Penyebab Mata Sulcata Berair Basah


Sebab mata sulcata berair (basah) kali ini berdasarkan pertanyaan yang masuk ke blog ini beberapa waktu lalu. Apakah mata sulcata basah bisa menjadi tanda bahwa kura-kura sulcata itu memang sedang sakit? Artikel ini ada kaitannya dengan artikel saya, cara memelihara kura-kura sulcata.

Oke, back to topic: kenapa mata kura-kura sulcata basah? Berikut adalah beberapa tanda kenapa kura-kura sulcata matanya berair:

  1. Mata kura-kura sulcata basah lebih sering terjadi pada baby sulcata atau sulcata anakan.
  2. Saya pernah mengatakan di blog ini bahwa baby sulcata sangat rentan mati. Maka diperlukan ketelatenan dalam memelihara sulcata yang masih bayi

  3. Kandang kura-kura terlalu kering atau kondisi kandang terlalu panas.
  4. Penyebab kenapa mata kura-kura sulcata berair bisa saja karena alas kandang (substrat) terlalu kering. Maka secara alami, kura-kura akan mengeluarkan air dari matanya agar matanya tetap basah. Diperlukan alas kandang yang tetap lembab (bukan basah) dan suhu kandang yang stabil. Anda bisa menyemprotkan air di sekitar kandang setiap pagi dan sore agar kondisi kandang tetap lembab.

  5. Jenis alas kandang yang digunakan.
  6. Kadang, jenis substrat (alas kandang) yang digunakan bisa membuat mata sulcata basah. Saya sendiri lebih menyarankan anda untuk menggunakan alas kandang berbentuk lembaran daripada yang berbentuk serbuk. Karena partikel substrat serbuk bisa masuk ke bagian mata sulcata.

  7. Apakah ada gejala lain selain mata sulcata basah? Apakah dia masih mau makan? Apakah dia aktif bergerak? Apakah ada bengkak di kelopak mata atau di matanya?
  8. Mata sulcata basah bukan satu-satunya variabel yang bisa dijadikan acuan bahwa sulcata itu sakit. Diperlukan tanda lain untuk mengetahui apakah sulcata itu betul-betul sakit atau tidak. Secara singkat, apabila kura-kura anda masih aktif bergerak (tidak diam saja sambil menarik kepalanya ke dalam tempurung), masih lahap jika makan, di matanya tidak ada bengkak, maka bisa dikatakan kura-kura anda masih sehat.

  9. Jika memang anda khawatir, akan lebih baik jika anda membawa sulcata anda ke dokter hewan terdekat.
Baca Juga :  Perbedaan Ikan Tombro Dan Ikan Komet

Demikian artikel singkat kali ini. Semoga bisa membantu. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan ajukan di kolom dibawah ini. Terima kasih.