Cara Membuat Tas dari Kain Perca dengan Mudah Tanpa Mesin Jahit


Tampaknya, tutorial mengenai cara membuat tas dari kain perca menjadi salah satu ide kerajinan tangan yang terbilang unik dan menarik untuk dicoba. Pasalnya, selain bahan perca yang mudah didapat, langkah-langkah pembuatannya pun juga relatif cukup mudah untuk diterapkan. Apalagi, jika ditekuni maka kerajinan tangan tas dari kain perca ini pun bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Selain itu, cara membuat tas berbahan kain perca yang akan kita bahas kali ini pun bisa juga diterapkan dengan bentuk desain yang sesuai keinginan. Apalagi, tanpa mesin jahit pun sobat bisa membuat sebuah tas dari bahan perca yang cukup cantik dan menarik. Sehingga, tak perlu membeli dengan harga yang mahal pun teman-teman bisa membuatnya sendiri yang bisa disesuaikan dengan selera. Cukup menarik bukan? Nah, lantas kira-kira bagaimana ya cara membuat tas dari kain perca itu?

kerajinan tas dar kain perca
Kerajinan Tas dari Kain Perca
Terkait dengan tutorial cara membuat tas dari kain perca ini, tampaknya memang bisa menjadi salah satu ide kerajinan yang menarik dan inspiratif. Sebab, selain sebagai bentuk penuangan kreasi imajinasi, penerapan cara membuat tas dari kain perca ini pun juga menjadi hal yang unik dan menjadi sebuah ide yang cukup bermanfaat. Tak hanya itu saja, beberapa jenis tas dengan mengandalkan bahan kain perca ini pun juga banyak macamnya, seperti tas jinjing, tas tangan, bahkan tas ransel anak pun juga bisa dibuat. Di sisi lain, sobat juga bisa mengembangkan imajinasinya dengan membuat sebuah desain tas dari kain perca berbentuk hexagonal yang terbilang cukup menarik. Nah, dari beberapa jenis tas dari kain perca tersebut, kali ini Cara Craft akan membahas tentang bagaimana cara membuat tas dari kain perca yang unik dan mudah dibuat tanpa perlu menggunakan mesin jahit. Untuk lebih jelasnya, yukk kita simak bersama penjelasan langkah-langkahnya di bawah ini.


Tutorial Cara Membuat Tas Tanpa Mesin Jahit

Nah, berkaitan dengan cara membuat tas dengan kain perca kali ini, kita akan membahas setidaknya 3 ide kreatif berupa tas tangan, tas jinjing, tas ransel anak, dan tas Patchwork berbentuk hexagon. Berikut di bawah ini penjelasannya.

1. Tas Tangan dari Kain Perca

Alat dan Bahan Membuat Tas Tangan dari Kain Perca

a. Pertama, siapkan kain perca secukupnya atau sesuai dengan kebutuhan.

b. Kertas kosong dan pensil untuk membuat polanya.

c. Kemudian, persiapkan sebuah busa angin tipis yang nantinya untuk bagian dalamannya.

d. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan benang jahit, jarum jahit, dan retsleting.

e. Sobat juga bisa mempersiapkan hiasan tas seerti pita, kancing hias, dan sebagainya.

tas tangan dari kain perca
Tas Tangan dari Kain Perca

Cara Membuat Tas Tangan dari Kain Perca

a. Langkah pertama dalam cara membuat tas tangan ini, sobat membuat pola tas tangan terlebih dahulu di bagian atas dengan menggunakan sebuah kertas kosong.

b. Kemudian, terapkan pola tersebut pada kain perca tadi dan potong kain perca dengan ukuran yang sama lalu satukan keduanya dengan cara dijahit.

c. Nah, menginjak pada tahapan cara membuat tas tangan berikutnya, kain perca yang sudah disatukan tadi digunting mengikuti alur pola yang sudah dibuat sebelumnya mengunakan kertas tadi. Sampai pada langkah ini, usahakan untuk melebihkan ukuran kain perca sepanjang 2 cm yang nantinya digunakan sebagai lipatan.

Baca Juga :  26+ Kerajinan dari Bahan Alam yang Mudah dan Sederhana

d. Jika sudah, letakkan busa angin pada atas kain kemudian jahitlah pada bagian setiap sisi-sisinya.

e. Selanjutnya, dalam menerapkan cara membuat tas tangan ini, kita juga harus membuat talinya dengan mengunakan kain perca dan sesuaikan ukurannya dengan pola yang sudah ada. Berikutnya, lapisilah dengan busa angin lalu jahitlah dan pasangkan pada tasnya.

f. Guna menambah kesan menarik, pasang retsleting dan beberapa aksesoris hiasan tas lainnya.

g. Kini, tas tangan dari kain perca pun sudah jadi dan siap dipakai.

2. Tas Jinjing dari Kain Perca

Alat dan Bahan Membuat Tas Jinjing dari Kain Perca

a. Kain perca dengan ragam warna.

b. Siapkan juga ½ meter kain blacu.

c. Lalu, persiapkan pula ½ kain flanel dengan motif menarik yang nantinya digunakan sebagai alas atau bagian dalamnya.

d. Benang jahit berwarna merah dan jarum jahit.

tas jinjing wanita dari kain perca
Tas Jinjing Wanita dari Kain Perca

Cara Membuat Tas Jinjing dari Kain Perca

a. Langkah pertama untuk membuat tas jinjing ini, sobat perlu menyusun sebuah ide model tas jinjing yang ingin dibuat. Setelah itu model tersebut digambar dalam bentuk pola.

b. Lanjut pada tahapan berikutnya, potonglh kain perca tadi dengan ukuran yang sama lalu gabungkan satu demi satu. Perlu diingat bahwa dalam hal ini, sobat bsa memotong kain perca tadi menjadi sebuah bentuk persegi atau segitiga atau bentuk lai sesuai selera. Yang terpenting yaitu upayakan antara kain perca memiliki warna yang cukup kontras supaya nantinya tas yang dibuat tampak menarik.

c. Jika sudah maka cara membuat tas jinjing berikutnya yakni dengan memotong kain blacu dengan ukuran 100 cm x 50 cm. Jahitlah kain blacu tersebut dengan bentuk kantong.

d. Beranjak pada tahapan selanjutnya, pasangkan bagian dalam pada tas yang terbuat dari kain flanel bermotif dengan memotong flanel tersebut sesuai ukuran. Lalu, jahitlah pada bagian yang sebelumnya sudah dibuat.

e. Menginjak ke langkah berikutnya, buatlah sebuah tali untuk tas. Caranya, potong 2 helai kain blacu yang berukuran 100 m x 10 cm. Jika sudah maka jahit dan sambungkan di bagian tas yang pertama tadi.

f. Apabila sudah terbentuk tas maka sobat hanya perlu menerapkan kain perca tadi di bagian luar dari tas tersebut.

g. Kini, tas jinjing dari kain perca pun sudah jadi dan siap digunakan.

3. Tas Ransel untuk Anak dari Kain Perca

Alat dan Bahan Membuat Tas Ransel untuk Anak dari Kain Perca

a. Pertama, siapkan selmbar kain perca dengan motif sesuai selera sebagai hiasan.

b. Selain itu, siapkan kain katun polos dan kain kapas sebagai bagian dalam tas.

c. Kain flanel pun juga perlu dipersiapkan sebagai bahan opsional yang nantinya diperlukan untuk menghias.

d. Benang sulam polos dan jarum jahit.

e. Terakhir, siapkan busa, tali tas, retsleting, dan ring D

tas ransel untuk anak dari kain perca
Tas Ransel untuk Anak dari Kain Perca

Cara Membuat Tas Ransel untuk Anak dari Kain Perca

a. Sebelum jauh memulai cara membuat tas ransel untuk anak, buatlah dulu pola tas ransel pada sebuah kertas.

b. Kemudian, potonglah kain katun mengikuti pola yang sebelumnya sudah dibuat.

Baca Juga :  30+ Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang Mudah Sederhana

c. Lalu, potonglah juga busa untuk mengikuti pola tas.

d. Jika sudah, langkah pembuatan selanjutnya yakni dengan menyatukan antara kain katun dengan kapas yang tadi sudah dipotong sesuai pola. Jangan lupa, sesuaikan pada bagian ujung dari kain dengan pola yang sebelumnya sudah dirancang tadi.

e. Jahit kain perca tersebut menjadi satu.

f. Menginjak pada tahapan cara membuat tas ransel untuk anak berikutnya, potonglah kai perca yang sudah dijahit atau disatukan tadi dengan menelusuri bentuk atau pola di bagian depan tas. Lalu, jahit atau sulamlah bagian tersebut.

g. Di langkah terakhir, pasang tali dan retsleting.

h. Tas ransel untuk anak dari kain perca sudah jadi.

4. Tas Patchwork Hexagon dari Kain Perca

Alat dan Bahan Membuat Tas Patchwork Hexagon dari Kain Perca

a. Bahan yang diperlukan yakni 4 lembar kain perca dengan warna dan motif yang berbeda.

b. Kain furing dan busa angin/fiber gulung. Bahan yang satu ini opsional saja.

c. Kertas karton

d. Gunting, jarum, benang jahit, pensil.

e. Restleting dan jarum pentul

tas patchwork hexagonal dari kain perca
Tas Patchwork Hexagonal dari Kain Perca

Cara Membuat Tas Patchwork Hexagon dari Kain Perca

a. Di tahapan awal dalam cara membuat tas yang satu ini, buatlah sebuah bentuk hexagon pada kertas karton. Kemudian, potonglah sesuai dengan garis pola yang dibuat.

b. Jiplaklah kertas karton yang sudah dipotong membentuk pola tadi dengan 28 pola hexagon. Kemudian tandai dengan pensil lalu potong dengan melebihkan beberapa cm dari panjang kain.

c. Beranjak pada cara membuat tas patchwork hexagon selanjutnya, buat sisi kanan tas dengan cara menjahit hexagon pada baris pertama dari atas sebanyak 3 buah lalu pada baris kedua 4 buah dan baris ketiga 3 buah.

d. Selain itu, jangan lupa bahwa untuk menambahkan 1/3 hexagon pada sisi kanan dan kiri baris ketiga. Selanjutnya, buat satu lagi dengan cara yang sama pada bagian sisi kiri tas, sisihkan. Kemudian buat untuk alas tas dengan menjahitnya secara memanjang sebanyak 8 hexagon. Sematkan jarum pentul untuk mempermudah anda dalam menjahit.

e. Satukan pada sisi kanan, kiri serta alas tas dengan cara dijahit.

f. Pada tahapan membuat tas hexagonal berikutnya, buatlah tali tas. Caranya, potonglah secara memanjang pada kain perca tersebut dengan ukuran yang diinginkan. Jahit sisi kain agar tampak lebih rapi dan kemudian, jahitlah pada badan tasnya.

g. Nah, menginjak pada tahapan yang berikutnya, letakkan busa angin atau disebut juga dengan fiber gulung di bagian dalam tas kemudian dijahit secara tindas (quilting).

h. Selanjutnya, pasanglah retsleting atau Velcro yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

i. Nah, kini tas patchwork hexagonal pun sudah jadi bisa digunakan.

Sebagaimana dengan cara membuat tas dari kain perca yang sudah dijelaskan di atas, sobat bisa memilih satu dari kempat ide di atas untuk dikembangkan menjadi sebuah tas yang unik dan laku dijual. Selain itu, dari beberapa langkah pembuatan tas dari kain perca di atas pun bisa kawan-kawan coba sendiri di rumah dalam bentuk konsep. Nah, saatnya pamit dulu ya sob. Semoga cara membuat tas dari kain perca yang diuraikan di atas menambah manfaat bagi kawan-kawan semua.