8 Cara Cek Gaji Sudah Dipotong Iuran Tapera Atau Belum


– Dalam rangka mendukung program perumahan bagi masyarakat, pemerintah Indonesia telah mengimplementasikan program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam memiliki rumah dengan cara menabung melalui pemotongan gaji bulanan.

Berikut adalah panduan lengkap tentang cara mengecek gaji yang dipotong untuk iuran Tapera.

Langkah 1: Mengerti Dasar Hukum Tapera

Sebelum mengecek pemotongan gaji, penting untuk memahami dasar hukum Tapera. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2020 dan perubahannya PP Nomor 21 Tahun 2024 mengatur tentang penyelenggaraan Tapera. Pekerja dengan gaji minimal setara upah minimal regional (UMR) diwajibkan menjadi peserta Tapera.

Langkah 2: Mengakses Situs Resmi Tapera

Untuk mengecek apakah gaji Anda sudah dipotong untuk iuran Tapera, Anda dapat mengunjungi situs resmi BP Tapera. Alamat situsnya adalah [SITARA](^5^), di mana Anda dapat memeriksa status kepesertaan Anda.

Langkah 3: Memasukkan Data Pribadi

Setelah mengakses situs SITARA, Anda perlu memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) Anda. Kemudian, klik “Cek Kepesertaan” untuk melihat informasi terkait gaji Anda.

Langkah 4: Memahami Besaran Iuran

Pemotongan gaji untuk iuran Tapera ditetapkan sebesar 3% dari gaji. Dari jumlah tersebut, pemberi kerja membayar 0,5%, sedangkan pekerja membayar 2,5%⁴.

Langkah 5: Mengetahui Jadwal Pembayaran

Pembayaran iuran Tapera oleh pemberi kerja harus dilakukan setiap bulan, paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya dari bulan simpanan yang bersangkutan.

Langkah 6: Menyadari Kewajiban Peserta

Peserta Tapera wajib mengetahui bahwa mereka memiliki kewajiban untuk menabung melalui pemotongan gaji. Program ini wajib bagi pekerja yang memenuhi syarat kepesertaan sesuai dengan PP No. 21 Tahun 2024 Pasal 7.

Langkah 7: Memeriksa Manfaat Pembiayaan

Baca Juga :  10 Tips Menghindari Penipuan QRIS Palsu

Tidak semua pekerja yang dipotong gajinya untuk Tapera bisa mendapatkan manfaat pembiayaan rumah. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa syarat dan ketentuan yang berlaku.

Langkah 8: Mengetahui Hak Peserta

Setelah kepesertaan Tapera berakhir, peserta berhak memperoleh pengembalian simpanan dan hasil pemupukannya. Pengembalian ini wajib diberikan paling lama 3 bulan setelah kepesertaan dinyatakan berakhir.

Mengecek gaji yang dipotong untuk iuran Tapera adalah proses yang mudah dan dapat dilakukan secara online.

Dengan memahami prosedur dan kewajiban yang ada, peserta Tapera dapat memastikan bahwa mereka berkontribusi pada tabungan perumahan mereka dan memanfaatkan manfaat yang ditawarkan oleh program ini.

Pastikan untuk selalu memeriksa informasi terbaru terkait Tapera untuk memastikan kepatuhan dan memanfaatkan program ini secara maksimal.

Baca juga: Pemerintah Potong Gaji Karyawan, Ini Yang Dimaksud Tapera