Cara Membuat Miniatur Mobil dari Kardus dan Kaleng Bekas


Mencoba menerapkan cara membuat miniatur mobil tampaknya bisa menjadi salah satu kegiatan kerajinan tangan yang cukup menarik untuk dicoba. Bukan tanpa alasan mengingat merancang sebuah miniatur mobil menjadi salah satu ide unik yang tentunya bisa mendatangkan keuntungan dari segi bisnis. Maka dari itu, tak jarang jika banyak yang mencoba ide kerajinan tangan miniatur mobil ini. Di sisi lain, memang cara membuat miniatur mobil terbilang cukup rumit dan sulit namun jika dicoba dengan langkah-langkah yang benar dan teliti maka proses pembuatannya pun akan terasa mudah. Nah, buat sobat yang ingin tahu bagaimana cara membuat miniatur mobil, kali ini Cara Craft akan berbagi tutorial lengkapnya, mulai dari bahan, alat-alatnya, sampai pada proses cara membuatnya.
kerajinan tangan miniatur mobil
Kerajinan Tangan Miniatur Mobil
Namun, sebelum jauh menginjak pada proses cara membuat miniatur mobil, ada beberapa hal yang perlu dipahami di mana salah satunya yaitu bahan yang diperlukan di mana salah satu yang utama yakni bahannya. Nah, terkait hal tersebut, kali ini Cara Craft akan mencoba untuk mengembangkan ide kreatif kerajinan tangan miniatur mobil ini dengan beberapa bahan bekas dan sederhana, antara lain seperti kaleng bekas, kardus bekas, dan dari kayu. Ketiga bahan utama tersebut bisa dibilang cukup mudah sobat dapatkan sehingga tak perlu memerlukan banyak biaya pun sebuah konsep miniatur mobil bisa kawan buat sendiri. Di sisi lain, cara membuat miniatur mobil sebenarnya juga membutuhkan beberapa tahapan atau proses yang setidaknya memerlukan tingkat ketelitian dan kesabaran tinggi mengingat akan sangat berpengaruh pada hasilnya di akhir. Nah, buat teman-teman yang penasaran ingin tahu cara membuat miniatur mobil, yuk kita lihat saja penjelasan dari Cara Craft terkait dengan seni kerajinan miniatur mobil.

Cara Membuat Miniatur Mobil

Di bawah ini, Cara Craft akan menjelaskan cara membuat miniatur mobil dari beberapa bahan sederhana yang mudah didapat. Beberapa di antaranya sebagai berikut :

1. Miniatur Mobil dari Kardus Bekas

Cara membuat miniatur mobil pun juga bisa dibuat dengan menggunakan bahan dari kardus bekas. Ide kreatif membuat miniatur mobil dari kardus bekas ini pun menjadi salah satu karya seni kerajinan yang cukup mudah dibuat, khususnya sebagai alternatif untuk menuangkan kreativitas dan bakat. Nah, untuk menerapkan cara membuat miniatur mobil dari kardus bekas ini, sobat perlu mempersiapkan beberapa hal, termasuk alat dan bahan.

kreasi miniatur mobil dari kardus bekas
Kreasi Miniatur Mobil dari Kardus Bekas

Alat dan Bahan Membuat Miniatur Mobil dari Kardus Bekas

a. Kardus bekas yang kondisinya masih baik

b. Selotip, gunting, lem, penggaris, dan pensil.

c. Tusuk sate atau sedotan maupun jeruji sepeda yang tak terpakai berjumlah dua batang yang nantinya digunakan sebagai as pada rodanya.

d. Jangan lupa siapkan juga kertas karton.

Baca Juga :  Cara Membuat Tas dari Kain Perca dengan Mudah Tanpa Mesin Jahit

e. Spidol Warna atau cat jenis empera paint/finger paint sebagai pewarnaan dengan warna yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Cara Membuat Miniatur Mobil dari Kardus Bekas

a. Langkah pertama dalam memulai cara membuat miniatur mobil kali ini yaitu dengan membuat polanya terlebih dahulu. Caranya, buatlah sebuah kotak memanjang dengan pola seperti pada mobil aslinya. Susun setiap komponen, seperti lingkaran kemudi, dashboard, pintu maupun kacak depan dan sampingnya dan rodanya. rekatkan kardus dengan menggunakan selotip pada bagian bawah dan atas kardus. Langkah ini dilakukan agar seluruh bagian tertutup dengan sempurna.

b. Setelah pola sudah selesai dibuat maka potonglah beberapa pola, seperti pintunya dengan menggunakan cutter.

c. Jangan lupa untuk memotong pola kaca depan. Nah, untuk memotong bagian ini dimulai dari sisi pintu mobil terlebih dahulu kemudian potong secara melintang dari pintu lainnya. Menginjak pada tahapan cara membuat miniatur mobil kali ini, usahakan jangan memotong kardus semuanya sekaligus. Sisakan setidaknya 1 sisi pada bagian depan kardus yang nantinya agar tetap dapat terhubung dengan badan kardus tersebut.

d. Kemudian, beralih pada langkah selanjutnya yaitu di sisi interior. Pada bagian ruang kabin ini, kita akan memulai membuat jok atau kursinya. Caranya yaitu dengan melipat potongan pada bagian belakang mobil sampai terbentuk sebuah kursi.

e. Nah, apabila proses pembuatan pola, pemotongan, sampai pada pelipatan sudah dilakukan maka langkah berikutnya sobat hanya perlu memberikan pewarnaan. Pemberian warna kali ini bisa dengan menggunakan cat atau spidol yang sudah dipersiapkan sebelumnya sesuai dengan selera. Jika sudah, tunggu sampai cat mengering.

f. Selain itu, pada tahapan proses cara membuat miniatur mobil di langkah ini sobat bisa membuat atau menambahkan beberapa detail pada tiap-tiap bagian selayaknya mobil aslinya.

g. Setelah itu, menginjak pada cara membuat miniatur mobil berikutnya, sobat bisa menambahkan beberapa aksesoris. Seperti dengan menambahkan gelas kertas pada bagian depan mobil yang nantinya diibaratkan sebagai headlamp atau lampu depan. Rekatkan dengan menggunakan lem hingga kedua gelas menempel dan buat bagian lebar gelas mengarah ke depan.

h. Sementara itu, untuk menambahkan lampu belakang atau stop lamp, kawan-kawan bisa menggunakan dua tutup botol bekas. Sedangkan pada bagian rodanya, gunakan piringan kertas atau kertas karton dengan pola seperti roda mobil. Lalu, rekatkan pola roda tersebut pada setiap keempat sisi roda.

i. Nah beranjak pada pembahasan cara membuat miniatur mobil yang terakhir, tambahkan beberapa detail pada bagian eksteriornya. Teman-teman bisa menggunakan karton untuk membuat logo. Kini, miniatur mobil dari kardus sudah siap digunakan untuk mainan.

2. Miniatur Mobil dari Kaleng Bekas

Selain dari kardus, cara membuat miniatur mobil pun bisa juga dengan menggunakan kaleng bekas. Kerajinan membuat miniatur mobil ini pun juga bisa digunakan sebagai souvenir menari atau pajangan untuk menghias ruang tamu. Nah, kali ini cara membuat miniatur mobil akan menggunakan kaleng bekas Coca Cola. Berikut beberapa persiapan yang diperlukan.

Baca Juga :  20+ Kerajinan dari Kayu yang Mudah dan Sederhana Dibuat
kreasi kerajinan miniatur mobil dari kaleng bekas
Kreasi Kerajinan Miniatur Mobil dari Kaleng Bekas

Alat dan Bahan Membuat Miniatur Mobil dari Kaleng Bekas

a. Siapkan kaleng minuman bekas yang masih utuh. Kali ini, Cara Craft menggunakan kaleng bekas Coca Cola sebanyak 5 buah.

b. Lalu, sediakan juga lem alteco dan cutter tajam.

c. Spidol untuk menggambar pola.

d. Kemudian, persiapkan juga tusuk sate atau kawat maupun jeruji sepeda sebagai as rodanya.

e. Terakhir, tutup botol plastik untuk membuat rodanya.

Cara Membuat Miniatur Mobil dari Kaleng Bekas

a. Langkah awal dalam cara membuat miniatur mobil dari kaleng bekas ini, potonglh kepada dan bagian bawah kaleng bekas Coca Cola yang sudah disiapkan sebelumnya.

b. Kemudian, belahlah kaleng tersebut sehingga menjadi satu lempengan persegi panjang.

c. Jika sudah, pastikan lempengan kaleng bekas tersebut rata dan kaku supaya tak tergulung. Langkah ini dilakukan agar cara membuat miniatur mobil pada sat nantinya membuat pola menjadi lebih mudah. Lakukan juga pada keempat kaleng yang lain.

d. Menginjak pada tahapan selanjutnya, baliklah bagian yang polos dan buatlah sebuah pola gambar miniatur mobil sesuai keinginan. Pola yang digambar yaitu membentuk mobil mulai dari sisi depan, samping dan belakang. Jika sudah, potonglah pola tersebut sesuai dengan garis gambar yang dibuat dengan menggunakan cutter atau gunting besar agar mudah.

e. Kemudian, cara membuat miniatur mobil berikutnya yakni dengan membentuk beberapa lempengan tadi dijadikan sebuah bagian miniatur layaknya mobil aslinya.

f. Selanjutnya, buatlah knalpotnya dari sisa potongan pola tadi. Buatlah saluran pembuangan seperti pada mobil aslinya.

g. Beranjak pada tahapan cara membuat miniatur mobil berikutnya, Satukan bagian miniatur mobil mobilannya menjadi satu bagian menggunakan lem alteco. Diamkan sesaat sampai lem kering dan rekatannya kuat.

h. Selanjutnya, buatlah bagian rodanya dengan menggunakan tutup botol plastik bekas beserta tusuk atau jeruji sepeda sebagai as roda.

i. Nah, kini selesai sudah cara membuat miniatur mobil dari kaleng bekas yang bisa sobat coba sendiri di rumah.

Nah, kedua kerajinan tangan berupa cara membuat miniatur mobil di atas bisa sobat coba sendiri di rumah. Namun, hal yang perlu diingat bahwa dalam proses pembuatannya, mulai dari persiapan alat, bahan, sampai pada langkah-langkah membuatnya harus dilakukan dengan benar dan teliti serta sabar. Pasalnya, kerajinan miniatur mobil ini membutuhkan sebuah pola yang dibuat dengan begitu detail. Sampai di sini dulu perjumpaan kita ya sob. Semoga, langkah-langkah mengenai cara membuat miniatur mobil di atas bisa bermanfaat buat kawan-kawan. Sekian dan selamat berkreasi.