Cara ampuh menghilangkan jerawat

Siapa saja pasti merasa terganggu jika memiliki jerawat. Masalah kulit yang satu ini bahkan sering membuat kita jadi tidak percaya diri. Untuk mengatasinya butuh cara mengobati jerawat dengan tepat agar tidak meninggalkan bekasnya. Buat Kamu yang sedang tidak percaya diri karena punya jerawat, coba baca artikel ini sampai akhir!

Apa itu jerawat dan penyebabnya?

png image from pngtree.com/
Cara ampuh mengobati jerawat

Jerawat adalah suatu kondisi yang terjadi pada kulit wajah yang ditandai dengan adanya benjolan merah meradang dan bersisik pada permukaan kulit. Jerawat dapat bersifat ringan, sedang atau parah. Jerawat ringan dapat digambarkan sebagai beberapa bintil kecil dan benjolan merah, sedangkan jerawat sedang dan parah melingkupi bagian yang lebih luas pada wajah, leher, punggung dan dada.

seorang peneliti ternama di dunia berpendapat mengenai jerawat,”Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.” Salah satu penyebabnya adalah rindu dengan seseorang. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah stress, pemakaian pil KB, masa menstruasi, kehamilan, terjadi sumbatan pada folikel rambut, terdapat bakteri Propionibacterium acnes dan banyak hal lainnya yang menjadi penyebab jerawat.

Cara Mengobati jerawat

Jerawat bisa dihilangkan dengan berbagai macam cara. Namun jika Kamu berada pada kondisi darurat dan perlu meminimalkan jerawat secepat mungkin, cobalah beberapa langkah di bawah ini.

Benzoil Peroksida

Selama bertahun-tahun, benzoil peroksida telah digunakan sebagai pengobatan yang efektif untuk jerawat baik kategori ringan maupun sedang. Benzoil peroksida berfungsi untuk membasmi bakteri yang menyebabkan jerawat dan mengupas lapisan kulit mati, sehingga kulit akan diperbaharui menjadi tampak cerah dan muda kembali. Meski dinilai cukup efektif melawan jerawat, terdapat beberapa efek samping dalam penggunaan benzoil peroksida. Berikut adalah beberapa diantaranya :

  • Kulit kering
  • Iritasi
  • Kemerahan pada kulit
  • Kulit mengupas
  • Peradangan
  • Nyeri

Banyak orang mengalami alergi terhadap benzoil peroksida. Jadi, jika kamu hendak menggunakannya untuk pertama kalinya, coba dulu usapkan sedikit pada lengan selama 2 sampai 4 hari. Jika ternyata tidak terjadi alergi, maka krim benzoil peroksida bisa digunakan pada wajah.

Asam salisilat

Asam salisilat (asam ortohidroksibenzoat) merupakan asam yang bersifat iritan lokal, yang dapat digunakan secara topikal seperti krim, gel, salep, larutan, dan sabun. Senyawa aktif tersebut secara umum bermanfaat untuk mengobati jerawat, kutil, psoriasis dan gangguan kulit lainnya.

Manfaat Asam Salisilat

Banyak sekali manfaat asam salisilat, terutama dalam mengobati permasalahan kulit. Beberapa permasalahan kulit yang dapat diatasi oleh senyawa ini, antara lain:

  • Mengobati Jerawat
  • Ketombe
  • Mengangkat sel-sel kulit mati
  • Mengatasi Peradangan pada kulit
  • Membersihkan pori-pori
  • Mengatasi mata ikan dan kutil
  • Melembabkan kulit kering
  • Pengobatan psoriasis
  • Pengobatan eksim
  • Mengatasi dermatitis seboroik dan iktiosis
Baca Juga :  Tak Tunda Kehamilan Tapi Suami Selalu Pakai Kondom? Bisa Jadi Ini Sebabnya

Efek Samping

Terdapat beberapa efek samping yang dapat timbul akibat penggunaan obat ini. Gejala efek samping yang dimaksud yaitu:

  • Sakit kepala
  • Suara berdenging pada telinga
  • Iritasi pada jaringan kulit
  • Sensasi terbakar pada kulit

Garam laut

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang banyak dikeluhkan, cara alternatif yang bisa kamu coba untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan air garam.

Air garam mengandung antibakteri dan astringen alami. Nantinya pori-pori di wajah kamu akan lebih kencang, mengurangi produksi minyak yang berlebih, serta melawan bakteri. Dengan begitu, permasalahan jerawat di wajah pun bisa diatasi.

Campurkan satu sendok teh garam laut dengan dua sendok makan air hangat. Gunakan kapas atau cotton bud untuk mengoleskan air garam langsung pada jerawat. Jangan membilasnya. Garam laut akan membunuh bakteri dan mengeringkan jerawat.

Tea tree oil

Sebuah penelitian menemukan bahwa tea tree oil memiliki kandungan yang sama efektifnya dengan zat benzoil peroksida yang banyak digunakan untuk mengobati jerawat. Bedanya, pada kandungan minyak pohoh teh, tidak ditemukan efek samping seperti kulit yang memerah, kering, bahkan mengelupas ketika digunakan.

Tea tree oil adalah minyak esensial anti bakteri yang dapat membasmi mikroba yang mulai bersarang di dalam pori-pori kulit dan memiliki sifat anti radang yang dapat mengurangi kemerahan dan ukuran jerawat, sehingga menjadi reda dan tidak jelas terlihat.

Cara menggunakannya cukup basahi kapas dengan sedikit tea tree oil, lalu oleskan pada jerawat sesuai kebutuhan, sambil memastikan bahwa kamu tidak perlu mengoleskannya terlalu banyak ya.

Aspirin

Aspirin adalah obat turunan dari salisilat yang bersifat analgesik untuk membantu mengatasi rasa nyeri dan anti inflamasi untuk peradangan. Biasanya Aspirin digunakan sebagai obat nyeri.

Ternyata, Aspirin juga bisa digunakan untuk masker wajah untuk membantu menghilangkan kemerahan dan peradangan yang diakibatkan oleh jerawat. Kandungan asam salisilat dalam Aspirin akan berfungsi mempercepat pergantian sel dan membuka pori-pori wajah untuk meningkatkan produksi kolagen. 

Kolagen berfungsi untuk menghaluskan kulit wajah. Penggunaan masker Aspirin juga dapat menghilangkan bekas-bekas luka yang biasanya muncul karena pengelupasan kulit setelah melakukan scrubbing wajah.  

Cara menggunakan aspirin sebagai obat jerawat, pertama-tama hancurkan tablet aspirin, lalu tambahkan air secukupnya hingga bubuk aspirin membentuk tekstur pasta. Dengan kapas, oleskan pasta aspirin pada jerawat hingga membentuk lapisan tipis. Pastikan bahwa jerawat benar-benar tertutupi oleh pasta aspirin, lalu biarkan hingga kering. Biarkan pasta aspirin bekerja melawan jerawat selama satu malam.

Baca Juga :  Nyeri Tulang Saat Udara Dingin

Astringen

Astringent merupakan produk skin care dengan bahan dasar air yang memiliki kandungan sejenis alkohol yang cukup kuat. Namun, sebenarnya tidak semua astringent memiliki kandungan alkohol. 

Untuk kamu yang pemilik kulit kering, tidak dianjurkan untuk menggunakan produk perawatan wajah satu ini ya. Sebab, produk ini bisa membuat kulit menjadi semakin kering, bahkan mengalami iritasi. 

Berikut adalah beberapa jenis astringen yang dapat Kamu gunakan:

Astringen yang dijual bebas di toko

Petri Oeschger / Getty Images

Ada banyak jenis dan ukuran astringen yang dijual. Temukan astringen yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Katakan kepada petugas toko bahwa Kamu membutuhkan astringen yang tidak terlalu keras untuk kulit.

Astringen alami

Beberapa contohnya adalah:

  • Lemon : Iris lemon, lalu usapkan pada area kulit kamu yang berjerawat. Setelah itu, gunakan toner untuk menyeimbangkan PH pada kulit kamu.
  • Kulit pisang : Dapat bermanfaat dalam mengurangi ukuran jerawat. Cukup usapkan kulit pisang pada area kulit yang berjerawat.
  • Witch hazel : Salah satu jenis astringen lain yang juga bagus dan banyak digunakan. Oleskan sedikit witch hazel pada area kulit yang berjerawat, lalu biarkan hingga kering.
  • Teh hijau : Celupkan kantung teh hijau ke dalam air panas, lalu keluarkan kantung, kemudian letakkan pada area kulit yang berjerawat selama beberapa saat.

Es Batu

Es batu dapat mengurangi pembengkakan akibat jerawat secara langsung. , kamu bisa menempelkan es batu secara langsung atau dapat melapisinya menggunakan kain kasa atau handuk tipis. Hal ini dikarenakan darah pada area kulit yang ditempeli dengan es batu akan melambat.

Obat Tetes Mata

Obat tetes mata ini ternyata bermanfaat juga untuk mengurangi kemerahan dan iritasi pada jerawat. Bubuhkan obat tetes pada kapas, lalu oleskan secukupnya pada jerawat. Akan lebih baik lagi jika sebelum dioleskan pada jerawat, kapas yang telah dibasahi tetes mata disimpan di kulkas terlebih dahulu karena suhu dingin bisa meredakan radang pada jerawat.

Tips agar jerawat tidak muncul kembali

Supaya usahamu menghilangkan jerawat tidak sia-sia, maka kamu harus melakukan perawatan secara rutin ya. Kamu tentu tidak mau nantinya jerawat akan muncul kembali kan, berikut ini ada cara mencegah jerawat agar tidak datang lagi :

  • Rutin membersihkan wajah
  • Hindari make up berlebih
  • Rajin olahraga
  • Mengatur pola makan sehat

Kesimpulan

Kami telah memberikan berbagai cara untuk mengatasi permasalahan jerawat kamu. Apakah kamu sudah memenentukan mau menggunakan cara yang mana? Selamat mencoba! Jangan lupa untuk selalu merawat kulit agar tetap sehat dan tidak timbul jerawat lagi.