Cara Membuat Aneka Kreasi Bunga dari Sedotan


Bagi kawan-kawan yang ingin tahu cara membuat bunga dari sedotan, tampaknya kunjungan sobat ke sini dirasa tepat. Pasalnya, pada pertemuan kali ini, Cara Craft akan berbagi tips atau tutorial mengenai cara membuat aneka kreasi bunga dari sedotan dengan langkah-langkah yang mudah untuk diterapkan. Terkait hal tersebut, kerajinan tangan membuat bunga yang akan kita bahas kali ini pun bisa menjadi salah satu ide unik. Bukan hanya sebuah alibi semata mengingat selain hasilnya menarik, aneka bunga yang dibuat dari sedotan ini pun juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Sehingga, tak salah jika saat ini kreasi kerajinan bunga dari sedotan menjadi salah satu ide kreatif yang banyak dilakukan oleh para pengrajin. Pastinya, teman-teman juga pada penasaran kan, kira-kira bagaimana sih cara membuat bunga dari sedotan itu?

kreasi kerajinan tangan membuat bunga dari sedotan
kreasi kerajinan tangan membuat bunga dari sedotan
Sebenarnya, cara membuat aneka kreasi bunga dari sedotan itu bisa dibilang mudah namun juga tak bisa disepelekan begitu saja. Sebab, meski sekilas tampak mudah dan simple tetapi langkah-langkah yang akan ditempuh saat proses pembuatannya membutuhkan tingkat ketelitian tinggi dan tentunya kesabaran. Hal itu tak lepas dari pola bunga yang akan kita buat di mana setiap jenis bunga memiliki bentuk dan pola yang berbeda-beda sehingga tingkat kesulitan dalam proses pembuatannya pun juga tak sama. Namun, dengan sobat mengetahui cara membuat bunga dari sedotan yang akan Cara Craft sajikan kali ini, tampaknya akan membantu kawan-kawan agar lebih mudah dalam proses pembuatannya nanti. Nah, tak perlu berlama-lama, mari kita simak saja ulasan kali ini mengenai cara membuat aneka kreasi bunga yang akan dijelaskan satu per satu pada segmen-segmen di bawah ini!

Cara Membuat Bunga dari Sedotan

Kali ini, cara membuat bunga dari sedotan yang akan kita bahas terdiri dari berbagai jenis bunga. Beberapa di antaranya seperti bunga anggrek, bunga matahari, bunga tulip, bunga mawar, dan bunga teratai. Berikut penjelasannya :

1. Cara Membuat Bunga Anggrek dari Sedotan

Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah penerapan cara membuat bunga anggrek dari sedotan. Antara lain sebagai berikut :

bunga anggrek dari sedotan
bunga anggrek dari sedotan

a. Pertama, siapkan dulu sedotan plastik berwarna merah dan hijau. Selain itu, siapkan juga tali rafia berwarna hijau. Jumlah sedotan bisa menyesuaikan. Khusus sedotan warna hijau, sediakan dua ukuran yang satu besar sedangkan yang lain berukuran lebih kecil.

b. Di sisi lain, sobat juga memerlukan beberapa alat seperti gunting tang, jarum pentul, kawat, penggaris.

c. Nah, menginjak pada tahapan selanjutnya, kita akan memulai cara membuat bunga anggrek dari sedotan yaitu dengan membelah sedotan yang berwarna hijau. Kawan-kawan bisa membelahnya dengan menggunakan gunting.

d. Setelah dibelah, bukalah belahan sedotan berwarna hijau tersebut lalu gurat secara sejajar dan memanjang dengan memakai sudut penggaris.

e. Kemudian, lipatlah sedotan tersebut menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama. Potong ujungnya sampai bentuknya meruncing.

f. Selanjutnya, cara membuat bunga anggrek berikutnya yakni ambilah sebuah sedotan dengan ukuran yang lebih kecil berwarna merah. Belah dan gurat menggunakan ujung penggaris seperti pada langkah awal tadi.

g. Lalu, potong dengan pola yang sama. Potongan dijadikan menjadi 3 lembar sedotan saja.

h. Nah, beralih ke langkah selanjutnya, tumpuklah ketiga lembar sedotan yang sudah dibentuk tadi kemudian ditusuk menggunakan jarum pentul. Langkah ini dilakukan untuk membuat putih bunga serta sebagai inti dari bunga. Menginjak tahapan cara membuat bunga anggrek dari sedotan yang satu ini cukup rumit, maka dari itu telitilah dalam membuat polanya.

i. Jika sudah, ambil sedotan yang berwarna hijau dan bentuklah dengan pola yang sama dengan langkah di atas. Hanya saja, dalam hal ini potonglah sedotan tersebut dengan ukuran yang lebih kecil sebagai kelopak bawah.

Baca Juga :  Cara Menghias Kamar Sendiri dari Bahan Sederhana

j. Sebagai tangkai bunganya, pasanglah kawat dan lilit dengan menggunakan tali rafia berwarna hijau.

k. Apabila sudah maka cara membuat bunga anggrek dari sedotan berikutnya sobat cukup merangkainya sesuai pola rangkaian layaknya bunga anggrek asli.

2. Cara Membuat Bunga Matahari dari Sedotan

Selain itu, bahan sedotan plastik pun juga bisa digunakan sebagai bahan pada cara membuat buga matahari dengan langkah-langkah sebagai berikut :

bunga matahari dari sedotan
bunga matahari dari sedotan

a. Sebagai langkah awal dalam membuat bunga matahari dari sedotan, tentunya persiapkan dulu sedotan plastik berwarna kuning sebanyak 6 batang saja.

b. Selain itu, persiapkan kawat halus atau tali pancing, putik dari kancing yang dilapisi kain, gunting, dan jarum jahit.

c. Jika sudah, cara membuat bunga matahari di langkah awal ini yakni dengan memotong sedotan menjadi 8 bagian tiap batangnya.

d. Kemudian, tiap potongan tersebut digunting sampai membentuk sebuah pola setengah lingkaran. Potonglah pada bagian ujungnya saja sehingga terkesan meruncing.

e. Pada sedotan yang ujungnya telah digunting, potonglah menjadi dua bagian lagi.

f. Nah, selanjutnya yang perlu sobat lakukan yaitu dengan menusuk pada setiap helai mahkota bunga yang terletak pada bagian pangkal. Untuk menerapkan proses ini, sobat bisa dengan menggunakan jarum jahit yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

g. Berikutnya, segera masukan kawat halus atau tali pancing tadi pada setiap lubang bekas tusukan jarum.

h. Menginjak pada tahapan selanjutnya, jika semuanya telah tersusun maka hal yang perlu teman-teman lakukan yaitu dengan menyatukan dua ujung kawat atau tali pancing tersebut kemudian ikat dengan kuat.

i. Jangan lupa, pada saat proses pemasukan tali pancing atau kawat halus tersebut, masukan juga putik bunga di tengah ikatan, kemudian tutup pangkal putik dengan kelopak bunga.

3. Cara Membuat Bunga Tulip dari Sedotan

Di sisi lain, sobat juga bisa mencoba untuk menerapkan cara membuat bunga tulip dari sedotan. Di mana, langkah-langkah pembuatannya juga terbilang cukup mudah. Berikut tahapan-tahapan yang perlu kawan tempuh, yakni :

bunga tulip dari sedotan
bunga tulip dari sedotan

a. Sebelumnya, perlu untuk kawan ketahui bahwa dalam menerapkan cara membuat bunga tulip yang satu ini, untuk 1 kuntum bunga tulip akan memerlukan setidaknya 3 batang sedotan.

b. Nah, 1 dari 3 sedotan tersebut dilipat menjadi 3 bagian. Guntinglah 1/3 bagian, kita akan memakai yang 2/3 bagian lain.

c. Pada bagian 2/3 tadi dilipat kemudian buatlah sebuah lubang dengan mengunakan gunting pada sudut kiri dan kanan bawah atau pas pada tekukan lipatannya. Potong bagian tersebut dan buat pola dengan bentuk yang sedikit membulat ke sudut kiri atas.

d. Jika sudah, pipihkan sedotan dengan cara menyejajarkan lubang kemudian guntinlah pada sisi yang ukurannya lebih pendek. Jangan lupa untuk menyisihkan ½ cm dari lubang. Sampai pada tahapan cara membuat bunga tulip dari sedotan ini, usahakan pada saat pemotonga sedotan jangan sampai putus.

e. Kemudian, lipatlah balik sedotannya dan berilah guratan mengarah dari luar ke dalam. Langkah ini dilakukan supaya sedotan membentuk seperti lengkungan ke dalam.

f. Nah, sampai di sini, sobat bisa menambahkan 3 kelopak dan masukan ke bagian dalam dari putik secara selang seling. Tutup dengan kelopak bagian bawah.

g. Untuk membuat tangkanya, kawan-kawan bisa mengunakan kawat yang dibalut benang berwarna hijau.

4. Cara Membuat Bunga Mawar dari Sedotan

Menginjak pada segmen selanjutnya, kali ini Cara Craft akan berbagi tutorial mengenai bagaimana cara membuat bunga mawar dari sedotan. Berikut di bawah ini langkah-langkahnya :

bunga mawar dari sedotan
bunga mawar dari sedotan

a. Untuk menerapkan cara membuat bunga mawar dari sedotan kali ini, siapkan dulu bahan dan alatnya yang berupa sedotan berwarna merah sebanyak 5 batang, sisir sedotan (opsional), kawat, gunting, jarum, dan cuter.

Baca Juga :  6 Ide Kerajinan Tangan dari Kain Flanel yang Unik dan Cara Membuatnya

b. Jika sudah, kita akan mengawalinya dengan memotong setiap sedotan dengan masing-masing batang menjadi 3 bagian sama panjang. Kemudian, ambil 1 dari 3 batang sedotan yang telah dipotong tersebut lalu lipat menjadi 2 bagian yang sama panjang.

c. Setelah itu, buatlah lubang pada setiap ujung kanan maupun ujung kiri pada lipatannya. Gunakan gunting atau cuter untuk melubanginya.

d. Kemudian, cara membuat bunga mawar selanjutnya yakni dengan menggunting sisi pendek pada ujung yang satunya ke bagian lubang dan sisakan setidaknya ½ cm. Ingat, pada tahapan ini, usahakan jangan sampai putus mengenai lubang.

e. Nah, selanjutnya, lipat balik ke luar sisi pada bagian yang sudah digunting tadi. Pada saat melipat, berikan sedikit sisa, lipatan jangan sampai mengenai lubang.

f. Nah, lakukan langkah-langkah tersebut pada setiap potongan sedotan yang lain.

g. Apabila sobat sudah menyiapkan aksesoris berupa putik dan kelopaknya, masukan saja 3 buah kelopak ke dalam putik dari arah bawah.

h. Sementara itu, pada kelopak yang lain, guntinglah sedikit pada bagian bawah dari lipatan sikunya. Kemudian, masukan kelopak bunganya pada putik.

i. Sampai pada langkah ini, jika seluruh kelopak sudah terpasang rapi maka tutuplah ujung bawah putik dengan kelopak hijau daun.

j. Menginjak pada langkah selanjutnya, buatlah batang bunga dari kawat yang sebelumnya sudah dilapisi atau dibalut dengan benang atau kertas pita yang berwarna hijau.

5. Cara Membuat Bunga Teratai dari Sedotan

Di sisi lain, sedotan juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat bunga teratai yang cukup cantik dengan langkah-langkah yang terbilang mudah. Untuk tahapan-tahapan yang perlu dilakukan, sebagai berikut :

bunga teratai dari sedotan
bunga teratai dari sedotan

a. Hal awal yang perlu dilakukan untuk menerapkan cara membuat bunga teratai dari sedotan yakni dengan mempersiapkan alat dan bahan-bahannya. Beberapa di antaranya yakni sedotan berjumlah 12 batang, putik, kelopak plastik, silet, tang, lem plastik, jarum jahit, kunci bekas, lilin beserta korek api, kawat maupun lidi serta vas bunga atau botol plastik.

b. Pertama, bagilah tiap-tiap sedotan menjadi 4 bagian yang sama panjang.

c. Jika sudah selanjutnya sobat harus menggunting 2/3 bagian lebar sedotan. Caranya, gunting dari arah secara melengkung dan buatlah ujungnya menjadi meruncing atau lancip.

d. Bukalah potongan sedotan tadi lalu lipat ke arah dengan mengikuti garis sedotan. Lipat balik lagi pada bagian pangkalnya sedikit saja.

e. Cara membuat bunga teratai dari sedotan selanjutnya yakni dengan menusuk pada bagian pangkal sedotan memakai jarum lalu masukan kawat tersebut pada lubang yang sudah dibuat sebelumnya pada bagian kelopak bunganya. Kemudian, masukan saja seluruh kelopak bunganya.

f. Menginjak pada tahapan membuat bunga selanjutnya, kawan-kawan tinggal mengikatnya dengan cara melingkarkan dalam satu sisi kawat ke sisi lainnya.

g. Nah, langkah terakhir yang perlu kawan lakukan yakni dengan menambahkan putik beserta kelopak plastik pada bagian bawah bunga teratai.

Nah, bagaimana kawan? Dari kelima cara membuat aneka kreasi bunga dari sedotan di atas, Cara Craft yakin teman-teman pasti bisa mencobanya sendiri di rumah. Selain itu, dengan beberapa langkah-langkah praktis yang telah diulas per segmen di atas, tentunya akan mempermudah proses pembuatan, mulai dari membuat bunga anggrek, bunga matahari, bunga tulip, bunga mawar, dan bunga teratai. Kiranya, sampai di sini dulu perjumpaan kita. Cara Craft berharap semoga saja beberapa langkah terkait topik cara membuat aneka kreasi bunga dari sedotan di atas bisa memberikan kemudahan bagi sobat semua yang ingin membuat bunga buatan sendiri di rumah. Sekian dan selamat berkreasi.