Kreasi Tempat Pensil Buatan Sendiri dari Barang Bekas yang Unik


Hai kawan! Kali ini Cara Craft akan berbagi tutorial tentang kreasi tempat pensil buatan sendiri. Tentunya, cara membuat tempat pensil yang akan kita bahas kali ini mudah dilakukan sendiri dan terbilang cukup efisien mengingat kita akan menggunakan barang bekas yang tak terpakai sebagai bahan dasar pembuatannya. Jangan salah sangka dulu, meskipun dari barang bekas namun kerajinan tangan berupa tempat pensil buatan sendiri ini akan memberikan hasil yang tak kalah menarik dengan kotak pensil yang dijual di pasaran. Bahkan, buat sobat yang ingin menjalani usaha kerajinan, kreasi tempat pensil buatan sendiri ini pun bisa dijadikan ide usaha yang sanggup mendatangkan keuntungan. Maka dari itu, bukan tak mungkin jika ide kreatif berupa tempat pensil yang terbuat dari barang bekas ini memiliki nilai jual yang cukup kompetitif. Pastinya, kawan-kawan sudah tak sabar kan, ingin tahu bagaimana sih cara membuat tempat pensil dari barang bekas itu? Tak perlu khawatir, kita akan bersama-sama menilik tutorialnya.
kreasi tempat pensil dari barang bekas
Kreasi Tempat Pensil dari Barang Bekas
Nah, terkait dengan topik mengenai kreasi tempat pensil buatan sendiri ini, tentu ada berbagai macam ide kreasi yang cukup menarik dan unik untuk dicoba. Bahkan, dengan memanfaatkan barang bekas yang tak terpakai, seperti kardus bekas, botol bekas, maupun barang lain, jika kita olah atau daur ulang menjadi tempat pensil maka barang bekas tersebut pun akan menjadi sebuah barang bernilai. Oleh sebab itu, ulasan terkait dengan kreasi tempat pensil buatan sendiri ini juga tak lepas dari usaha kita untuk mengurangi polusi yang ditimbulkan dampak barang bekas yang justru menjadi sampah yang tak berguna. Dengan demikian, tak salah apabila kerajinan tangan dari barang bekas untuk membuat kotak pensil ini memang sangat berguna untuk menjaga lingkungan. Tak hanya itu saja, dengan memaksimalkan atau mendaur ulang barang bekas maka kita pun tak perlu membutuhkan biaya yang mahal untuk membuat sebuah kerajinan. Oke, langsung saja yuk kita simak tutorial mengenai beberapa kreasi tempat pensil buatan sendiri yang terbuat dari barang bekas!

1. Tempat Pensil dari Kemasan Kotak Teh Celup Bekas

Kemasan kotak teh celup pun bisa sobat jadikan sebagai tempat pensil. Ide yang satu ini cukup mudah untuk diterapkan mengingat kita hanya perlu membentuk kotak teh celup tersebut menjadi kotak pensil yang cukup menarik dan unik. Untuk lebih jelasnya, berikut alat dan bahan yang diperlukan serta cara pembuatannya :

tempat pensil dari kardus teh celup bekas
Tempat Pensil dari Kardus Teh Celup Bekas

Alat dan Bahan Membuat Tempat Pensil dari Kardus Teh Celup Bekas

Pertama-tama, sediakan 3 kotak teh celup bekas.

Siapkan juga kertas sampul atau kertas kado. Bisa juga menggunakan kertas bekas.

Lem kertas dan selotip.

Spidol atau pensil dan penggaris.

Gunting atau bisa menggunakan cutter.

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kemasan Kotak Teh Celup Bekas

Kali ini kita akan membuat kotak pensil dengan 3 kotak kemasan teh celup yang nantinya disusun menjadi 3 bagian.

Baca Juga :  Cara Membuat Aneka Kreasi Bunga dari Sedotan

Pada tutup kemasan bagian atas, rekatkan dengan menggunakan selotip agar tertutup rapi. Pasalnya, kali ini kita akan buat ruang masuk alat tulis dari sisi kota samping, bukan dari sisi yang panjang.

Nah, pada sisi samping yang lebar, buatlah pola sudut membentuk segitiga siku dengan ukuran panjang 3 cm. Kemudian, garis dengan menggunakan spidol. Bentuk segitiga yang dimaksud di sini, kita akan buat ruang masuk alat tulis dengan bentuk yang miring.

Jika sudah maka potonglah kotak ujung tersebut sesuai pola garis yang telah dibuat menggunakan cutter atau gunting.

Lalu, rapikan kotak dan bekas potongannya dilapisi dengan selotip agar hasilnya menjadi lebih rapi.

Setelah itu, lakukan langkah di atas pada kotak yang ke dua.

Untuk kotak yang ke tiga, sobat tak perlu memotongnya, hanya perlu menutup bagian tutup kemasan yang direkatkan dengan selotip sebagaimana pada kotak ke satu dan ke dua.

Selanjutnya, tutupi ketiga kotak tersebut menggunakan kertas berwarna sesuai selera yang sudah dipersiapkan tadi.

Kemudian, tempelkan kedua kotak yang ujungnya telah dipotong tadi menggunakan lem.

Berikutnya, tempelkan juga kotak ketiga menggunakan lem dengan posisi berada di tengah-tengah antara kotak pertama dan kotak ke dua.

Terakhir, sobat bisa menghiasnya dengan pola unik yang disesuaikan dengan keinginan sobat. Kini, tempat pensil dari kemasan kotak teh celup pun sudah jadi dan siap digunakan.

2. Tempat Pensil dari Botol Bekas

Salah satu ide membuat tempat pensil dari barang bekas yaitu dengan memanfaatkan botol plastik bekas. Tentu, kawan-kawan sering menemui botol plastik bekas yang sudah tak terpakai. Nah, jika demikian maka jangan langsung dibuang, sobat bisa membersihkan botol plastik bekas tersebut lalu mendaur ulang untuk dibuat tempat pensil unik dan lucu.

tempat pensil dari botol plastik bekas
Tempat Pensil dari Botol Plastik Bekas

Alat dan Bahan Membuat Tempat Pensil dari Botol Plastik Bekas

Pertama, siapkan dua buah botol bekas dengan ukuran yang sama. Dalam hal ini, kita akan menggunakan botol bekas Coca Cola.

Kemudian, sediakan juga lem tembak atau bisa menggunakan lem pipa yang memiliki daya rkat kuat.

Retsleting dengan warna yang sesuai selera.

Cara Membuat Tempat Pensil dari Botol Plastik Bekas

Di langkah awal ini, potonglah salah satu dari kedua botol plastik bekas tersebut menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama. Yang akan kita gunakan yaitu botol bagian bawahnya.

Kemudian, potong botol satunya lagi dengan ukuran 10 cm. Ukuran bisa menyesuaikan panjang alat tulis.

Jika sudah, agar hasilnya lebih rapi maka rapikan tepi botol dengan menggunakan setrika panas. Gesekan perlahan dan cepat secara satu arah tepat di atas tepian botol bekas potongan tadi. Namun, dalam melakukannya harus berhati-hati mengingat jika menggeseknya terlalu lama justru akan membuat sisi tepi botol jadi melengkung.

Nah, selanjutnya oleskan lem tembak atau lem pipa tepat di bagian belakang dari resliting tadi. Lalu, segera tempelkan retsleting tersebut pada dua botol yang sudah disatukan tersebut, tepat di antara bagian atas dari botol yang telah diambil bagian bawahnya tadi. Diamkan sebentar hingga lem menjadi kering agar merekat kuat.

Baca Juga :  Cara Membuat Tas dari Kain Perca dengan Mudah Tanpa Mesin Jahit

Nah, kini tempat pensil sederhana dari botol bekas pun sudah siap digunakan.

3. Tempat Pensil dari Kain Bekas

Kali ini, kita akan mengulas bagaimana cara membuat tempat pensil dari kain bekas. Dalam hal ini, Cara Craft akan menggunakan kain flanel bekas. Namun, sobat bisa menggunakan kain apa saja yang penting tebal agar nantinya tempat pensil tak mudah rusak. Nah, untuk langkah-langkahnya, simak di bawah ini.

tempat pensil dari kain
Tempat Pensil dari Kain

Alat dan Bahan Membuat Tempat Pensil dari Kain

Pertama, siapkan kain yang akan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan tempat pensil. Di sini Cara Craft menggunakan kain flanel.

Siapkan juga jarum serta benang. Untuk warna benang, sesuaikan dengan warna kain.

Kancing baju.

Gunting atau cutter.

Pita.

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kain Bekas

Langkah awal kali ini, potonglah kain flanel yang disiapkan tadi dengan ukuran yang sudah disesuaikan ukuran pensil dan bolpen. Usahakan lebarnya bisa menampung paling tidak 7 pensil sekaligus agar nanti tempat pensilnya lebih fungsional. Kali ini, buatlah potongan dengan panjang 20 cm x 7 cm dan 15 cm x 7 cm.

Kemudian, satukan kedua potongan kain tersebut dengan cara dijahit menggunakan benang pada setiap sisi pensil. Nah, pada tahapan ini, usahakan seluruh jahitannya lurus agar terlihat lebih rapi.

Jika sudah maka langkah berikutnya yaitu menjahit kancingnya yang nantinya digunakan sebagai kunci pada tempat pensil yang akan kita buat ini. Jahilah pada kain yang lebih pendek.

Lalu, potong pada bagian penutup tempat pensil ini dengan bentuk lubang layaknya lubang kancing baju. Nantinya, lubang akan digunakan untuk mengaitkan kancing yang terpasang adi agar bisa ditutup rapat.

Nah, sebagai hiasan, kawan-kawan bisa menggunakan pola bunga atau pola bentuk lain yang sesuai keinginan. Jahitlah di bagian tepi pensil atau di bagian mana pun sesuai selera.

Sobat juga bisa menambahkan beberapa aksesoris lain, seperti payet atau hiasan lain agar tempat pensil yang kita buat ini menjadi lebih menarik.

Nah, cukup mudah dan simple kan sob? Tentu, dengan kita mengetahui beberapa kreasi tempat pensil dari barang bekas di atas pastinya kawan sudah memiliki gambaran sendiri. Selain dari beberapa kreasi di atas, teman-teman pun bisa mengembangkannya menjadi beberapa ide kreatif membuat tempat pensil yang terbuat dari barang bekas. Sehingga, tanpa kita perlu membelinya di toko pun kita tetap bisa memiliki tempat pensil yang tak kalah uniknya dengan yang dijual di toko. Tampaknya, sampai di sini dulu perjumpaan kita, semoga saja ulasan mengenai kreasi tempat pensil buatan sendiri dari barang bekas yang telah diuraikan di atas bisa membawa manfaat untuk teman-teman semua.