Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang Mudah dan Praktis


Berbagai macam kerajinan tangan dari barang bekas tampaknya memang menjadi salah satu dari sekian ide menarik yang menginspirasi banyak orang. Maka, jangan heran jika saat ini tak sedikit yang mengembangkan maupun menerapkan berbagai macam ide unik mereka untuk dituangkan dalam bentuk kerajinan tangan yang unik. Selain itu, kerajinan tangan dari barang bekas pun juga terbilang cukup mudah dan praktis tanpa perlu memerlukan banyak biaya namun sanggup memberikan hasil dalam bentuk kerajinan yang cukup memuaskan. Bahkan, tak jarang juga banyak yang memanfaatkan barang bekas yang dianggap tak bernilai tetapi justru disulap menjadi barang yang berharga dan penuh manfaat serta bisa mendatangkan keuntungan. Tentu saja, fakta tersebut merupakan suatu hal yang menarik dari sebuah pengembangan kreativitas. Namun, tak sedikit juga dari beberapa pemula yang ingin mengawali kreasinya dalam membuat karya seni dari bahan sederhana ini merasa kesulitan dan bingung dalam menerapkan kreativitasnya. Jangan khawatir, buat kawan-kawan yang masih bingung, kali ini Cara Craft akan berbagi info menarik mengenai beberapa kerajinan tangan dari barang bekas yang bisa sobat terapkan dengan mudah.

kerajinan tangan dari barang bekas
Kerajinan Tangan dari Barang Bekas
Sebagaimana dengan yang sudah Cara Craft utarakan sebelumnya, kerajinan dari barang bekas memang menjadi salah satu andalan bagi para penggemar karya seni untuk menuangkan bakatnya dalam wujud sebuah barang yang bernilai. Bahkan, beberapa di antaranya pun juga memanfaatkannya sebagai bentuk usaha bisnis yang cukup menguntungkan. Sehingga, bukan hal yang mengagetkan jika kerajinan tangan dari barang bekas ini cukup banyak yang menggeluti. Di samping itu, beberapa bahan sederhana yang dibutuhkan pun juga tak terlalu sulit didapat. Nah, terkait dengan topik yang akan kita bahas kali ini, berikut beberapa macam jenis kerajinan tangan dari barang bekas unik dan mudah dibuat. Yuk, kita simak bersama penjelasannya!


Macam-Macam Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

1. Lampu Hias dari Barang Bekas

Kerajianan dari barang bekas berupa lampu hias ini memang menjadi salah satu ide yang cukup banyak diterapkan oleh banyak orang. Tentunya hal tersebut tak lepas dari kemudahan pembuatannya, biaya yang dibutuhkan, dan prospek menjanjikan ketika dimanfaatkan untuk bisnis. Nah, beberapa contoh kerajinan lampu hias dari barang bekas, antara lain seperti :

a. Lampu Hias dari Kaleng Susu Bekas

Sebuah lampu hias pun bisa dibuat dari kaleng susu bekas. Bahkan, lampu hias dari kaleng susu bekas ini bisa dijadikan sebagai lampu tidur untuk menemani istirahat sobat di malam hari.

b. Lampu Hias Berbentuk Nanas dari Sendok Plastik

Kemudahan dalam membuat sebuah lampu hias pun bisa dibuat dengan memanfaatkan sendok plastik sebagai bahan utama dalam membuat lampu hias. Apalagi, sendok plastik tersebut disusun menjadi layaknya buah nanas. Tentu saja, akan menjadi sebuah lampu hias atau lampu tidur berbentuk nanas yang cukup menarik.

c. Lampu Gantung dari Toples Kaca Bekas

Apabila teman-teman memiliki toples kaca yang sudah tak terpakai, jangan dibuang dulu. Manfaatkan sebagai bahan untuk membuat lampu hias gantung yang bisa dipasang di ruang santai. Ide kreatif ini merupakan salah satu bentuk kerajinan tangan dari barang bekas yang cukup menarik untuk sobat coba sendiri.

Baca Juga :  16+ Kerajinan dari Batu yang Mudah dan Sederhana Dibuat

d. Lampu Gantung dari Stik Es Krim

Stik es krim pun ternyata bisa juga dikembangkan untuk membuat lampu hias gantung yang menarik. Bahkan, kreativitas yang satu ini bisa dijadikan sebagai salah satu bentuk ide usaha bisnis yang cukup menguntungkan.

Baca Juga : Cara Membuat Lampu Tidur dari Barang Bekas dan 4 Cara Membuat Lampu Gantung

2. Tempat Pensil dari Barang Bekas

Tak hanya lampu saja, bahkan tempat pensil pun bisa dibuat dengan hanya mengandalkan beberapa barang bekas. Di sisi lain, karya seni kerajinan tangan dari barang bekas berupa kotak atau tempat pensil ini pun bisa juga menjadi sebuah bisnis yang memiliki nilai jual menguntungkan. Beberapa jenis kerajinan tangan tempat pensil yang bisa sobat coba antara lain yaitu :

a. Tempat Pensil dari Kotak Teh Celup Bekas

Selain sebagai wadah teh, tampaknya kotak teh celup bekas pun bisa sobat kembangkan untuk dijadikan sebagai kotak pensil. Selain alat dan bahannya mudah didapat, cara membuatnya pun relatif cukup mudah. Tentu saja, tempat pensil dari kotak teh celup bekas ini bakal jadi wadah alat tulis yang cukup efisien tanpa perlu membeli kotak pensil yang dijual di toko alat tulis.

b. Tempat Pensil dari Botol Bekas

Botol bekas sangat sering kita temukan. Untuk mengisi waktu luang teman-teman, manfaatkan saja botol plastik bekas tersebut menjadi sebuat tempat pensil yang unik dan fungsional. Cara membuatnya pun juga relatif tidak terlalu sulit sehingga bagi kawan-kawan yang mungkin masih pemula pun bisa menggunakannya sebagai bahan sederhana untuk membuat tempat pensil.

c. Tempat Pensil dari Kain Bekas

Selain itu, kerajinan tangan dari barang bekas berupa tempat pensil ini pun bisa dibuat dengan menggunakan kain bekas. Di mana, kain bekas yang dipakai bisa menggunakan kain flanel atau kain perca. Di samping itu, tempat pensil dari kain bekas yang satu ini pun sangat mudah dibuat dan cukup efisien mengingat hanya membutuhkan sedikit biaya.

Baca Juga : Kreasi Tempat Pensil Buatan Sendiri

3. Kerajinan Tangan dari CD Bekas

Ada berbagai macam jenis kerajinan tangan dari barang bekas, salah satunya yaitu sebuah kreasi unik berbahan CD bekas. Tak diragukan lagi, ide yang satu ini terbilang cukup unik mengingat dengan hanya mengandalkan sebuah kepingan CD yang tak terpakai, kawan-kawan bisa membuat sebuah barang kerajinan yang bernilai dan bermanfaat. Contohnya sebagai berikut :

a. Tirai Kamar dari Kepingan CD Bekas

Kepingan CD bekas yang dianggap barang tak berguna ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat tirai kamar yang cukup indah. Hal ini tak lepas dari bagian belakang dari kepingan CD yang dikenal memiliki spektrum warna seperti pelangi sehingga dipastikan akan memberikan kesan tersendiri.

b. Kipas Angin dari CD Bekas

Baca Juga :  Cara Membuat Miniatur Rumah dari Stik Es Krim

Bentuk dari kepingan CD yang bulat, bisa kita manfaatkan juga untuk membuat kipas angin. Hanya saja, ide membuat kipas angin dari CD bekas ini memerlukan beberapa alat dan kesabaran serta ketelitian tinggi mengingat cara pembuatannya yang terbilang cukup rumit. Namun, jika dilakukan dengan benar maka kipas angin dari CD bekas pun bisa menjadi salah satu barang kerajinan yang sangat bermanfaat.

c. Hiasan Dinding Kamar dari CD Bekas

Memiliki kamar dengan hiasan dinding unik tampaknya bisa sobat lakukan juga dengan memanfaatkan CD bekas. Bahkan, ide kerajinan tangan dari CD bekas ini pun bisa dibilang bakal memberikan kesan atau nuansa kamar yang lebih menarik dan unik. Maka dari itu, bagi kawan-kawan yang ingin memiliki hiasan dinding unik dan berkesan, cobalah gunakan CD bekas ini sebagai bahan untuk menghias dinding kamar sobat.

Baca Juga : Kerajinan Tangan dari CD Bekas

4. Kerajinan Tangan dari Kaleng Bekas

Di sisi lain, kaleng bekas yang sering kita jumpai sebagai sampah yang tak berguna, justru bisa kita jadikan bahan sebagai pembuat barang kerajinan yang bernilai. Tak hanya itu saja, dengan kita memanfaatkan atau mendaur ulang kaleng bekas maka secara tak langsung kita juga akan mengurangi dampak pencemaran lingkungan mengingat kaleng sangat sulit diuraikan. Nah, ada beberapa contoh jenis kerajinan tangan dari kaleng bekas yang bisa kawan coba terapkan sendiri, di antaranya yaitu :

a. Minatur Motor/Mobil dari Kaleng Bekas

Nah, siapa sangka bahwa kaleng bekas pun bisa menjadi barang bermanfaat sebagai bahan untuk membuat miniatur otomotif, seperti motor atau mobil. Selain itu, ide kreatif berupa replika motor atau mobil dari kaleng bekas ini pun bisa teman-teman kembangkan sebagai salah satu ide usaha bisnis yang menguntungkan, bahkan bisa juga diekspor ke manca negara.

b. Tempat Alat Makan dari Kaleng Bekas

Suka bingung menata alat makan? Jangan khawatir, sebab dengan menggunakan kaleng bekas yang tak terpakai pun kawan-kawan bisa membuat sebuat tempat alat makan dengan berbagai bentuk atau pola sesuai selera. Cukup menarik bukan?

c. Kotak Alat Tulis dari Kaleng Bekas

Tak hanya sebagai bahan untuk membuat miniatur atau tempat alat makan saja, kaleng bekas yang sering kita jumpai ini pun bisa dijadikan untuk membuat kotak alat tulis fungsional.

Nah, sampai di sini, Cara Craft yakin bahwa dengan kita mengetahui beberapa ide kreatif berupa kerajinan tangan dari barang bekas yang dijelaskan di atas, pastinya teman-teman sudah memiliki gambaran bagaimana membuat sebuah karya seni dari bahan bekas sederhana. Tak sampai di situ saja, beberapa ide menarik di atas pun bisa juga dikembangkan kembali sesuai passion masing-masing sehingga bisa menjadi sebuah barang yang cukup berguna. Kiranya, sampai di sini dulu ya kawan. Semoga, beberapa informasi mengenai kerajinan tangan dari barang bekas yang telah diuraikan di atas bisa memberikan inspirasi tersendiri bagi kawan-kawan. Selamat berkreasi dan sampai jumpa.