7 Cara Cerdas untuk Mendapatkan Modal Bisnis


Modal sepertinya jadi salah satu hal pertama yang akan terpikir pada saat Anda memutuskan untuk membangun sebuah usaha atau bisnis sendiri. Tanpa modal, sepertinya apapun jenis bisnis yang ingin Anda jalankan hanya akan jadi mimpi belaka dan sulit sekali untuk dicapai.

Banyak atau sedikit modal yang dibutuhkan sudah pasti tergantung dari jenis bisnis yang akan Anda bangun. Apabila Anda ingin membangun bisnis yang dimulai dari toko kelontong, maka modalnya akan jadi lebih besar lagi dibandingkan jika Anda akan membangun bisnis dengan jualan pulsa. Begitu pun pada saat Anda ingin membangun dan menjalankan jenis bisnis lainnya.

Cara Cerdas untuk Mendapatkan Modal Bisnis

Harus Anda tahu, bahwa untuk mendapatkan modal bisnis saat ini pastinya tidak terlalu sulit seperti beberapa tahun lalu yang hanya bisa ditempuh melalui jalur konvensional seperti bank.

Alasannya, karena sekarang sudah ada banyak cara yang bisa dicoba untuk mendapatkan modal bisnis sebab orang–orang di zaman sekarang sudah lebih kreatif lagi.

Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak dulu beberapa cara cerdas di bawah ini agar Anda lebih mudah dapatkan modal untuk membangun sebuah bisnis.

1. Pinjam uang dengan jaminan dari bank

Ya, seperti yang kita tahu bersama bahwa bank memang selalu jadi tempat yang paling sering dituju seseorang pada saat mereka membutuhkan modal untuk berbisnis. Sebetulnya ada banyak sekali program pinjaman yang ditawarkan oleh bank, baik itu bank BRI, bank BCA, dan lainnya.

Contohnya saja untuk program KMG atau Kredit Multi Guna, dimana nanti Anda akan memberikan beberapa jaminan seperti aset properti atau pun kendaran bermotor Anda kepada pihak bank. Umumnya bunga yang ditawarkan mulai dari 9% – 12% dengan tenor 5 – 20 tahun, tergantung dari jumlah pinjaman uang yang Anda butuhkan.

Baca Juga :  Ide Bisnis Pet Shop yang Sangat Menggiurkan

2. Pinjam uang tanpa agunan dari bank

Selain dengan jaminan, meminjam uang untuk modal bisnis dari bank yang bisa Anda lakukan lainnya adalah tanpa agunan, misalnya saja dengan menggunakan fasilitas KTA atau Kredit Tanpa Agunan.

Pinjaman uang dari bank jenis ini adalah yang paling digemari oleh para pecari modal, sebab tetap mendapatkan uang walaupun Anda tidak memberikan jaminan apapun. Namun, bunga yang ditawarkan daari KMG tersebut cukup besar sekali, yakni antara 10% – 23%. Jadi, kami sarankan agar Anda mengambil tenor cicilan yang lebih singkat.

3. Memanfaatkan tabungan

Cara cerdas lainnya yang bisa Anda coba untuk bisa mendapatkan modal berbisnis adalah dengan memanfaatkan tabungan yang Anda miliki. Ya, Anda tak harus berhutang ke bank, apalagi bunga yang ditaguhkan kepada Anda juga cukup tinggi.

Sebaiknya gunakan tabungan yang Anda miliki untuk dijadikan modal berbisnis. Cara tersebut pastinya jauh lebih aman, sebab tidak beresiko berhutang.

4. Menjual aset yang Anda miliki

Cara lain yang bisa ditempuh untuk dapatkan modal berbisnis adalah dengan menjual aset yang Anda miliki. Jika Anda memang memiliki aset berharga seperti properti, emas, kendaraan bermotor, atau pun lainnya yang menguntungkan, maka Anda bisa menjualnya untuk kemudian uangnya digunakan sebagai modal bisnis.

Jika bisnis yang Anda bangun nanti membuahkan hasil, Anda bisa beli aset yang sudah Anda jual tersebut dengan yang lebih bagus pastinya, bahkan Anda juga bisa membeli aset–aset yang lebih banyak lagi.

5. Menggadaikan aset yang Anda miliki

Ragu jika Anda harus menjual aset yang Anda miliki untuk modal bisnis? Tak perlu khawatir, solusinya adalah dengan menggadaikan aset tersebut ke institusi gadai.

Baca Juga :  Cara Menghasilkan Uang dari Facebook

Cara satu ini juga sangat menguntungkan sekali bagi Anda, sebab Anda nanti akan tetap mendapatkan modal bisnis, sementara itu aset berharga Anda tetap utuh.

Namun demikian, Anda juga tak boleh lupa untuk menebusnya kembali karena jika tidak aset tersebut akan disita untuk bisnis gadai.

6. Meminjam uang ke teman atau kerabat

Jika cara di atas dirasa kurang Anda minati untuk bisa dapatkan modal bisnis, cara lain yang bisa Anda pertimbangkan adalah dengan meminjam uang ke teman atau kerabat dekat.

Meskipun pinjaman dari mereka mungkin saja tak terlalu banyak seperti jika Anda meminjam uang untuk modal bisnis di bank, menjual, atau pun menggadaikan aset yang Anda miliki, tetapi setidaknya pinjaman tersebut bebas bunga.

7. Mencoba mengikuti pelatihan

Pilihan terakhir yang bisa Anda coba untuk dapatkan modal bisnis adalah dengan mendapatkan modal yang biasanya disalurkan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi (LPE). Lembaga tersebut memang sering sekali melakukan training, pelatihan, atau pun workshop yang bisa Anda ikuti.

Umumnya setelah training, nanti akan ada informasi mengenai akses modal bisnis. Lembaga penyelenggara training tersebut contohnya saja organisasi buruh PBB ILO, atau KUR.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara cerdas dapatkan modal untuk bisnis Anda. Semoga informasinya bermanfaat dan menginspirasi.