Macam Macam Kerajinan Tangan yang Menghasilkan Uang

Tahukah sobat bahwa ternyata ada macam-macam kerajinan tangan yang bisa dijadikan sebagai bisnis yang menguntungkan. Dengan demikian, kerajinan tangan pun tak hanya sekedar seni belaka yang hanya bisa dinikmati diri sendiri melainkan merupakan sebuah hasil kreasi yang bisa menghasilkan uang. Bahkan, bahan-bahan untuk membuat kerajinan tangan yang bernilai ekonomis ini pun juga terbilang tak terlalu rumit, tinggal bagaimana kawan-kawan mengembangkan ide kreatif untuk menghasilkan suatu karya seni kerajinan yang memiliki nilai jual. Maka dari itu, tak heran jika saat ini banyak para pebisnis yang menjual hasil kreasi kerajinan tangan dengan keuntungan yang tak sedikit. Cukup menarik bukan? Pastinya, kawan-kawan sudah pada penasaran kan, kira-kira apa saja ya macam-macam kerajinan tangan yang memiliki nilai jual dan bisa menghasilkan uang? Semakin penasaran kan?
kerajinan tangan yang menghasilkan uang
Kerajinan Tangan yang Menguntungkan
Nah, buat kawan-kawan yang ingin tahu tentang macam-macam kerajinan tangan yang cocok untuk dijadikan bisnis yang menguntungkan, jangan khawatir. Sebab, pada pokok pembahasan kali ini Cara Craft akan berbagi informasi terkait beberapa jenis kreasi kerajinan yang cukup menguntungkan. Uniknya, beberapa macam hasil kreasi kerajinan tangan yang akan kita bahas pada topik ini umumnya, menggunakan bahan-bahan sederhana maupun barang bekas yang tak terpakai namun masih bisa dimaksimalkan untuk membuat sebuah hasil seni kreativitas yang memiliki nilai jual. Baik dari kardus, botol, kain, maupun beberapa bahan bekas lain untuk didaur ulang agar lebih bernilai dan bermanfaat. Tak hanya itu saja, dengan kita menjual atau menjadikan sektor kerajinan tangan ini sebagai sebuah bisnis maka secara tak langsung akan memicu beberapa pengrajin lainnya untuk lebih mengembangkan ide kreatifnya agar mampu menghasilkan kerajinan tangan yang bernilai jual. Nah, tak perlu berlama-lama, berikut Cara Craft akan jelaskan beberapa macam-macam kerajinan tangan yang menguntungkan dan bisa menghasilkan uang. Yuk, kita simak bersama-sama ulasannya!

Ide Kerajinan Tangan yang Menguntungkan

Terkait dengan macam-macam kerajinan tangan yang menghasilkan uang pada topik kali ini, Cara Craft hanya akan membagikan beberapa ide kreatif kerajinan tangan yang mudah untuk sobat terapkan sendiri di rumah namun juga cukup menguntungkan untuk usaha bisnis. Beberapa di antaranya yaitu :

1. Kerajinan Tangan dari Kain Flanel

Salah satu dari macam-macam kerajinan tangan yang menghasilkan uang yaitu ide kreatif dari kain flanel. Bukan tanpa alasan mengingat bahan material yang bertekstur lembut dengan pola warna yang menarik menjadikannya sebagai salah satu bahan untuk membuat kerajinan tangan yang bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Nah, beberapa kreasi yang bisa sobat lakukan dengan kain flanel antara lain sebagai berikut :

• Tas Unik

Siapa sangka, ternyata kerajinan tangan berupa tas berbahan kain flanel ini cukup menjanjikan dan menguntungkan. Tampaknya hal itu wajar saja mengingat kain flanel memang dikenal memiliki tekstur lembut dengan ragam pilihan warna yang menarik. Bahkan, untuk mendapatkan kain flanel pun juga mudah mengingat tersedia di berbagai toko-toko terdekat.

tas unik dari kain flanel
Tas Unik dari Kain Flanel

Selain itu, caranya juga cukup mudah mengingat konsep dasarnya, kawan-kawan hanya tinggal membuat polanya kemudian jahit untuk menggabungkan kain menjadi sebuah tas yang layak jual. Mudah kan?

• Tempat Pensil dari Kain Flanel

Kain flanel juga bisa dibuat untuk tempat pensil. Dengan membuatnya sebagai tempat menaruh pensil atau alat-alat sekolah maka bisa memiliki nilai jual yang lumayan menjanjikan. Menariknya, kerajinan tangan tempat pensil dari kain flanel ini masih jarang yang membuat dan terlihat unik dan lucu. Bahkan, jika kreasi tempat pensil dari kain flanel ini dipasarkan, khususnya kepada para pelajar atau teman sekampus dengan harga yang relatif terjangkau maka kemungkinan besar mereka akan tertarik untuk membelinya. Tentu saja, uang pun akan mengalir ke pundi-pundi kantong. Menguntungkan bukan?

tempat pensil dari kain flanel
Tempat Pensil dari Kain Flanel

Tak hanya itu, cara membuatnya pun juga terbilang mudah. Tak berbeda jauh dengan tas yang terbuat dari kain flanel, sobat hanya tinggal membuat sebuah sketsa polanya terlebih dahulu. Llau, menjahitnya sesuai dengan bentuk pola yang dirancang sebelumnya. Untuk memberikan kesan yang lebih atraktif, teman-teman juga bisa menambah beberapa aksesoris, misalnya seperti hiasan karakter hewan yang ada di bagian bawahnya.

Baca Juga :  Kreasi Tempat Pensil Buatan Sendiri dari Barang Bekas yang Unik

• Sepatu Anak dari Kain Flanel

Selain itu, kain flanel pun juga bisa dijadikan sebagai bahan dasar dalam membuat sepatu anak. Pasalnya, dengan karakteristik kain flanel yang lembut dan halus, tampaknya sangat cocok untuk dijadikan sepatu bagi anak-anak. Bahkan, cara membuatnya pun tidak terlalu rumit. Tentu saja, kerajinan tangan sepatu dari kain flanel ini bisa menjadi salah satu kreasi yang dikembangkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Menarik bukan?

sepatu anak lucu dari kain flanel
Sepatu Anak Lucu dari Kain Flanel

Di sisi lain, pembuatannya pun juga terbilang tak terlalu sulit. Kawan-kawan hanya perlu mempersiapkan kain flanel, gunting, benang dan jarum saja. Jika sudah, maka bentuk pola desain sepatu yang ingin dibentuk lalu potong pola tersebut sesuai dengan ukuran kaki anak. Selanjutnya, teman-teman hanya tinggal menjahitnya dengan menggunakan jarum dan benang. Jangan lupa, untuk memberikan kesan yang lebih menarik dan lucu, kawan-kawan bisa menambahkan beberapa hiasan untuk mempercantik sepatu. Menginjak tahapan berikutnya, periksa kembali apakah ada jahitan yang tertinggal dan kurang rapi.

• Bros dari Kain Flanel

Bros pun juga bisa dijadikan sebagai salah satu bentuk kerajinan tangan berbahan kain flanel yang cukup menguntungkan. Pola warna dari kain flanel yang beraneka macam, tentu sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan dasar membuat bros. Apalagi, bros memang salah satu aksesoris yang banyak digunakan oleh para kaum hawa untuk mempercantik tampilan. Biasanya bros ditempelkan pada jilbab atau baju pada bagian dada sebelah kanan atau kiri atas. Selain itu, dengan menambahkan aksesoris berupa bros pada pakaian yang dikenakan, maka dipastikan kesan cantik dan feminim pun otomatis kian terlihat. Tentu saja, hal tersebut merupakan peluang yang baik untuk membuat bros dari kain flanel sebagai kerajinan tangan yang bisa menghasilkan uang.

bross cantik dari kain flanel
Bross Cantik dari Kain Flanel
Kemudian, untuk langkah-langkah membuatnya juga tak rumit. Sobat hanya cukup membuat polanya terlebih dahulu kemudian pola tersebut dipotong sesuai dengan ukuran maupun jumlah rangkap dari pola yang dibuat. Selanjutnya, membuat gulungan kain flanel dengan menggabungkan antara sisi atas hingga pada sisi bawah. Tempelkan setiap gulungan tersebut dengan lem agar gulungan tak lepas. Kemudian, sobat hanya perlu merapikannya. Cukup mudah dan simple bukan?

Baca juga : 6 Ide Kerajinan Tangan dari Kain Flanel

2. Kerajinan Tangan dari Botol Kaca

Sebagaimana dengan kain flanel, salah satu dari berbagai macam kerajinan tangan yang menghasilkan uang yaitu kreasi dari botol kaca. Bagaimana tidak? Pasalnya, salah satu ide kreatif dari botol kaca ini pun terbukti banyak diusahakan oleh para pebisnis dengan keuntungan yang cukup menjanjikan. Beberapa di antaranya yaitu :

• Lampu Hias Gantung Romantic

Lampu hias dari botol kaca pun bisa menjadi salah satu ide kreatif yang mampu menghasilkan uang. Bahkan, dengan mendaur ulang beberapa botol kaca bekas maka secara tak langsung sobat akan mengurangi sampah mengingat bahan kaca merupakan sampah yang tak bisa terurai oleh tanah. Selain itu, dengan menggunakan botol kaca ini pun sobat bisa mengambil keuntungan dengan membuatnya menjadi lampu hias romantis. Lantas, bagaimana caranya?

lampu hias gantung dari botol kaca
Lampu Hias Gantung dari Botol Kaca

Jangan khawatir, caranya mudah kok. Sobat bisa membuatnya menjadi lampu hias gantung yang digantung dengan gantungan kawat serta fitting lampu. Caranya, bagilah botol bekas menjadi dua bagian sama panjang. Sobat bisa membaginya dengan meminta tolong pada tukang kaca. Jika sudah, berikan pewarnaan dengan menggunakan cat tipis pada sisi bagian luar. Atau, sobat bisa menggunakan botol kaca yang berwarna cerah dan transparan. Kemudian, masukan fitting dan pasang lampunya dari bagian bawah dan sambungkan fitting dengan kabel. Tak terlalu sulit kan kawan?

• Meja Hias Kecil

Dengan memanfaatkan botol kaca bekas pun sobat bisa menjadikannya sebagai meja hias. Kerajinan tangan dengan botol kaca ini tentu sangat menguntungkan untuk dijadikan bisnis mengingat hasilnya sangat menarik dan cukup unik. Selain itu, meja hias kecil yang terbuat dari botol kaca bekas ini pun akan tampak semakin menawan dengan susunan pola botol yang teratur.

meja hias kecil dari botol kaca
Meja Hias Kecil dari Botol Kaca

Nah, untuk cara membuatnya memang sedikit rumit. Pasalnya, sobat perlu menyiapkan papan kayu yang sudah dihaluskan atau dicat dengan pernis atau cat kayu. Kemudian, lubangi beberapa bagian pada papan kayu tersebut dengan menggunakan bor. Yang perlu diingat, ukuran lubang tersebut harus sama dengan mulut botol kaca. Sementara itu, untuk jumlah lubang bisa disesuaikan dengan jumlah botol yang nantinya akan digunakan. Jika sudah, kawan-kawan hanya tinggal memasukkan mulut botol kaca ke setia lubang pada papan kayu tadi sebagai kaki penyangga meja.

Baca Juga :  4 Peluang Usaha Maіnan Anak Edukatif yang Menguntungkan

3. Kerajinan Tangan dari Kaleng Bekas

Nah, kaleng bekas pun juga bisa sobat jadikan sebagai bahan membuat kerajinan tangan yang menghasilkan uang dan cukup menguntungkan. Bahkan, kerajinan tangan berbahan kaleng bekas ini pun juga mudah didapat sehingga akan memberikan hasil yang menguntungkan untuk dijadikan peluang usaha. Beberapa kreasi kerajinan tangan yang bisa sobat coba antara lain :

• Miniatur Otomotif dari Kaleng Bekas

Jika kawan-kawan penggemar otomotif maka sobat bisa membuat sebuah miniatur motor atau mobil unik berbahan kaleng bekas. Kreasi yang satu ini terbilang sangat menjanjikan sebagai peluang bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan. Terutama, jika sobat memasarkannya kepada para pecinta otomotif.

miniatur motor dari kaleng bekas
Miniatur Motor dari Kaleng Bekas

Namun, cara membuatnya memang bisa dibilang sedikit rumit namun tetap bisa sobat coba. Caranya, kawan-kawan hanya perlu mempersiapkan kaleng bekas, seperti kaleng Coca Cola atau kaleng susu bekas. Kemudian, untuk langkah pembuatan dasarnya, teman-teman harus menggunting bagian atas dan bawah kaleng sehingga membentuk persegi panjang. Setelah itu, pada bagian potongan atas dan bawah kaleng dirapikan sampai membentuk sebuah lingkaran. Sampai di sini, buatlah sebuah pola pada kaleng dan rangkai sehingga membentuk miniatur motor atau mobil yang sobat inginkan.

• Tempat Alat Makan

Selain sebagai miniatur, kaleng bekas pun juga bisa dijadikan sebagai tempat alat makan yang efektif dan efisien. Dalam hal ini, kaleng bekas nantinya disusun menjadi tempat untuk mengatur peralatan makan sesuai pola yang sobat inginkan. Bahkan, caranya pun sangat mudah. Namun, sebelumnya sobat harus membersihkan kaleng tersebut sampai benar-benar bersih ya.

tempat alat makan dari kaleng bekas
Tempat Alat Makan dari Kaleng Bekas

Terkait dengan cara pembuatannya, sobat perlu mempersiapkan setidaknya 6 kaleng bekas atau sesuai ketersediaan kaleng. Siapkan juga paan kayu yang seukuran dengan 3 kaleng bekas. Cat kayu dan kaleng dengan warna yang seimbang. Jika sudah maka langkah selanjutnya yaitu melubangi bagian atas kaleng dengan jarak kurang lebih sekitar 5 cm dari bibir atas kaleng. Lakukan hal yang sama terhadap 5 kaleng lainnya. Satukan kaleng dengan papan kayu menggunakan mur dan obeng. Cukup mudah bukan?

• Tempat Alat Tulis

Tentu, sobat juga bisa mencoba membuat tempat alat tulis dari kaleng bekas. Ide kreatif yang satu ini cukup menjanjikan untuk dijadikan sebagai usaha yang menguntungkan. Tak hanya itu saja, tempat alat tulis berbahan kaleng bekas yang satu ini kemungkinan besar juga akan lebih mudah dipasarkan dan laku dijual. Nah, untuk cara membuatnya pun juga tak terlalu susah kok. Sangat mudah sekali.

tempat alat tulis dari kaleng bekas
Tempat Alat Tulis dari Kaleng Bekas

Pertama, siapkan setidaknya ada 5 kaleng bekas yang berukuran berbeda lalu cat dengan pola warna menarik atau sesuai selera. Setelah itu, siapkan sebuah papan kayu dengan ukuran yang sesuai pada lebar diameter dari kaleng tersebut kemudian cat juga dengan warna yang bersesuaian dengan kaleng bekas. Jika sudah, sejajarkan kelima kaleng tersebut di atas kayu atau papan yang dipersiapkan tadi, lalu sambung bagian bawahnya dengan menggunakan lem atau pun baut.

Sampai di sini, tentunya informasi tentang macam-macam kerajinan tangan yang menghasilkan uang yang Cara Craft sajikan di atas bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi kawan-kawan. Tak perlu terpaku dengan kelima ide di atas, kawan-kawan bisa mengembangkan lagi beberapa kerajinan tangan yang bisa dijadikan usaha bisnis. Hanya saja, kelima jenis kreasi kerajinan tangan yang telah disebutkan di atas sudah sering dipraktekkan oleh beberapa orang untuk dijadikan peluang bisnis. Tentunya, sobat pun bisa meniru cara-cara di atas untuk membuat sebuah kerajinan tangan yang menguntungkan. Demikian ulasan mengenai macam-macam kerajinan tangan yang menghasilkan uang. Semoga, ulasan di atas bisa memberikan inspirasi bagi kawan-kawan semua. Sekian dan selamat mencoba.