6 Tips Agar Baterai Smartphone Awet


– Handphone atau gawai sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari semua orang.

Namun, kecanggihan fitur dan aplikasi dalam HP seringkali membuat daya baterai semakin boros, yang bisa merugikan jika ponsel tak bisa diakses dalam situasi darurat.

Oleh karena itu, penting untuk memahami cara agar baterai HP tidak boros, dan dapat tetap berfungsi optimal sepanjang hari tanpa harus terus-menerus isi daya.

Berikut adalah beberapa tips agar baterai smartphone kamu tahan lama:

1. Isi Baterai Secara Teratur: Baterai lithium-ion lebih baik saat diisi secara teratur. Hindari pengosongan total berulang, karena ini dapat memperpendek umur baterai dan kapasitasnya.

2. Sesuaikan Kecerahan Layar dan Mode Hemat Daya: Atur kecerahan layar sesuai kebutuhan dan pertimbangkan mode hemat daya. Menggunakan fitur “Night Mode” atau “Blue Light Filter” di malam hari juga membantu mengurangi ketegangan mata dan meningkatkan kualitas tidur.

3. Batasi Notifikasi: Batasi notifikasi hanya untuk aplikasi yang penting. Setiap notifikasi menggunakan daya untuk menyalakan layar atau mengeluarkan suara. Mengelola notifikasi membantu menghemat baterai dan mengurangi gangguan.

4. Hemat Data Seluler: Matikan data seluler ketika tidak digunakan dan hindari streaming video atau musik berlebihan. Ini membantu menghemat baterai dan mengontrol konsumsi data.

5. Hindari Suhu Ekstrem: Suhu panas atau dingin dapat mempengaruhi kinerja baterai. Jaga smartphone agar tidak terpapar suhu ekstrem.

6. Perbarui Perangkat Lunak: Selalu perbarui perangkat lunak smartphone ke versi terbaru. Pembaruan seringkali mengoptimalkan penggunaan daya dan kinerja baterai.

Semoga tips ini membantu baterai smartphone kamu tetap awet dan tahan lama!

Baca Juga :  5 Langkah Antisipasi Ransomware yang Semakin Ganas