Ragam Ide Kerajinan Souvenir dari Kayu Bekas yang Patut Dicoba


Kerajinan souvenir dari kayu bekas memang merupakan salah satu karya seni yang sangat digemari oleh para pecinta souvenir dari berbagai kalangan. Bahkan, tak sedikit juga dari kalangan para turis asing pun juga sangat menyukai yang namanya souvenir dari limbah kayu bekas ini. Hal itu tentu tak lepas dari hasilnya yang diakui memiliki daya tarik yang begitu mempesona. Selain itu, kerajinan souvenir pun juga mudah dibuat dan dikembangkan dengan ragam ide kreatif untuk dijadikan sebagai barang kerajinan yang memiliki nilai jual cukup tinggi. Maka dari itu, kayu bekas yang ada di sekitar kita yang dinilai kurang bermanfaat pun akan bisa lebih bernilai jika kita kembangkan untuk dijadikan sebagai bahan dalam membuat sebuah karya seni yang menarik. Pasti, teman-teman sudah pada penasaran ya, kira-kira apa saja sih jenis kerajinan souvenir kayu bekas yang bisa dibuat dengan mudah dan menguntungkan itu?
souvenir dari kayu bekas
Souvenir dari Kayu Bekas
Terkait dengan beberapa jenis kerajinan souvenir dari kayu bekas, tampaknya furniture menjadi salah satu karya yang cukup digemari atau oleh sebagian besar masyarakat kita. Bukan tanpa alasan mengingat furniture yang dirancang dari limbah kayu bekas ini bisa dibilang memang memiliki daya tarik tersendiri. Namun, bagi sebagian besar orang, untuk merancang sebuah furniture memang diperlukan keahlian tersendiri dengan kayu yang utuh. Padahal, jika kita tahu caranya, kerajinan souvenir dari kayu bekas pun juga memiliki pesona dan daya tarik tersendiri yang tak kalah menariknya dengan furniture atau souvenir yang dibuat dari kayu utuh. Selain furniture, juga ada beberapa jenis kerajinan tangan lain yang terbuat dari limbah kayu bekas ini yang patut dicoba, seperti ukiran, souvenir, dan miniatur serta beberapa ide karya menarik lainnya. Oleh sebab itu, buat kawan-kawan yang ingin membuat sebuah karya seni menarik yang unik, tampaknya ide kerajinan souvenir dari kayu bekas ini dirasa tepat untuk dicoba. Tak perlu berlama-lama, berikut ide-ide kreatif yang bisa sobat coba.

Kerajinan Souvenir dari Kayu Bekas

Nah, sampai di sini, berikut Cara Craft akan menjelaskan secara rinci mengenai beberapa jenis kerajinan souvenir dari kayu bekas. Berikut penjelasan lengkapnya :

1. Hiasan Dinding dari Kayu Bekas

Kerajinan dari kayu bekas yang bisa sobat coba yaitu berupa hiasan dinding. Sebab, limbah kayu bekas pun bisa dimanfaatkan untuk memberikan nuansa natural di rumah atau kamar sobat dengan kayu bekas ini. Bahkan, banyak sekali macam-macam hiasan dinding yang dijual ke beberapa tempat menjadi salah satu kerajinan yang dinilai cukup laris di pasaran. Tentu saja, hiasan dinding ini menjadi salah satu kerajinan souvenir dari kayu bekas yang bisa kawan coba.

Baca Juga :  Cara Membuat Miniatur Rumah dari Stik Es Krim
hiasan dinding dari kayu bekas
Hiasan Dinding dari Kayu Bekas

Selain itu, kerajinan souvenir dari kayu bekas berbentuk hiasan dinding ini memiliki nilai estetika yang cukup tinggi sehingga tak jarang beberapa orang mencoba untuk membuat hiasan dinding dari kayu bekas ini mengingat permintaan pasar yang terbilang cukup tinggi. Di sisi lain, beberapa hiasan dinding yang dibuat oleh beberapa pengrajin kayu ini sangat banyak macamnya, seperti jam klasik, kaligrafi, lukisan, pigura foto dan masih banyak lagi.

2. Ukiran dari Kayu Bekas

Siapa yang tak kenal dengan ukiran? Ya, karya seni berupa kerajinan ukiran dari kayu bekas pun juga menjadi incaran para pecinta kerajinan, terutama para turis asing. Bukan tanpa alasan, sebab, ukiran memang sudah dikenal di berbagai belahan dunia dan memiliki nilai seni yang begitu tinggi.

kerajinan ukiran dari kayu bekas
Kerajinan Ukiran dari Kayu Bekas

Di sisi lain, pada umumnya kerajinan souvenir dari kayu bekas berupa ukiran ini pun juga cukup menarik mengingat hanya dengan bermodalkan limbah kayu atau kayu bekas saja, sebuah karya seni ukiran pun bisa memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Beberapa karya ukiran umumnya Ukiran ini biasanya dapat ditemui pada alat-alat rumah tangga seperti lemari, pintu, dan hiasan dinding.

3. Miniatur Unik dari Kayu Bekas

Ada juga bentuk kerajinan souvenir dari kayu bekas yang patut untuk dicoba, yaitu berupa miniatur. Karya seni yang satu ini bisa dibilang juga tak kalah menariknya dengan beberapa kerajinan souvenir dari kayu bekas yang lain. Pasalnya, dengan memanfaatkan kayu bekas, sobat bisa membuat sebuah rancangan benda atau hewan tiruan berbentuk miniatur.

miniatur unik dari kayu bekas
Miniatur Unik dari Kayu Bekas

Tak cukup sampai di situ saja, kerajinan souvenir dari kayu bekas yang satu ini pun juga banyak diminati oleh para turis asing dan turis lokal. Sehingga, tak heran jika karya seni berupa miniatur dari kayu bekas ini menjadi salah satu ide menarik dan cocok untuk dijadikan sebagai salah satu ide bisnis. Maka, tak jarang banyak juga pengrajin yang membuat sebuah miniatur, baik itu benda, motor/mobil, hewan, atau rumah adat mengingat memiliki nilai estetika yang tak rendahan.

4. Topeng Hias dari Kayu Bekas

Siapa sangka, ide topeng hias pun juga menjadisalah satu kreativitas kerajinan souvenir dari kayu bekas yang layak untuk sobat coba, terutama bagi kawan-kawan yang menggemari aktivitas melukis. Pasalnya, topeng hias bisa dibuat dengan menggunakan kayu bekas yang tidak terpakai lagi dan memiliki detail tekstur kayu yang padat. Sehingga, mudah untuk dibuat sebagai topeng hias.

Baca Juga :  24+ Kerajinan dari Kertas yang Mudah dan Sederhana Dibuat
topeng hias dari kayu bekas
Topeng Hias dari Kayu Bekas

Di samping itu, kerajinan souvenir dari kayu bekas yang berupa topeng hias ini memang sangat mudah dibuat. Sebab, sobat hanya butuh melukis motif pada kayu bekas yang akan dijadikan topeng hias tersebut dengan motif yang sesuai selera. Selain itu, kemudahan dalam menerapkan ide kerajinan yang satu ini juga terletak dari tak banyaknya alat maupun bahan yang dibutuhkan untuk membuat sebuah topeng hias. Jika berminat, tampaknya topeng hias dari kayu bekas ini cocok untuk sobat coba sebagai awal dalam membuat sebuah ide kerajinan souvenir dari kayu bekas.

5. Gantungan Kunci dari Kayu Bekas

Mungkin sobat sudah tak asing lagi dengan gantungan kunci yang terbuat dari kayu bekas. Ya, memang kerajinan souvenir dari kayu bekas yang satu ini sering kita jumpai, misalnya di acaa resepsi sebagai tanda mata. Tentu, ide kreativitas seni berupa gantungan kunci ini juga bisa sobat coba sebagai awal untuk memulai menerapkan sebuah kerajinan tangan berbahan kayu bekas.

Gantungan Kunci dari Kayu Bekas

Tak cukup sampai di situ saja, gantungan kunci yang merupakan salah satu karya seni kerajinan souvenir dari kayu bekas ini pun juga bisa kawan jadikan sebagai lahan bisnis yang cukup menguntungkan. Pasalnya, kebutuhan akan gantungan kunci ini cukup tinggi mengingat selain untuk cindera mata pada acara resepsi, bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh khas untuk keluarga dan sobat karib. Bahkan, harganya relatif murah dan cara pembuatannya yang juga terbilang cukup mudah pun menjadi alasan kuat bahwa kerajinan souvenir dari kayu bekas berupa gantungan kunci ini patut untuk dicoba.

Seperti yang sudah Cara Craft sampaikan pada beberapa ide kerajinan souvenir dari kayu bekas di atas, tentu sobat tak perlu bingung lagi dalam memanfaatkan kayu bekas menjadi barang yang lebih bernilai. Selain itu, dengan memahami beberapa ide karya seni dari kayu bekas di atas, pastinya sobat sudah memiliki gambaran tentang kerajinan tangan apa yang akan dibuat dari bahan limbah kayu. Nah, kiranya sampai di sini dulu perjumpaan kita dan semoga saja beberapa ide kerajinan souvenir dari kayu bekas di atas bisa memberikan manfaat kepada kawan-kawan semua. Sekian dan sampai jumpa.

Share this