6 Hal Penting Sebelum Memulai Bisnis Coffee Shop


Siapa yang suka banget minum kopi? Sejak dulu hingga sekarang kopi memang jadi salah satu jenis minuman yang paling banyak digemari masyarakat di Indonesia, khususnya. Sebab itu, kini ada banyak sekali pelaku bisnis di Indonesia yang mulai menjalankan bisnis kopi, baik itu dari kedai kopi tradisional atau pun cafe modern.

Perlu Anda tahu nih bahwa, jenis bisnis kedai kopi, atau yang lebih kerennya lagi disebut dengan coffee shop merupakan peluang bisnis yang paling menjanjikan. So, layak banget untuk Anda jalankan.

Akan tetapi untuk bisa sukses dalam menjalankan bisnis coffee shop tersebut pastinya juga tak boleh dikerjakan secara sembarangan. Anda harus bisa mengelola dan mengembangkan usaha coffee shop ini dengan baik.

Bisnis Coffee Shop

Persiapan Sebelum Memulai Bisnis Coffee Shop

Nah, agar Anda lebih mudah dalam menjalankan bisnis coffes shop, berikut akan kami informasikan kepada Anda tentang beberapa hal yang penting sekali untuk Anda perhatikan sebelum memulai menjalankan jenis bisnis ini.

Apa saja? Langsung simak ulasan selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Memastikan Anda memiliki modal yang cukup

Apapun jenis bisnisnya, modal memang jadi salah satu hal paling penting yang harus Anda pikirkan sebelum memulai bisnis tersebut.

Nah, untuk menjalankan jenis bisnis coffee shop ini dibutuhkan modal sekitar Rp 1 jutaan. Namun pada dasarnya modal berbisnis tergantung dari bisnis yang akan Anda jalankan.

Untuk modal usaha coffee shop Rp 1 juta rupiah tersebut, Anda sudah bisa menggunakan alat racik manual yang sederhana dan bahan baku yang dibutuhkan.

Penting sekali untuk Anda tahu bahwa, dikarenakan Anda baru memulai sebuah bisnis, kami sarankan sekali agar Anda memulai bisnis ini dengan sederhana saja, jangan pernah memaksakan diri untuk buat kedai atau cafe kopi yang mewah. Anda tetap harus melihat kemampuan Anda.

Baca Juga :  7 Cara Cerdas untuk Mendapatkan Modal Bisnis

2. Menentukan target konsumen

Hal penting lainnya yang juga harus Anda perhatikan pada saat ingin menjalankan bisnis coffee shop adalah menentukan siapa target yang cocok dengan jenis bisnis tersebut.

Jika Anda sudah menentukan target konsumennya, langkah selanjutnya adalah dengan mulai menganalisanya, kira–kira berapa penghasilan yang akan diperoleh nantinya, apa pendapat konsumen mengenai citra rasa kopi yang Anda buat, dan apa pekerjaan mereka?

Penting sekali bagi Anda untuk memahami konsumen dengan baik, sebab yang demikian tersebut juga termasuk sebagai salah satu strategi bisnis yang tepat, karena Anda nanti akan bisa menentukan lokasi bisnis, desain coffee shop dan harga yang pas.

3. Silakan cari supplier terpercaya

Pada saat Anda mencari supplier, pastinya juga harus disesuaikan pula dengan target konsumen yang sudah Anda tentukan di awal. Sebagai contoh, Anda menentukan target konsumen Anda adalah kalangan kelas menengah kebawah, itu artinya Anda bisa cari supplier dengan sangat mudah di pasaran.

Namun, apabila target konsumen Anda kelas menengah keatas yang biasanya lebih mementingkan citra rasa dibandingkan harga yang ditawarkan, maka harus mencari supplier kopi dengan kualitas terbaik. Jadi, silakan coba cari pemasok kopi yang dapat memberikan kualitas baik dengan harga yang wajar.

4. Membuat konsep bisnis yang menarik

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis coffee shop adalah membuat konsep bisnis semenarik mungkin, tujuannya adalah untuk bisa menghindari persaingan bisnis. Selain hal tersebut, yang demikian ini juga bertujuan untuk membedakan bisnis Anda dengan bisnis coffee shop lainnya.

Dengan membuat konsep bisnis yang menarik, pastinya akan membantu Anda untuk mendapatkan konsumen atau pelanggan yang lebih banyak lagi hingga membantu mengembangkan bisnis Anda tersebut.

Baca Juga :  2 Peluang Usaha yang Bіsa Anda Terapkan dі Kampung Halaman

Konsep yang akan Anda terapkan untuk membuka usaha coffee shop ini nanti akan sangat berpengaruh sekali terhadap perkembangan bisnis Anda. Contohnya saja jika Anda mengusung konsep minimalis, maka menu kopi yang ditawarkan juga harus yang berkonsep minimalis pula.

Apapun konsep bisnis yang akan digunakan, di sini Anda juga harus tetap mengedepankan kenyamanan. Apalagi, biasanya orang menikmati kopi saat santai.

5. Memilih lokasi bisnis yang strategis

Ya, apapun jenis bisnis yang akan dijalankan, lokasi bisnis yang strategis sepertinya jadi salah satu hal yang bisa menentukan apa bisnis tersebut akan berkembang atau justru gulung tikar?

Contohnya saja, jika Anda menggunakan konsep coffee shop sederhana, itu artinya harus memilih lokasi yang dekat dengan banyak orang. Tetapi, apabila menggunakan konsep cafe, maka Anda bisa mencari lokasi yang dekat dengan mall, kampus, sekolah, dan kantor.

6. Melakukan promosi bisnis

Agar produk yang ditawarkan bisa dikenal oleh masyarakat luas, maka Anda harus melakukan promosi bisnis yang tepat. Lakukan promosi bisnis dengan berbagai cara, baik itu dengan menggunakan strategi Word Of Mouth, atau me-review kedai kopi Anda lewat jejaring sosial media, maupun memberikan diskon khusus kepada konsumen di hari spesial, seperti hari Natal dan ulang tahun.

Tak hanya harus melakukan promosi bisnis, di sini Anda juga harus terus berinovasi agar bisa mempertahankan eksistensi coffee shop dan mengembangkan bisnis tersebut.

Nah, itulah tadi beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis coffee shop. Jika bisnis sudah berhasil dijalankan dengan baik, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat laporan keuangan agar Anda bisa dengan mudah melihat kondisi keuangan hingga buat keputusan pada saat ingin mengembangkan bisnis. Semoga informasinya bisa bermanfaat, ya!