Cara Menjaga Baterai Smartphone Agar Tidak ‘Bocor’


– Dalam dunia teknologi yang terus berkembang, smartphone menjadi alat komunikasi yang tak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari.

Namun, masalah baterai yang ‘bocor’ atau cepat habis seringkali menjadi kendala.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menjaga baterai smartphone agar tidak ‘bocor’.

Baca juga: Cara Bersihkan Memori Internal HP untuk Meningkatkan Performa

1. Hindari Penggunaan Smartphone Saat Pengisian Daya

Menggunakan smartphone saat sedang diisi daya dapat menyebabkan panas berlebih yang berpotensi merusak baterai. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak menggunakan smartphone atau mematikannya saat sedang di-charge.

2. Jangan Biarkan Baterai Terisi Penuh 100%

Mengisi baterai hingga 100% dan membiarkannya terhubung ke charger dapat menyebabkan tegangan berlebih dan panas yang berlebihan, yang pada akhirnya dapat merusak baterai.

3. Jangan Biarkan Baterai Terlalu Kosong

Menghabiskan baterai hingga 0% dan meninggalkannya dalam keadaan kosong untuk waktu yang lama akan membutuhkan lebih banyak daya dan panas untuk mengisi ulang, yang dapat menghasilkan gas lebih banyak dan merusak baterai.

4. Perhatikan Siklus Pengisian Baterai

Mengisi baterai terlalu sering atau terlalu penuh dapat merusak baterai. Idealnya, isi baterai Anda ketika berada di kisaran 40-60% atau 60-80%.

5. Hindari Suhu Ekstrem

Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat mengurangi kemampuan baterai untuk menyimpan energi. Pastikan untuk menjaga smartphone Anda dari paparan suhu ekstrem.

6. Gunakan Charger Berkualitas

Menggunakan charger yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi smartphone Anda sangat penting. Charger palsu atau tidak sesuai dapat menyebabkan kerusakan pada baterai.

7. Jangan Biarkan Smartphone LowBat

Menggunakan baterai hingga habis dapat merusak baterai dan menyebabkan kebocoran. Pastikan untuk segera mengisi daya baterai jika sudah mencapai 20-30%.

Baca Juga :  HP android kamu lemot?ikuti trik ini

8. Gunakan Fitur Battery Saver Mode

Fitur ini dapat membantu mengurangi konsumsi daya baterai dengan membatasi penggunaan aplikasi dan layanan yang tidak perlu.

9. Batasi Penggunaan Aplikasi

Banyaknya aplikasi yang aktif secara bersamaan dapat menjadi penyebab baterai smartphone boros. Non-aktifkan aplikasi yang tidak digunakan untuk menghemat daya baterai.

10. Gunakan Dark Mode

Menggunakan dark mode atau background gelap dapat mengurangi konsumsi daya pada layar, terutama jika smartphone Anda menggunakan layar AMOLED.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membantu memperpanjang umur baterai smartphone Anda dan menghindari masalah baterai yang bocor.

Ingatlah untuk selalu menggunakan smartphone dengan bijak dan melakukan perawatan yang tepat untuk menjaga kesehatan baterai.

Baca juga: Tips Bijak Melunasi Pinjaman Online (Pinjol)