Bank DKI Distribusikan KLJ, Berikut Cara Mendapatkannya!!


– Jakarta, sebagai ibu kota Indonesia, memiliki populasi lansia yang signifikan. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengakui kebutuhan untuk mendukung kelompok usia ini, terutama mereka yang menghadapi kesulitan ekonomi.

Untuk itu, Kartu Lansia Jakarta (KLJ) diperkenalkan sebagai solusi yang memberikan bantuan finansial kepada lansia yang membutuhkan.

Manfaat KLJ bukan hanya sekadar kartu, melainkan simbol kepedulian dan dukungan bagi lansia di Jakarta.

Dengan KLJ, lansia yang terdaftar menerima dana sebesar Rp 600.000 setiap tiga bulan sekali, yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka.

Ini merupakan langkah nyata dalam meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi beban ekonomi lansia. Syarat Penerima Kartu Lansia Jakarta yakni tidak semua lansia di Jakarta berhak menerima KLJ. Ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi:

1. Usia 60 tahun ke atas: KLJ ditujukan untuk mereka yang telah mencapai usia 60 tahun atau lebih.

2. Berekonomi rendah dan terdaftar dalam DTKS: Lansia dengan kondisi ekonomi rendah yang tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) berhak atas bantuan ini.

3. Tidak memiliki penghasilan tetap: Lansia yang tidak memiliki penghasilan tetap atau penghasilan sangat kecil sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

4. Menderita penyakit menahun atau terlantar: Lansia yang menderita penyakit kronis, terbaring di tempat tidur, atau terlantar secara psikis dan sosial juga menjadi fokus program ini.

Cara Mendaftar Kartu Lansia Jakarta

Proses pendaftaran KLJ cukup sederhana dan dapat dilakukan melalui beberapa langkah berikut:

1. Siapkan Dokumen: Calon penerima harus menyiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK).

2. Unduh Aplikasi Cek Bansos: Aplikasi ini tersedia untuk diunduh di ponsel.

3. Registrasi: Buka aplikasi dan pilih menu registrasi, ikuti arahan yang diberikan.

Baca Juga :  5 Cara Jika M-Banking Sedang Error

4. Daftar Usulan DTKS: Setelah selesai registrasi, lanjutkan dengan mendaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial melalui menu Daftar Usulan.

Pentingnya Verifikasi dan Validasi

Pemprov DKI Jakarta terus melakukan verifikasi dan validasi lapangan untuk memastikan bahwa hanya lansia yang memenuhi syarat yang menerima KLJ. Ini adalah bagian penting dari proses untuk menjaga integritas dan efektivitas program.

KLJ adalah inisiatif yang berharga dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mendukung lansia yang kurang mampu.

Dengan memenuhi syarat dan mengikuti prosedur pendaftaran yang benar, lansia di Jakarta dapat memanfaatkan manfaat yang ditawarkan oleh program ini.

Mari kita dukung dan sebarkan informasi ini agar lebih banyak lansia yang dapat merasakan manfaat dari Kartu Lansia Jakarta.

Sebagai informasi tambahan untuk mengambil uang KLJ dapat menggunakan kartu anjungan tunai mandiri (ATM) yang diterbitkan oleh Bank DKI.

Bank DKI adalah salah satu bank yang berperan dalam mendistribusikan KLJ kepada para lansia di Jakarta.

Baca juga: Proyeksi Suku Bunga Perbankan di Indonesia Bulan Juni 2024