Cara Mudah Budidaya Tanaman Hias

Budidaya tanaman adalah usaha pengembangan tanaman dengan memanfaatkan media tumbuhan. Tanaman hias mencakup semua tanaman yang memiliki bentuk dan kesan indah yang sengaja di tanam dengan maksud dan tujuan tertentu.

Pemanfaatan tanaman hias tidak hanya terpaku pada bunga saja, tapi juga mencakup buah, daun dan tangkai/ranting dapat menjadi faktor keindahan tanaman hias.

Source : Grid.id

Budi daya tanaman hias tidak hanya menjadi hobi semata, tapi juga dapat menjadi peluang usaha. Bagi yang memiliki hobi bercocok tanaman mungkin akan tertarik dengan usaha ini. Tidak sulit untuk memulai usaha ini, dengan keuletan dan ketekunan bisa menghasilkan penghasilan yang cukup lumayan. Tentu saja tidak dalam waktu yang singkat, diperlukan proses yang cukup lama. Tapi jika hasil budidaya tanaman hias yang anda tanam bagus maka cukuplah untuk anda merasa puas. Yang perlu anda lakukan adalah mempelajari cara mudah budidaya tanaman hias agar tidak salah dalam penerapannya.
Hal-hal yang harus di perhatikan dalam budidaya tanaman hias adalah:

  1. Media Tanam
    Media tanam terdiri dari wadah atau pot tanaman dan juga tanah yang merupakan unsur pokok dalam penanaman. Jenis tanah sangat berpengaruh terhadap tanaman, jadi Media sebaiknya perhatikan kesesuaian antara media tanam dengan jenis tanaman yang yang akan di tanam.
  2. Pemilihan tanaman
    Pilihlah tanaman yang cukup mudah dalam perawatannya agar memudahkan pekerjaan anda. Setiap tanaman memiliki karakterisik yang berbeda dalam perawatan dan juga bisa sangat sensitif.
  3. Perawatan
    Perawatan tanaman hias terdiri dari penyiraman dan pemupukan tanaman. Siram tanaman secukupnya untuk menhindari pembusukan pada akar tanaman. Perhatikan setiap karakteristik tanaman dan sesuaikan cara perawatannya. Gunakan pupuk kompos untuk pemupukan, bila sulit anda juga bisa menggunakan pupuk buatan pabrik.
  4. Tempat
    Usahakan tanaman tidak terlalu seing terkena sinar matahari, buatlah semacam peneduh dari jaring-jaring untuk atap tanaman anda. Tapi kembali kepada karakteristik tanaman itu sendiri.

Air sangat berperan penting terhadap tanaman, karena air berguna untuk mengontrol suhu saat udara panas. Oleh karena itu penyiraman sangat berpengaruh terhadap kehidupan tanaman, kekurangan dan bahkan terlambat menyiram tanaman berdampak layu pada daun. Layu pada daun disebabkan oleh penguapan dalam sel tanaman akibat kekurangan kadar air dan juga suhu udara di sekitar yang panas. Penyiraman terlalu banyak juga berdampak buruk terhadap tanaman, apalagi tanaman dala pot. Ini akan membuat media tanam menjadi lumpur lebih lama sehingga membuat akar tanaman membusuk.

Baca Juga :  9 Langkah Cara Membuat Kompos Dari Sisa Dapur

Hal lain yang perlu di perhatikan dalam budi daya tanaman hias adalah:

  1. Hama tanaman, seperti ulat, serangga, lalat dan juga jamur. Lakukan penyemprotan anti hama terhadap jenis tanaman hias yang mudah terkena hama bila diperlukan.
  2. Penataan dan pemangkasan, agar tanaman tumbuh rapi  dan teratur lakukan penataan terhadap ranting dan tangkai tanaman agar hasilnya bagus seperti pada tanaman bonsai. Pemangkasan tanaman juga penting agar memicu tunas dan daun baru sehingga tumbuh bersamaan.
  3. Penggantian media tanam, hal ini dilakukan terhadap tanaman dalam pot yang disebabkan oleh penuhnya akar sehingga dapat menghambat pertumbuhan. Penggantian media tanam tergantung pada jenis tanaman

Tanaman Hias Daun

Kuping gajah

Tanaman ini sangat menarik karena bentuk pola dan warna hiasan daunya, daunnya besar dan berbentuk jantung dan sekilas mirip dengan kuping gajah, daunnya besar. Mungkin dengan inilah tanaman ini disebut dengan kuping gajah. Di daunnya terdapat tulang-tulang yang berurat-urat hijau mudah dan bewarna putih-keputihan yang membentuk pola hiasan bewarna perak.

Umumnya tanaman ini disebut dengan Anthurium Crystallinum ini adalah salah satu tanaman hias yang banyak terdapat dirumah-rumah warga.

Tumbuhan kuping gajah gampang tumbuhnya, hanya memerlukan sinar matahari secukupnya atau yang tidak terlalu penuh dan cukup dengan air. Tumbuhan ini mampu tumbuh diluar rumah dan didalam rumah sebagai tanaman hias yang bagus untuk anda.

Daun tumbuhan kuping gajah panjang bisa mencapai 40 cm dengan lebar daun 30 cm. terdapat juga dengan beberapa jenis tanaman-tanaman ini. berikut adalah gambar-gambarnya dan dengan jenisnya.

source : Brilio

Keladi Redstar

Sirih Gading

Sirih gading adalah tumbuhan merambat semi-epifit yang biasa ditanam orang sebagai penghias pekarangan atau ruangan, baik ditanam di tanah maupun dijadikan sebagai tanaman gantung. Tumbuhan anggota suku talas-talasan (Araceae) ini mudah dikenal dari warna daunnya yang belang warna kuning cerah hingga kuning pucat, merambat di batang pohon dengan daun yang besar sehingga menutupi batang pohon yang dirambatnya. Apabila ditanam di dalam pot, daunnya mengecil. Potongan cabangnya dapat bertahan hidup cukup lama apabila bagian pangkalnya dicelupkan ke air.

Tanaman Hias Bunga

Secara botani, bunga adalah bagian tanaman untuk menghasilkan biji. Penyerbukan dan pembuahan berlangsung pada bunga. Setelah pembuahan, bunga akan berkembang lebih lanjut membentuk buah. Pada tumbuhan berbunga, buah adalah struktur yang membawa dan melindungi biji. Banyak sekali tanaman hias yang mempunyai bunga yang indah dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi sehingga layak untuk di budidaya.

Baca Juga :  3 Jenis Aquaponik Sederhana, Menanam Sayur Bonus Ikan Segar

Berikut adalah contoh tanaman hias bunga yang memiliki bunga yang sangat indah.

Anggrek Bulan

Anggrek bulan termasuk dalam tanaman anggrek monopodial yang menyukai sedikit cahaya matahari sebagai penunjang hidupnya. Daunnya berwarna hijau dengan bentuk memanjang. Akar-akarnya berwarna putih dan berbentuk bulat memanjang serta terasa berdaging. Bunganya memiliki sedikit keharuman dan waktu mekar yang lama serta dapat tumbuh hingga diameter 10 cm lebih. Anggrek bulan menjadi bibit utama silangan anggrek di dunia.

Mawar

Source : Kompas

Mawar merupakan tanaman bunga hias berupa herba dengan batang berduri. Dalam perkembangannya, menyebar luas di daerah-daerah beriklim dingin (sub-tropis) dan panas (tropis). Mawar berasal dari dataran Cina, Timur Tengah dan Eropa Timur.

Bougenville

Tanaman Bougenville dikenal juga dengan nama kembang kertas. Bentuknya berupa pohon kecil yang tumbuh tegak. Bunga nya berwarna cerah dan menarik perhatian karena bunga tersebut muncul dengan rimbun.