkan juga gunting, jarum, dan pensil.

Cara membuat sarung handphone dari kain flanel :

Di langkah awal ini, buatlah sebuah pola gambar pada kertas yang membentuk handphone. Ukuran dilebihkan sekitar 3 cm sebagai tempat untuk dijahit.

Jika sudah, guntinglah pola gambar pada kertas tadi kemudian gambarlah pola tersebut pada kain 2 flanel sesuai dengan ukuran dari pola yang digambar pada kertas tadi.

Untuk hiasan, buatlah sebuah gambar pola bunga pada kertas. Lalu, gunting dengan hati-hati.

Kemudian buatlah pola bunga tersebut pada dua kain flanel yang warnanya berbeda kemudian guntinglah.

Selanjutnya, tempelkan aksesoris pola bunga pada sarung kain flanel yang sudah digunting tadi dan gabungkan menjadi satu secara susun untuk memberikan kesan pola bunga mekar.

Berikutnya, rajut sarung handphone dari kain flanel tersebut dengan mengunakan jarum dan benang. Namun, sobat harus memastikan bahwa hiasan bunga tadi harus benar-benar sudah tertempel kuat.

Tahapan selanjutnya, rajut juga bagian dalam sarung handphone tersebut.

5. Dompet Mini dari Kain Flanel

Sebagian orang tentu tak mengira juga bahwa kerajinan tangan dari kain flanel pun bisa dikembangkan pula untuk membuat dompet. Maka, tak salah jika saat ini pun banyak para pengrajin yang memanfaatkan kain flanel ini sebagai bahan membuat dompet untuk dijadikan usaha bisnis.

dompet dari kain flanel
Dompet dari Kain Flanel

Alat dan Bahan :

Siapkan kain flanel satu lembar.

Pensil.

Kertas HVS. Sobat juga bisa menggunakan kertas lain.

Gunting atau cutter.

Kancing baju.

Jarum jahit atau tusuk festoon.

Lilin.

Lem bakar atau Glue Gun.

Benang sulam.

Cara membuat dompet dari kain flanel :

Rancanglah sebuah pola dompet beserta pola hiasan pada kertas. Pola dibentuk sesuai keingingan, yang penting polanya untuk membuat dompet. Jika sudah, potong pola tersebut dengan gunting.

Pilihlah warna kain flanel sesuai selera.

Jika sudah dipilih maka gambarlah pola dari kertas tadi pada kain flanel. Lalu, guntinglah pola pada kain flanel tersebut.

Kemudian, jahit tepi kainnya dengan menggunakan tusuk festoon secara menyeluruh.

Menginjak pada tahapan selanjutnya, jahit kancingnya sebagai penutup.

Nah, beranjak ke langkah berikutnya, buatlah lubang pada penutup untuk memasang kancing. Sobat bisa menggunakan cutter yang sudah dipersiapkan.

Lalu, tempel hiasan dengan menggunakan lem bakar atau glue gun.

Rapikan jika ada jahitan yang acak-acakan dan dompet mini dari kain flanel pun sudah jadi.

6. Tempat Pensil dari Kain Flanel

Jika sobat ingin memiliki tempat pensil yang sesuai dengan selera maka kawan-kawan bisa menggunakan kain flanel sebagai bahan untuk membuat tempat pensil. Dengan membuat sendiri, tentu kawan-kawan bisa menentukan sendiri ukuran yang pas serta bentuk maupun warna yang sesuai selera. Tentunya, dengan langkah-langkah yang mudah.

tempat pensil dari kain flanel
Tempat Pensil dari Kain Flanel

Alat dan bahan :

Siapkan segulung kain flanel dengan pilihan warna yang sesuai keinginan atau selera masing-masing.

Siapkan juga kancing dengan bentuk yang besar. Bisa juga menggunakan kancing yang sesuai selera.

Gunting dan jarum jahit.

Kain pita sepanjang 30 cm.

Benang yang warnanya sesuai dengan warna kain flanel yang dipilih.

Cara membuat tempat pensil dari kain flanel :

Kali ini, kita akan buat polanya terlebih dahulu. Untuk pembuatan polanya, buatlah pola pada kain pertama yang lebarnya 12 cm. Sedangkan untuk panjangnya, sobat bisa menyesuaikan panjangnya dengan ukuran pensil dengan tambahan beberapa cm. Selain itu, buatlah satu pola lagi pada kain ke dua dengan lebar yang sama namun panjangnya dilebihkan sekitar 10 cm dari panjang pada kain yang pertama.

Jika sudah, guntinglah sesuai dengan ukuran yang sudah dibuat sebelumnya.

Nah, apabila sudah ada dua ukuran kain yang berbeda kini waktunya untuk menggabungkan kedua kain tersebut dengan cara dijahit. Jahitlah semua pinggiran pada sisi kedua kain tersebut secara jelujur supaya lebih mudah dan kuat. Namun, pada bagian atas kain jangan dijahit dulu ya sob mengingat nanti akan dijadikan sebagai tempat keluar masuk alat tulisnya.

Apabila jahitan pada sisi kedua kain sudah selesai maka pasang pengaitnya yang nanti digunakan untuk mengunci tempat pensilnya. Untuk pemasangannya, posisikan kancing pada kain yang lebih pendek, yaitu pada kain pertama dengan letak berada di bagian tengah atas.

Untuk memberikan pasangan pengait kancing yang sudah dipasang maka sobat bisa menggunakan pita. Pita ini digunakan agar nantinya tempat pensil lebih mudah dibuka atau ditutup dengan cara melingkarkan pita pada sekeliling kancing. Jahitlah pita tersebut pada bagian atas belakang dari kain flanel yang lebih panjang, (kain ke dua). Bisa juga sobat menggunakan lem untuk memasang pita di bagian kain yang sudah ditentukan.

Mengetahui beberapa ide kerajinan dari kain flanel di atas, pastinya kawan-kawan bisa menerapkan beberapa ide di atas untuk dijadikan barang kerajinan yang unik dan menarik. Di samping itu, tentu teman-teman sudah bisa memiliki gambaran sendiri untuk mengembangkan kreasi kerajinan berbahan kain flanel. Tampaknya, sampai di sini dulu ulasan mengenai 6 ide kerajinan dari kain flanel beserta cara pembuatannya yang telah kita bahas di atas. Selamat mencoba.