Memelihara Ikan Arapaima Gigas |


Arapaima gigas adalah jenis ikan pemakan daging yang hidup di Amerika. Secara hukum, ikan jenis arapaima gigas memang dilarang dipelihara di Indonesia. Alasannya, karena ikan ini termasuk ikan yang sangat invasif: ikan ini memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan sangat mudah beradaptasi dengan lingkungannya, selain juga ikan ini merupakan ikan predator. Karena dua hal inilah ikan arapaima dilarang di Indonesia karena keberadaannya bisa mengancam kelangsungan hidup ikan lokal.

Artikel cara memelihara arapaima ini hanya bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada anda.

Memelihara Ikan Arapaima Gigas
  • Ikan arapaima diberi makan berupa ikan kecil, udang, dan cacing dengan waktu pemberian makanan setiap minggu sekali. Harap hati-hati saat memberi makan ikan arapaima, karena ikan ini pernah dilaporkan menyerang manusia.
  • Selain ikan, udang, dan cacing, ikan arapaima juga bisa diberi makan daging ayam, daging sapi, dan jenis daging lainnya.
  • Ukuran akuarium atau kolam untuk ikan arapaima disesuaikan dengan ukuran tubuh ikan arapaima yang dipelihara.
  • Air di akuarium tempat memelihara ikan arapaima sebaiknya diganti sebanyak seperempatnya setiap minggu. Buang seperempat air di akuarium atau kolam arapaima, lalu tambahkan dengan air yang baru dengan porsi sama.
  • Seperti yang sudah saya katakan di atas, daya tahan tubuh arapaima bisa dikatakan kuat, atau dengan kata lain, mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Selain itu, ikan ini juga bisa memangsa hewan lain yang hidup di sekitarnya. Bukan hanya hewan, manusia juga dilaporkan pernah diserang jenis ikan arapaima gigas. Maka dari itu, jangan pernah membuang jenis ikan arapaima di danau atau sungai jika anda memang sudah bosan memeliharanya. Anda bisa mengkonsumsi daging ikan arapaima, atau menyerahkannya ke balai konservasi sumber daya alam (BKSDA) di propinsi tempat anda tingga. Sekali lagi saya tekankan, dengan huruf kapital untuk memperjelas: JANGAN PERNAH MEMBUANG ATAU MELEPAS LIAR IKAN ARAPAIMA GIGAS DI SUNGAI ATAU DI DANAU, APAPUN ALASANNYA.
Baca Juga :  Mengurangi Kanibal Pada Lele

Demikian adalah artikel singkat mengenai cara memelihara ikan arapaima gigas yang saya tulis berdasarkan pengetahuan pribadi. Semoga artikel ini bisa menjadi bahan pengetahuan bagi anda. Terima kasih. (FS)