9 Tips Mengganti Kartu ATM BRI di Cabang


– Mengganti kartu ATM BRI yang telah kedaluwarsa adalah proses yang penting untuk memastikan akses ke rekening bank Anda tetap aman dan lancar.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam proses penggantian kartu ATM BRI di cabang:

1. Cek Tanggal Kedaluwarsa Kartu ATM Anda

Sebelum kartu ATM Anda kedaluwarsa, periksa tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kartu. Biasanya, tanggal ini dicantumkan dalam format bulan dan tahun, seperti “12/25”, yang berarti kartu valid hingga akhir Desember 2025.

2. Persiapkan Dokumen yang Diperlukan

Saat akan mengganti kartu ATM, pastikan Anda membawa dokumen-dokumen berikut ke cabang BRI:

– Kartu ATM BRI yang akan diganti.

– Buku tabungan BRI.

– Kartu identitas asli (e-KTP) sesuai nama nasabah.

3. Kunjungi Kantor Cabang BRI Terdekat

Datanglah ke kantor cabang BRI terdekat dengan membawa dokumen yang telah disebutkan. Ambil nomor antrian dan tunggu giliran Anda untuk dilayani oleh customer service (CS).

4. Sampaikan Keperluan Anda kepada CS

Setelah nomor antrian Anda dipanggil, sampaikan kepada CS bahwa Anda ingin mengganti kartu ATM karena telah kedaluwarsa. CS akan membantu proses penggantian dan meminta Anda untuk mengisi formulir yang diperlukan.

5. Proses Penggantian Kartu ATM

Setelah mengisi formulir, CS akan memproses penggantian kartu ATM Anda. Anda mungkin akan diminta untuk menyetel PIN baru untuk kartu ATM yang baru.

6. Biaya Penggantian Kartu ATM

Jika Anda mengganti kartu sebelum tanggal kedaluwarsa, penggantian biasanya gratis. Namun, jika kartu sudah kedaluwarsa, Anda mungkin akan dikenakan biaya antara 10-20 ribu rupiah, tergantung kebijakan cabang.

7. Penggantian Kartu ATM Melalui CS Digital

Untuk kemudahan, BRI juga menyediakan opsi penggantian kartu ATM melalui CS Digital. Anda dapat mengunjungi mesin CS Digital terdekat, mengikuti instruksi pada layar untuk penggantian kartu, dan melakukan verifikasi e-KTP serta sidik jari.

Baca Juga :  Bank DKI Distribusikan KLJ, Berikut Cara Mendapatkannya!!

8. Konfirmasi dan Aktivasi Kartu ATM Baru

Setelah proses penggantian selesai, pastikan kartu ATM baru Anda telah diaktifkan dan siap digunakan. Konfirmasi dengan CS bahwa semua proses telah dilakukan dengan benar.

9. Simpan Kartu ATM dengan Aman

Setelah menerima kartu ATM baru, simpanlah dengan aman dan jangan lupa untuk memusnahkan kartu ATM lama Anda untuk mencegah penyalahgunaan.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memastikan proses penggantian kartu ATM BRI Anda berjalan dengan lancar dan aman.

Selalu ingat untuk memperbarui kartu ATM Anda sebelum tanggal kedaluwarsa untuk menghindari gangguan dalam transaksi keuangan Anda.

Baca juga: Cetak Laba Rp15,98T di Triwulan I 2024, Analis Rekomendasi Beli Saham BBRI