Tips Merawat Charger Laptop Agar Awet


– Baterai laptop adalah salah satu komponen kunci yang mempengaruhi kinerja dan mobilitas perangkatmu.

Untuk memastikan baterai laptop kamu tetap awet dan tidak mudah rusak, ada beberapa cara merawat baterai laptop yang dapat kamu lakukan:

1. Hindari Overcharging: Jangan biarkan laptop terus-menerus diisi daya setelah baterai mencapai 100%. Laptop modern biasanya memiliki perlindungan untuk mencegah overcharging, tetapi lebih baik melepaskan daya atau menggunakan mode pengisian daya yang terbatas jika laptop tersambung dalam jangka waktu yang lama.

2. Hindari Pengosongan Total: Lebih baik mengisi daya saat baterai mencapai sekitar 20-30% sisa daya daripada menjalankan baterai hingga habis (0%) secara teratur.

3. Optimalkan Pengaturan Daya: Di dalam pengaturan sistem operasi laptop kamu, ada opsi untuk mengatur penggunaan daya. Kamu bisa mengurangi kecerahan layar, menonaktifkan perangkat keras yang tidak digunakan, atau mengatur mode hemat daya.

4. Hindari Suhu Ekstrem: Jauhkan laptop kamu dari suhu ekstrem. Suhu terlalu panas atau terlalu dingin dapat mempengaruhi kinerja baterai. Simpan laptop kamu pada suhu kamar yang nyaman.

5. Bersihkan Port dan Kontak: Pastikan konektor charger dan kontak baterai bersih dari debu dan kotoran. Ini membantu mengoptimalkan pengisian.

6. Hindari Meninggalkan Laptop dalam Keadaan Panas: Jika laptop bekerja keras (misalnya saat bermain game), pastikan ada ventilasi yang baik untuk mendinginkan laptop. Suhu panas dapat mempercepat degradasi baterai.

7. Mematikan Laptop Ketika Tidak Digunakan: Saat kamu sedang tidak menggunakan laptop untuk jangka waktu yang lama, matikan atau masukkan dalam mode tidur atau hibernasi agar baterai tidak terlalu terbebani.

Pastikan juga untuk selalu memperbarui sistem operasi dan firmware laptop kamu.

Baca Juga :  Tips Jika Kartu ATM Tersangkut di Mesin ATM

Dengan perawatan yang tepat, kamu dapat memastikan bahwa laptop kamu selalu siap digunakan. Semoga tips ini membantu!