4 Tips Memilih Reksa Dana yang Tepat


– Kemudahan dan keterjangkauan investasi reksa dana, terutama bagi investor pemula, menjadi daya tarik yang tak terbantahkan.

Terlebih, kemudahan ini juga didukung oleh banyaknya platform dan aplikasi investasi online yang memungkinkan investor membeli reksa dana dengan smartphone di genggaman tangan.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, kini datang tantangan tersendiri terkait jenis dan jumlah reksa dana yang terus bertambah dari hari ke hari.

Fund Growth Specialist PT Indo Premier Sekuritas, Muhammad Arie Fadhlillah menjelaskan dalam setahun banyak produk reksa dana baru yang diluncurkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan investor.

“Dengan banyaknya pilihan reksa dana yang tersedia, menjadi penting untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasi masing-masing,” ujarnya.

Nah, untuk membantu para investor dalam memilih reksa dana yang tepat, Fadhlil pun menyampaikan 5 tip berikut ini:

1. Kenali Profil Risiko Investasi

Setiap investor memiliki profil risiko yang berbeda-beda, mulai dari konservatif, moderat hingga agresif. Penting untuk memahami karakter berinvestasi diri sendiri.

“Sesuaikan produk reksa dana dengan profil risiko diri kamu untuk mengoptimalkan hasil investasi,” sarannya.

2. Reputasi Manajer Investasi

Pilihlah Manajer Investasi yang memiliki reputasi yang baik dan ternama. Reputasi yang baik menandakan keandalan dan kredibilitas dalam mengelola dana investasi, sehingga kamu dapat mempercayakan dana yang dimiliki pada mereka dengan lebih yakin.

3. Tingkat Return

Perhatikan tingkat return yang telah dihasilkan oleh reksa dana tersebut. “Sarannya, pilih reksa dana yang konsisten memberikan return yang mengalahkan benchmark yang sesuai dengan tujuan investasi kamu.”

4. Dana Kelolaan (AUM)

Total dana kelolaan juga menjadi faktor penting dalam memilih reksa dana. Semakin besar total dana kelolaan, semakin tinggi tingkat kepercayaan investor terhadap Manajer Investasi tersebut. Hal ini juga dapat menjadi indikator keberhasilan dan kepercayaan investor terhadap produk tersebut.

Baca Juga :  Cara Praktis Buat Kartu Debit Blu by BCA

“Dengan mempertimbangkan tip di atas, investor dapat memilih reksa dana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasi. Tip ini akan membantu investor memaksimalkan potensi keuntungan sambil mengelola risiko dengan lebih efektif,” tutup Arie.

Baca juga: 3 Langkah Menghindari Penipuan QRIS